Gak Perlu Takut Menerawang, Dengan 5 Tips Ini Kamu Bisa Berhijab Syar’i Walau Busanamu Berbahan Tipis

Salah satu aturan dalam berhijab syar’i adalah busana yang dikenakan harus berbahan tebal dan tidak menerawang. Sayangnya, sekarang ini banyak sekali hijab berbahan tipis yang beredar di pasaran, seperti sifon dan ceruti. Memang, terkadang produsen cenderung hanya fokus pada model, sehingga bahan kurang diperhatikan. Selain itu, faktor iklim juga berpengaruh. Mengingat Indonesia beriklim tropis, jadi makin banyak konsumen yang memilih busana berbahan tipis, tujuannya supaya tidak kegerahan.

Maraknya tren busana berbahan tipis ini tentu membuat kaum wanita (khususnya yang berhijab) merasa tidak nyaman. Selain menerawang, busana tipis juga cukup ringan sehingga akan teribak jika terkena hembusan angin.

Nah, kali ini kami akan memberikan sedikit tips dan trik supaya kamu bisa berhijab syar’i walaupun dengan busana berbahan tipis. Kamu enggak perlu takut menerawang lagi, dan pastinya gayamu dijamin tetap fashionable.




Berikut tips berhijab syar'i walau busana tipis:

1. Agar kerudung tak menerawang, sebaiknya gunakan inner

Berbeda dengan jaman dulu, dimana kerudung cenderung berbahan tebal. Sekarang ini, ada beberapa kerudung yang kainnya tipis, seperti kerudung paris. Nah untuk menyiasatinya agar tidak menerawang, kamu bisa menggunakan inner.

Inner disini bukan sekedar berfungsi melapisi kerudung saja, tetapi juga menutupi rambut secara baik, sehingga rambutmu tidak mencuat keluar dari kerudung. Kamu juga tak perlu takut penampilanmu jadi jelek, soalnya ada banyak model dan warna inner yang bisa kamu pilih sesuai jenis kerudungmu.

2. Gunakan manset atau furing untuk melapisi baju hijab yang tipis, tapi jangan memilih dalaman berwarna kulit (coklat)

Untuk baju yang tanpa furing atau baju bewarna cerah (seperti putih dan kuning), biasanya kulit akan cenderung terlihat. Cara mengatasinya dengan menggunakan dalaman, seperti furing atau manset.

Kamu bisa memilih warnaya sesuai dengan warna bajumu agar terlihat lebih matching. Namun kami menyarankan, sebaiknya pilih dalaman bewarna gelap namun jangan gunakan warna-warna kulit (kayak coklat). Karena kesannya sama saja kamu tidak menggunakan dalaman.

3. Bisa juga kamu gunain rompi atau cardigan biar makin kece

Pengen tampil lebih ciamik, tapi tetep syar’i? Rompi dan cardigan adalah jawaban yang tepat buatmu. Kedua busana ini (rompi dan cardigan), saat ini sedang naik daun lho dan banyak dinimati. Kesannya pemapilanmu jadi terlihat anggun dan elegan.

Kamu bisa memilih berbagai macam model, warna, dan bahannya sesuai dengan seleramu. Namun alangkah baiknya, bila kamu memilih rompi atau cardigan yang ukurannya panjang, supaya pakaianmu tertutupi secara sempurna dan enggak terlihat menerawang.

4. Pengen simpel? Pilih busana yang bertumpuk atau berfuring

Seandainya kamu enggak punya dalaman buat melapisi pakaianmu, mending kamu pilih aja baju yang bertumpuk atau berfuring. Model baju bertumpuk akan membuat pakaianmu terlihat tebal dan tidak menerawang. Begitu juga dengan baju berfuring. Tapi seandainya furingnya pendek, kamu harus menambahkan dalaman untuk menutupi bagian yang tidak terlapisi furing. Atur saja sesuai kenyamananmu, namun usahakan tetap syar’i.

5. Bila menggunakan bawahan tipis atau gamis, maka pakai rok dalaman atau legging

Bukan cuma kerudung dan baju aja yang tipis. Bahkan rok bawahan pun juga banyak lho yang tipis, seperti rok berbahan sifon. Memang rok sifon terlihat cantik jika dipakai cewek, kesannya cewek itu tampak feminim. Tapi kalo kainnya menerawang ya percuma ajalah. Orang-orang di jalanan bakal bisa melihat paha dan kaki mulusmu. Bahkan bisa aja mereka tergoda lalu berpikiran negatif tentang dirimu.

Nah, buat mengatasinya, kamu bisa gunain rok dalaman atau celana legging. Dengan demikian, kamu bisa bebas bergerak dan enggak takut menerawang lagi deh.

Itulah beberapa tips buat berhijab syari meskipun busana berbahan tips. Agar sesuai agama, alangkah baiknya kamu mengenakan pakaian berbahan tebal dan bewarna gelap biar lebih aman. Selamat mencoba :))
tips sehat anak bayi dan balita