Keguguran, Penyebab dan Dampaknya. Kapan Bisa Hamil Lagi Setelah Keguguran?

Masa kehamilan adalah moment tak terlupakan bagi setiap wanita. Hidup seorang wanita akan semakin lengkap saat dia telah memiliki buah hati. Namun sayangnya moment bahagia ini juga tidak terlepas dari bahaya yang mengintai. Beberapa bahaya yang mengintai mulai dari kondisi kesehatan sang ibu, kondisi kesehatan janin hingga adanya kemungkinan untuk mengalami keguguran.

Penyebab Keguguran


Keguguran adalah kehilangan janin secara spontan sebelum janin dapat bertahan hidup. Dan kondisi ini adalah salah satu momok utama bagi wanita hamil. Biasanya keguguran pada wanita hamil dapat terjadi di usia kehamilan 20 minggu. Meskipun usia kehamilan ini tidak akan sama untuk setiap wanita namun mayoritas keguguran akan terjadi di usia tersebut.

Keguguran sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya, kondisi kesehatan si ibu yang lemah, sang ibu mengalami komplikasi atau kelainan, benturan atau jatuh dan juga kelainan kromosom pada trimester pertama. Untuk mengindari terjadinya keguguran maka Anda harus menghindari faktor-faktor penyebab keguguran itu sendiri.

Dampak Keguguran dan Cara Mengatasi


Keguguran yang terjadi pada wanita hamil seringkali memberikan dampak secara mental dan fisik. Karena itulah terkadang wanita yang sudah pernah hamil akan memiliki perbedaan cukup signifikan dengan wanita yang belum pernah mengalami keguguran. Berikut ini adalah beberapa contoh dampak keguguran pada wanita hamil

- Secara Mental

Wanita yang keguguran akan mengalami kondisi stress, terpukul hingga tertekan. Semua ini muncul karena ketidaksiapan mental akan kejadian seperti ini. Harapan seorang wanita hamil tentu saja ingin melahirkan anak yang sehat dan dapat merawatnya hingga dewasa. Keguguran bukan hanya menghancurkan impian dan harapan mereka tapi juga membuat mereka trauma untuk kembali mengalami kehamilan.

Untuk mengatasi masalah yang muncul secara mental ini, tentu dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekat sangat dibutuhkan. Jangan biarkan mereka sendirian dan terus-menerus bersedih.

- Secara Fisik

Wanita yang keguguran khususnya pada bagian rahim harus dibersihkan terlebih dahulu agar tidak menimbulkan masalah ke depannya. Untuk masalah ini sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter agar tahu kondisi yang sebenarnya.

Ingin Hamil Lagi Setelah Keguguran?


Tentunya setiap wanita di dunia ingin merasakan kebahagiaan untuk memiliki buah hati, termasuk juga para wanita yang pernah mengalami keguguran. Lalu apakah tidak masalah untuk hamil lagi setelah mengalami keguguran? Jawabannya tentu tidak masalah asal semuanya mengikuti prosedur dan anjuran yang ada.

Menurut dokter, seorang wanita yang pernah mengalami keguguran dapat hamil kembali namun harus menunggu setidaknya 3 bulan setelah keguguran terjadi. Hal ini karena pada dasarnya proses persiapan kehamilan setelah keguguran dan juga proses persiapan kehamilan yang tidak mengalami keguguran adalah sama.

Jadi proses persiapan ini tidak ada hubungannya dengan rahim yang dikuret. Sebelumnya Anda harus tahu bahwa kehamilan selanjutnya harus didasari dengan sel yang sehat dan rahim yang siap untuk digunakan sebagai tempat pembuahan. Persiapan ini juga penting untuk dilakukan agar resiko keguguran pada kehamilan selanjutnya dapat diminimalisir.

tips sehat anak bayi dan balita