Darah Haid Menggumpal, Normal atau Abnormal?

Haid merupakan hal alami yang dialami semua wanita setiap bulannya. Meski begitu, namun kondisi haid setiap wanita tidaklah sama. Jangka waktu haid hingga tekstur darah yang keluar juga terkadang berbeda satu sama lainnya. Banyak wanita yang kurang memperhatikan tentang bentuk atau tekstur darah yang keluar saat mereka haid. Mulai dari warna dan juga gumpalan-gumpalan darah yang biasanya muncul. Tahukah Anda tentang darah yang menggumpal saat haid ini? Normalkah?

Faktor Penyebab Darah Menggumpal Saat Haid

faktor yang menyebabkan Darah Haid Menggumpal

Anda harus tahu bahwa darah haid yang menggumpal biasanya muncul di awal siklus menstruasi di mana saat itu kondisi darah yang Anda keluarkan cukup deras. Penyebab utamanya adalah saat haid , tubuh Anda melepaskan zat antikoagulan atau zat anti pembekuan darah. Zat ini berfungsi untuk mencegah darah haid menggumpal saat keluar. Namun karena saat itu kondisi darah yang keluar sedang deras maka zat tersebut tidak sepenuhnya dapat mencairkan seluruh darah yang akan keluar. Hasilnya masih ada beberapa darah yang keluar dengan tekstur menggumpal.

Selain penyebab tersebut berikut ini ada beberapa faktor yang memang bisa mempengaruhi darah haid anda menggumpal:


Keguguran

Saat Anda sedang hamil lalu mengalami keguguran, maka janin yang tidak dapat bertahan tersebut akan keluar dari rahim melalui vagina dengan darah encer serta gumpalan-gumpalan.

Tanda Awal  Menopause

Saat memasuki usia 40 atau 50an tahun di mana wanita akan memasuki periode menopausenya maka darah haid akan keluar dengan isinya yang berwujud menggumpal. Hal ini karena Anda akan melepaskan sisa telur pembuahan yang akan habis.

Perubahan Hormon Pada Tubuh

Saat anda haid, dua hormon yang terdapat dalam tubuh seorang waniita yaitu hormon esterogen dan hormon prosterogen akan seimbang dan membuat haid anda lancar serta normal. Namun saat kedua hormon ini tidak seimbang maka bisa memicu penggumpalan darah saat haid.

Infeksi Dalam Rahim

Penyebab selanjutnya yang bisa berakibat menggumpalnya darah haid adalah infeksi dalam rahim. Karena infeksi ini, haid akan berlangsung lama dan gumpalan darah yang keluar adalah campuran dari darah dan lapisan dinding rahim. Hal ini bisa berujung pada anemia.

Miom

Miom adalah tumor jinak yang bisa memunculkan rasa nyeri atau sakit hebat semasa haid berlangsung.

Normalkan Darah Menggumpal Saat Haid?

normalkah Darah Menggumpal Saat Haid?

Jadi gumpalan darah yang keluar saat haid itu sebenarnya normal karena darah haid memang memiliki tekstur berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa poin penting yang bisa Anda ambil:

Jika tekstur darah tipis dan tidak menggumpal dalam bentuk besar maka itu normal.

Jika keluar darah yang menggumpal dan berwarna merah gelap maka hal ini menandakan bahwa darah tersebut sudah lama tersimpan dalam rahim dan memang menunggu untuk dikeluarkan.

Jika darah yang keluar menggumpal menyerupai butiran dan disertai beberapa gejala seperti pusing hebat, sakit di perut bagian bawah  dan Anda mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur maka sebaiknya berkonsultasilah pada dokter.
tips sehat anak bayi dan balita

tips cepat hamil
infoTipshamil.com
cara cepat hamil