7 Trik Cerdas Supaya Kakimu Enggak Lecet Saat Gunain Sepatu Baru

Supaya kaki tidak Lecet Saat memakai Sepatu Baru
Menggunakan sepatu baru memang menyenangkan. Bisa lebih pede, dan rasanya kaki jadi nampak lebih kece. Makanya tak heran jika banyak cewek yang gemar mengoleksi sepatu, mulai dari model falt shoes, wedges, hingga high heels. Karena bagaimanapun, sepatu enggak hanya berfungsi sebagai alas kaki, tetapi juga penunjang penampilan.

Sayangnya, terkadang penampilan yang keren malah bisa menyakiti diri sendiri. Contohnya saat kita menggunakan sepatu baru. Di luar memang tampak bagus, tapi ujung-ujungnya kaki jadi lecet dan perih. Tentunya hal ini bikin gak nyaman dong? Mau copot sepatu ya malu, gak dicopot malah bikin kaki sakit.

Nah buat mengatasi hal tersebut, kamu bisa nih nyoba praktekin 7 trik di bawah ini. Dijamin kakimu gak bakalan lecet lagi ketika memakai sepatu baru. Check it out!

7 trik mengatasi kaki lecet akibat sepatu baru:

 

1.  Tempelkan plester di bagian tumit dan jempol kaki

Bagian kaki yang paling rentan mengalami lecet adalah daerah tumit dan jempol kaki. Kamu bisa menempelkan plaster pada bagian tersebut sebelum mengenakan sepatu baru, sehingga bahan sepatu tidak akan tertempel langsung pada kulit. Dan risiko terjadinya lecet pun juga berkurang.

2.  Kenakan kaos kaki

Kaos kaki menjadi salah satu alternatif untuk melindungi kulit kakimu dari sentuhan langsung sepatu. Terlebih lagi, jika sepatu berukuran kecil, ketat, dan terasa agak kencang, maka jangan ragu untuk menggunakan kaos kaki yang tebal.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba memanaskan kaos kaki dengan hairdryer sebelum digunakan. Lalu pakai kaos kaki itu dengan sepatu barumu, dan berjalan-jalanlah di dalam rumah beberapa menit. Metode ini bisa membuat sepatu jadi sedikit lebih rengggang.

3.  Oleskan lotion atau pelembab pada kaki

Buat para cewek pasti punyalah produk pelembab atau body lotion yang berguna buat menghaluskan kulit. Nah, ternyata lotion ini gak hanya berfungsi untuk melembabkan, tetapi juga bisa mencegah mengelupasnya kulit dan lecet-lecet akibat pemakaian sepatu baru. Jadi, kalo kamu mau keluar dengan koleksi sepatu barumu, jangan lupa oleskan sedikit vaseline untuk mengurangi gesekan antara kulit dengan sepatu.

4.  Gunakan sepatu untuk berjalan di sekitar rumah

Sebelum kamu menggunakan sepatu barumu untuk berjalan-jalan di luar rumah, sebaiknya cobalah terlebih dulu di dalam rumah. Gunakan untuk berjalan, duduk, berdiri, serta berlari.

Pertama, coba pakai sepatu dalam waktu 15 menit. Ulangi setiap harinya, dan terus bertahap hingga mencoba memakainya dalam waktu 1 jam. Lama-kelamaan, kamu pun akan terbiasa mengenakannya.

5.  Merenggangkan sepatu dengan shoe stretcher

Untuk sepatu jenis flat, kamu bisa merenggangkannya dengan menggunakan alat shoe stretcher. Alat ini berguna untuk membuat sepatu jadi lebih lentur, sehingga tidak menimbulkan lecet saat dikenakan.

Kamu bisa membeli alat ini dengan harga murah di toko-toko online. Yang perlu diingat, kamu harus segera menggunakan sepatu yang udah dilenturkan dengan shoe stretcher tersebut. Sebab jika kamu tidak memakainya, maka sepatu jadi semakin elastis dan kehilangan bentuknya.

6.  Semprotkan antiperspirant pada kaki

Menggunakan sepatu dengan kaki yang lembab atau basah bisa memicu terjadinya lecet. Nah, antiperpirant ini berguna untuk mengurangi keringat pada kaki, serta mencegah melepuhnya jari-jari kaki akibat gesekan sepatu.
 
Antiperspirant sendiri merupakan produk untuk mengurangi produksi keringat pada ketiak. Cara memakainya cukup mudah, cukup semprotkan antiperspirant ke seluruh kaki. Tunggu hingga kering, lalu gunakan sepatumu. Apabila kamu tidak mempunyai antiperspirant, kamu bisa menggantinya dengan deodorant.

7.  Pastikan memilih ukuran sepatu yang tepat

Memilih ukuran sepatu sangat penting, gaes! Kamu enggak boleh hanya memperhatikan modelnya saja, sebab apabila ukurannya kekecilan malah bikin kakimu jadi mengelupas dan lecet. Jadi jangan memaksa membeli sepatu yang ukurannya gak cocok dengan kakimu, ya?!


Demikianlah beberapa trik untuk mencegah kaki lecet akibat sepatu baru. Semoga bermanfaat.

tips sehat anak bayi dan balita