Apa Bahaya Keputihan Terhadap Wanita, Ibu Hamil dan Janin?

Salah satu keluhan yang sering dirasakan oleh para wanita yang masih single ataupun sudah menikah adalah keputihan. Bayangkan saja saat Anda beraktivitas dan timbul rasa tidak nyaman serta gatal. Tentunya hal ini akan membuat aktivitas Anda terganggu. Untuk semakin membuka wawasan Anda tentang bahaya keputihan yang mungkin belum Anda ketahui maka uraian ini akan membantu Anda.

Bahaya Keputihan Bagi Wanita

Konteks wanita dalam ulasan ini terbagi menjadi dua yaitu wanita hamil dan wanita pada umumnya. Mengingat keputihan bisa menyerang wanita di segala usia maka Anda dan keluarga Anda harus tetap mewaspadainya.  Berikut ini adalah sedikit uraian tentang bahaya keputihan bagi wanita:

Keputihan dan Wanita


Faktanya tidak banyak wanita yang peduli dengan masalah ini. Miris memang karena mereka menganggap masalah keputihan adalah sepele dan tidak membahayakan. Padahal jika ditelusuri lebih jauh, keputihan dapat memberikan  dampak negatif bagi wanita. Jika memang kondisi keputihan yang Anda alami terasa abnormal maka lebih baik jika Anda segera berkonsultasi dengan dokter. Untuk lebih jelasnya berikut ini ada beberapa bahaya keputihan bagi wanita yang harus Anda ketahui:

1. Sakit saat buang air kecil
Area kewanitaan yang mengalami keputihan akut tentunya mengandung bakteri dan kuman yang melebihi jumlah normal. Hal ini akan menyebabkan munculnya rasa sakit saat Anda akan buang air kecil. Jangan sepelekan hal ini ya.

2. Gangguan aktivitas seksual
Keputihan yang berlebih akan memicu munculnya cairan lubrikasi yang berlebih pula saat berhubungan seks. Memang hal ini tidak berdampak dengan kesehatan Anda secara keseluruhan, namun rasa tidak nyaman akan muncul saat Anda mengalami penetrasi.

3. Perkembangan infeksi
Keputihan yang diakibatkan oleh infeksi akan memperburuk keadaan Anda, khususnya jika Anda tidak memiliki sistem imun yang baik.

Keputihan dan Wanita Hamil


Keputihan dan wanita hamil memang tidak dapat dipisahkan. Wanita hamil akan mengalami keputihan hingga proses persalinan. Jika wanita hamil mengalami keputihan normal maka tidak akan ada masalah yang muncul, namun berbeda jika kondisinya abnormal. Umumnya keputihan pada wanita hamil disebabkan oleh bakteri candida sp., dan berikut ini adalah beberapa bahaya keputihan pada wanita hamil:

1. Kelahiran premature
Keputihan yang parah dengan karakteristik bau amis, rasa gatal dan cairan kental dapat memicu iritasi pada vulva. Jika dibiarkan tanpa pengobatan maka bisa menyebabkan kelahiran premature.

2. Ketuban pecah sebelum waktunya
Keputihan yang memiliki ciri berwarna kekuningan, bau amis dan memicu rasa gatal bisa menyebabkan ketuban pecah sebelum waktunya. Jadi Anda harus waspada.

3. Berat badan bayi rendah
Iritasi pada area genital yang disebabkan oleh keputihan biasanya diawali dengan rasa panas dan gatal pada area tersebut.
Kondisi yang parah bisa menyebabkan nyeri pada bagian vulva dan paha. Penyebab keputihan ini adalah protozoa trichmonas vaginalis. Keputihan seperti ini bisa menyebabkan berat bayi yang lahir menjadi rendah.

tips sehat anak bayi dan balita

tips cepat hamil
infoTipshamil.com
cara cepat hamil