Duh, susahnya banyak nyamuk di rumah.. Usir dengan cara ini

Memasuki musim hujan, nyamuk akan lebih sering muncul. Anda harus waspada dengan kesehatan keluarga dan juga buah hati Anda. Pastikan kebersihan rumah tetap terjaga untuk menghindari nyamuk bersarang di sudut-sudut rumah Anda. Selain itu Anda juga bisa meletakkan beberapa jenis tanaman yang dapat mengusir nyamuk di rumah Anda. Di samping dapat menjauhkan nyamuk, rumah Anda akan semakin indah dan asri.

agar bebas  nyamuk di rumah

Tanaman Untuk Mengusir Nyamuk

Nah berikut ini adalah beberapa jenis tanaman yang dapat mengusir nyamuk:

Lemon Balm

Tanaman yang satu ini memiliki aroma yang mirip dengan aroma serai namun lemon balm memiliki bau yang lebih segar. Bahkan bau lemon balm dapat meningkatkan nafsu makan Anda, karena itulah lemon balm cukup sering digunakan sebagai campuran makanan. Lemon balm mengandung citronellal yang cukup tinggi. Citronellal adalah suatu zat yang bisa membuat serangga menjauh.

Basil

Bagi orang yang hobi memasak atau sering berkutat dengan makanan pasti kenal dengan tanaman satu ini. Faktanya nyamuk sangat membenci basil. Anda bisa memanfaatkan kondisi ini dengan meletakkan basil dalam vas dan taruh vas tersebut di beberapa sudut rumah.

Lavender

Selain geranium, lavender termasuk salah satu jenis tanaman yang diambil ekstraknya untuk digunakan sebagai campuran dalam obat anti-nyamuk. Tanaman ini mengandung kamper dengan konsentrasi yang sangat tinggi dan ampuh untuk mengusir berbagai macam serangga.

Mint

Anda tahu jika daun mint biasa digunakan sebagai pelengkap hidangan dan campuran minuman. Namun faktanya tanaman ini jjuga bisa mengusir nyamuk. Bahkan minyak esensial dari daun mint bisa mengatasi bekas gigitan nyamuk di kulit.

Catnip

Tanaman Catnip sebenarnya termasuk dalam keluarga daun mint. Nyamuk sangat membenci tanaman ini dan sebaliknya tanaman Catnip sangat disukai oleh kucing. Jadi jika Anda memiliki kucing di rumah, maka ini adalah nilai plus bagi kucing Anda.

Geranium

Beberapa produk anti-nyamuk seringkali menggunakan ekstrak geranium, hal ini karena tanaman geranium mengandung zat geraniol dan sitronelol yang bisa mengusir nyamuk. Selain itu bunga geranium akan sangat indah saat mekar. Anda bisa meletakkan tanaman geranium di dalam atau luar rumah.

Rosemary

Tanaman yang satu ini memiliki aroma mirip dengan minyak telon dan minyak kayu putih. Meletakkan tanaman ini di taman atau sudut rumah dapat menjauhkan nyamuk dari Anda dan keluarga. Selain itu Anda juga dapat mengoleskan secara langsung tanaman ini ke kulit Anda untuk menghindari gigitan nyamuk.

Marigold

Bagi penyuka tanaman hias pasti kenal dengan tanaman yang satu ini. Tanaman yang memiliki bunga semarak berwarna kuning, merah dan jingga ini sangat indah. Meskipun indah, bunga marigold mengeluarkan aroma yang tidak enak dan tidak disukai oleh nyamuk.

tips sehat anak bayi dan balita