Kurang Tidur Saat Hamil Bisa Bermasalah

Setiap wanita pasti memiliki impian untuk hamil dan melahirkan anak. Namun saat mengandung, ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan oleh seorang calon ibu. Mulai dari makanan hingga waktu tidur. Untuk masalah waktu tidur, seringkali terganggu saat hamil. Banyak calon ibu yang kurang tidur hingga berdampak pada kondisi kesehatannya. Tahukah Anda bahwa waktu tidur ini berhubungan dengan kondisi kehamilan dan bahkan dengan proses persalinan kelak?
Kurang Tidur Saat Hamil, ini akibatnya!!

Sulit Tidur Saat Hamil Trimester Ketiga

Saat memasuki trimester pertama kondisi perut calon ibu akan semakin membuncit. Kondisi ini akan membuatnya tidak nyaman saat tidur. Bahkan calon ibu akan bingung menentukan posisi tidur agar merasa nyaman dan dapat tidur dengan nyenyak. Beberapa gejala yang mungkin mempengaruhi waktu tidur Anda adalah sindrom kaki gelisah, sakit punggung, kram pada kaki, gatal, heartburn dan lain sebagainya.

Kurangnya waktu tidur bisa membuat proses kelahiran menjadi lebih lama dan bisa mengakibatkan resiko bayi lahir dengan tidak normal. Bahkan dalam penelitian yang telah dilakukan seorang ibu yang tidur kurang dari 6 jam semalam bisa mengalami proses kehamilan hingga 29 jam.

Efek Samping Lain Akibat Kurang Tidur Saat Hamil

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa salah satu akibat dari kurang tidur saat hamil adalah kelahiran tidak normal atau operasi Caesar. Operasi ini bisa menimbulkan efek samping seperti infeksi, pembekuan pembuluh darah di kaki, kehilangan darah, sembelit dan lain sebagainya. Selain itu operasi Caesar juga bisa berdampak untuk bayi anda seperti mengalami cedera saat operasi dan juga permasalahan pernafasan.

Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Ibu Hamil

Saat seorang wanita hamil, dia tidak hanya diharuskan menjaga kondisi dirinya namun juga si jabang bayi. Tidak hanya masalah asupan makanan untuk dua orang, namun porsi tidur juga harus dikondisikan untuk dua orang.

Nah untuk Anda yang sedang hamil dan mengalami gangggua tidur, berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasinya:


  • Hindari konsumsi kopi karena mengandung kafein yang bisa membuat Anda sulit tidur. Selain itu kopi juga bisa menyerap zat besi yang seharusnya untuk bayi Anda.
  • Perbanyak konsumsi air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Ibu hamil akan sering buang air kecil karena itu sebagai gantinya asupan air harus tercukupi.
  • Olahraga minimal 30 menit prhari dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas tidur setiap orang.
  • Mengambil posisi tidur miring ke kiri baik untuk Anda karena  dapat mendukung kesehatan ginjal, uterus dan kandung kemih.


Nah jika Anda masih saja sulit tidur, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui jika ada sesuatu yang salah. Menjaga pola hidup sehat adalah salah satu cara terbaik untuk memperoleh waktu tidur berkualitas.

tips sehat anak bayi dan balita