Vegetarian dan Kehamilan

Saat sedang hamil, ada banyak sekali aturan dan anjuran yang harus dilakukan oleh seorang wanita. Aturan dan anjuran ini termasuk juga jenis olahraga yang bisa dilakukan hingga pola makan. Semua aturan yang ada bagi ibu hamil sangatlah penting. Salah satu yang seringkali menjadi perbincangan adalah tentang pola makan dan asupan nutrisi untuk ibu dan janinnya.



Ada banyak sekali jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan, dan ada juga makanan yang harus dimakan atau malah harus dikurangi porsinya. Ketentuan ini mungkin terlihat mudah diterapkan, namun berbeda masalahnya jika ketentuan ini diberlakukan untuk ibu hamil yang vegetarian.

Vegetarian dan non-vegetarian adalah pilihan hidup setiap orang. Karena itulah terkadang muncul di benak orang awam tentang kondisi wanita vegetarian yang hamil. Bagaimana dengan asupan makanannya? Tentu tidak sama dengan wanita yang memiliki pola makan normal bukan? Lalu untuk jenis makanan, bukankah ikan, telur dan daging merupakan salah satu sumber protein dan nutrisi peniting lain bagi ibu hamil? Dari luar tentu terlihat dilema diantara vegetarian dan kehamilan bukan?

Makanan Vegetarian Untuk Ibu Hamil


Tapi jangan khawatir, karena di dunia ini ada banyak sekali jenis makanan maka pastinya ada beberapa makanan dengan jenis berbeda namun memiliki kandungan nutrisi yang sama. Hal ini juga berlaku untuk makanan vegetarian. Meskipun Anda vegetarian, bukan berarti Anda tidak mengkonsumsi protein kan? Nah untuk itulah kali ini kita akan mengulas tentang nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil yang vegetarian.

Sebelumnya, Anda harus tahu bahwa ibu hamil membutuhkan tiga nutrisi penting untuk menjaga kehamilannya yaitu sam folat, zat besi dan kalsium. Nah mengingat nutrisi ini juga terkandung dalam makanan-makanan non-vegetarian, maka berikut ini akan disajikan beberapa jenis makanan vegetarian dengan kandungan nutrisi sejenis.

Zat Besi

Zat besi adalah salah satu nutrisi penting saat hamil karena berfungsi sebagai pembentuk sel darah merah pembawa oksigen ke seluruh tubuh. Bayi akan beresiko lahir premature, memiliki berat badan rendah dan menderita anemia jika kekurangan zat ini.

Wanita hamil yang vegetarian dapat mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam, kemudian buah-buahan kering, kacang-kacangan, roti gandum utuh, sereal yang telah difortifikasi zat besi juga bisa menjadi sumber zat besi yang tepat. Jika Anda bukan vegetarian sepenuhnya, atau Anda masih diperbolehkan mengkonsumsi telur maka telur bisa menjadi sumber zat besi.

Vitamin B12

Salah satu vitamin yang penting bagi wanita hamil adalah vitamin B12. Vitamin ini memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah dan memelihara sistem syaraf serta mengubah makanan menjadi energi. Pada umumnya vitamin B12 terdapat pada produk sampingan hewani seperti susu, keju dan telur. Namun untuk Anda yang vegetarian bisa memperoleh vitamin B12 dari sereal dan minuman kedelai yang difortifikasi vitamin B12. Mengkonsumsi suplemen vitamin B12 juga bisa menjadi pilihan yang baik.

Asam Folat

Asam folat berfungsi untuk mencegah bayi terlahir cacat, memproduksi sel darah merah dan bisa meminimalisir resiko bayi lahir prematur. Beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat adalah kacang tanah, bayam, asparagus, jeruk atau sereal yang telah difortifikasi asam folat.

Vitamin D dan Kalsium

Nutrisi ke empat berupa vitamin D dan kalsium ini penting untuk menunjang pertumbuhan tulang bayi. Pada dasarnya vitamin D dan kalsium bisa ditemukan pada keju, kuning telur, jus jeruk ataupun susu kedelai. Paparan sinar matahari juga mengandung vitamin D. Sedangkan kalsium bisa Anda dapatkan dari susu, keju, yoghurt, bayam, sawi, tahu, tempe dan kacang merah.

Nah ternyata vegetarian dan kehamilan bisa berjalan seiringan bukan?

tips sehat anak bayi dan balita