Sering Kram Perut Saat Haid? Atasi Dengan Cara Ini

Apakah Anda pernah merasakan kram perut saat haid? Jika iya maka Anda tidak boleh menyepelekannya. Kondisi yang dalam dunia medis disebut dysmenorrheal ini seringkali dialami oleh semua wanita yang sedang haid. Efek kram perut pada setiap wanita tidak sama. Ada beberapa wanita yang mengalami kram perut namun masih bisa beraktivitas. Namun ada juga beberapa wanita yang tidak bisa menjalani aktivitasnya saat mengalami kram perut. Bahkan ada yang sampai merasa kesakitan sekali.

Cara Mengatasi Kram Perut Saat Haid


Kram perut ini dapat terjadi karena selama periode ini kontraksi dinding rahim lebih kuat daripada biasanya. Sebenarnya kontraksi ini terjadi agar lapisan rahim dapat menumpahkan darah menstruasi. Dalam hal ini kontraksi juga akan menekan pembuluh darah yang melapisi rahim sehingga bisa memutus pasokan oksigen. Hal inilah yang membuat rahim memproduksi zat kimia yang bisa memicu rasa sakit seperti prostaglandin.
Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kram perut saat haid:

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih adalah salah satu yang terpenting bagi tubuh manusia. Memang minum air putih yang cukup tidak akan berdampak secara langsung pada kram perut. Namun setidaknya hal ini bisa mencegah terjadinya perut kembung. Anda harus tahu bahwa kombinasi antara kram perut dan perut kembung akan terasa sangat buruk.

Konsumsi Makanan Sehat

Saat sedang haid khususnya ketika mengalami kram perut, Anda harus benar-benar memperhatikan asupan makanan. Konsumsi makanan yang rendah lemak dan kaya serat agar membuat tubuh lebih bugar. Selain itu tambahan suplemen atau makanan yang mengandung vitamin B6, B1 dan E juga penting untuk dikonsumsi. Jangan lupakan juga nutrisi lain seperti zinc, magnesium dan asam lemak omega-3. Nutrisi-nutrisi yang disebutkan di atas bisa mengurangi hormon yang memicu kram perut dan juga mengurangi ketegangan pada otot.

Kompres Hangat Akan Sangat Membantu

Sensasi hangat dari kompres ini akan mampu meredakan rasa sakit dan juga membuat area kram terasa lebih rileks. Untuk melakukan kompres hangat ini, hindari menggunakan air mendidih.

Usahakan Untuk Berolahraga

Saat haid saja kita sering merasa malas untuk bergerak, apalagi ketika ditambah dengan kram perut. Meski begitu, Anda harus melawan perasaan malas gerak ini karena bisa menambah rasa sakit. Akan lebih baik jika Anda berolahraga ringan seperti aerobic, jalan santai, lari, bersepeda, yoga, pilates, atau berenang untuk memicu tubuh memproduksi hormon endorphin. Hormon ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit.

Pijatan atau Spa Bisa Membantu

Jika memang spa bukanlah rutinitas yang Anda lakukan maka setidaknya lakukanlah pemijatan. Tidak perlu pijatan yang rumit. Cukup pijat secara lembut area perut bagian bawah dengan gerakan memutar. Pijatan ini bisa kamu lakukan  juga beberapa hari sebelum haid tiba.
Nah bagaimana menurut Anda? Cara alami dan mudah bukan..


tips sehat anak bayi dan balita

tips cepat hamil
infoTipshamil.com
cara cepat hamil