Coba Nih 6 Trik Menghilangkan Noda Kuning Bekas Keringat Pada Pakaian, Gampang Banget!

cara mengatasi noda di bagian ketiak baju
Pernah nggak, kamu menemukan noda kuning pada pakaianmu? Sepertinya hampir setiap orang pernah mendapati noda kuning di bajunya. Well, tentu hal ini sangat mengganggu, bukan? Terlebih lagi bila noda itu muncul di baju berwarna putih. Kamu enggak bakal bisa menyembunyikannya, karena noda kuning bakal terlihat jelas dan tampak seperti bercak yang mejijikkan.

Noda kuning umumnya disebabkan oleh keringat atau deodorant, bekas makanan, dan sebagainya. Paling sering muncul di bagian ketiak dan kerah baju. Keringat memang memiliki warna dasar bening, tapi kalau dibiarkan menempel pada pakaian terlalu lama, maka warnanya akan berubah jadi kuning. Betenya lagi, biasanya noda kuning juga sulit dihilangkan.

Namun kamu tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu coba untuk membersihkan noda kuning, tanpa merusak serat pakaian.

Berikut tips menghilangkan noda kuning pada pakaian:


1.    Gunakan produk pemutih pakaian (khusus untuk baju berwarna putih)

Apabila noda kuning mengenai bajumu yang berwarna putih, maka cara paling ampuh untuk menghilangkannya adalah menggunakan produk pemutih pakaian. Sekarang ini banyak sekali pemutih pakaian yang dijual di pasaran, salah satu contohnya sitrun.

Cara pemakaiannya, pertama cuci pakaian seperti biasa dengan detergen dan bilas hingga bersih. Setelah itu rendam pakaian dalam bak berisi air yang telah diberi pemutih. Diamkan selama 1 jam, kemudian bilas dengan dengan air dan keringkan. Dijamin noda kuning bakal luntur dan mudah dihilangkan. Ingat cara ini hanya untuk pakaian berwarna PUTIH.

2.    Disikat dengan sabun colek

Kalau kamu enggak punya pemutih pakaian atau males ke pasar buat membelinya, kamu bisa lho menggunakan sabun colek untuk menghilangkan noda kuning. Caranya gampang banget, kamu cukup nyediain sikat khusus pencuci baju. Kemudian basahi bajumu dengan air. Lalu, totolkan sabun colek secukupnya di noda kuning, kemudian sikat secara halus sampai nodanya memudar.
Setelah nodanya menghilang, bilas baju dengan air hingga bersih. Cara ini cukup umum digunakan. Namun prosesnya agak lama, jadi kamu juga harus bersabar saat menyikatnya.

3.    Gunakan air perasan jeruk lemon

Salah satu cara tradisonal yang terkenal mujarab untuk membersihkan noda kuning pada pakaian adalah menggunakan perasan jeruk lemon. Pertama, sediakan jeruk lemon, lalu peras hingga diperoleh sarinya. Selanjutnya oleskan air perasan jeruk lemon pada noda kuning di baju yang basah, lalu kucek-kucek perlahan dengan sikat. Setelah nodanya menghilang, bilas baju dengan air hingga bersih.

4.    Gunakan jeruk nipis

Jika mencari lemon terlalu sulit, kamu bisa menggantinya dengan jeruk nipis. Jeruk nipis juga dikenal efektif dalam menghilangkan noda kuning pakaian. Cara penggunaannya hampir sama dengan lemon, pertama kamu harus memeras jeruk nipis hingga diperoleh sarinya. Kemudian oleskan air perasan jeruk nipis pada noda kuning di baju yang basah. Kucek-kucek perlahan dengan sikat. Setelah nodanya menghilang, bilas baju dengan air hingga bersih.

5.    Garam

Bumbu dapur yang satu ini juga bisa banget lho digunain untuk menghilangkan noda kuning di pakaian. Caranya, pertama campurkan 4 sendok makan garam ke dalam segelas air panas. Lalu, dengan menggunakan spon, oleskan air garam pada noda kuning di pakaian. Diamkan selama 15 menit, selanjutnya kucek-kucek pakaian secara perlahan. Terakhir bilas pakaian dengan air , dan cuci dengan detergen seperti biasa.

6.    Baking soda

Baking soda yang umumnya digunakan sebagai pengembang kue, ternyata dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan noda kuning pada pakaian. Cara penggunaannya, pertama rendam pakaian dengan air. Setelah itu, taburi pakaian yang ada noda kuningnya dengan baking soda. Lalu kucek secara perlahan hingga noda memudar. Terakhir, bilas pakaian dengan air, dan cuci dengan detergen seperti biasa.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan noda kuning bekas keringat pada pakaian. Semoga bermanfaat.

Sumber: fitinline.com
tips sehat anak bayi dan balita