Tips Sehat dan Aman Hamil di atas usia 35 tahun

Usia yang terlalu tua untuk hamil memang beresiko. Idealnya tidak di atas umur 35 tahun. Namun bukan berarti tidak bisa hamil di usia tersebut asal dapat mengikuti tips-tips berikut:

Hamil di usia tua, beresiko

1. Jaga berat badan agar tetap ideal (terlalu kurus dan gemuk tidak baik)

Sebenarnya tidak ada batasan usia bagi wanita untuk hamil. Hal ini ditegaskan oleh salah seorang dokter kebidanan asal Atlanta Genevieve Fairbrother, ia mengatakan bahwa wanita diatas 35 tahun akan baik-baik saja apabila hamil, asalkan bisa menjaga berat badannya ideal.

Umumnya, wanita dengan berat badan normal disarankan menaikan berat hingga 11-15 kilogram saat hamil. Sedangkan si gemuk, cukup menaikan 6-11 kilogram. Berat badan yang terlalu kurus berisiko menyebabkan bayi lahir prematur. Sedangak terlalu gemuk (obesitas) malah berisiko lebih tinggi, seperti memicu diabetes gestasional dan tekanan darah tinggi.

2. Apabila mengidap penyakit, maka sembuhkanlah terlebih dahulu

Adanya penyakit tertentu yang diidap oleh seorang wanita hamil dapat berpengaruh terhadap janinnya. Oleh sebab itu, bila anda memiliki penyakit seperti diabetes atau penyakit tiroid, sebaiknya disembuhkan dulu dan terapkan pola hidup sehat.

3. Konsumsi vitamin asam folat (minta saran dokter)

Untuk menjaga agar kehamilan dan janin sehat, ada baiknya anda mengonsumsi vitamin yang terdiri dari paling tidak 1 miligram asam folat. Kandungan Asam folat dapat membantu mencegah cacat saraf tulang belakang dan otak pada janin.
Anda bisa mengonsumsinya setidaknya 400 mikrogram sehari, minimal 3 bulan sebelum hamil lalu meneruskannya selama 3 bulan pertama kehamilan.

Umumnya vitamin pra-kehamilan mengandung 800-1000 mikrogram asam folat. Namun sebaiknya hindari mengonsumsi lebih dari 1000 mikrogram.

4. Cek diabetes gestasional

Perlu anda ketahui, pemeriksaan kadar gula darah ini penting dilakukan pada masa menjelang kehamilan, serta saat kehamilan mencapai usia 24 dan 28 minggu. Fungsinya untuk mengetahui kadar gula dalam tubuh. Apabila kondisi kadar gula anda tinggi, maka bisa meningkatkan risiko diaetes yang berdampak buruk pada janin.

5. Periksakan tekanan darah

Selain memeriksakan kadar gula darah, jangan lupa juga untuk mengukur tekanan darah secara rutin. Pemeriksaan ini dlakukan untuk mengurangi risiko terjadinya praeklamsia.

6. Konsumsi makanan sehat 

Pada saat masa kehamilan, anda sangat dianjurkan untuk menjaga pola makan serta menambah berat badan. Anda bisa menambah porsi makan harian hingga 200 hingga 300 kalori, dengan bahan makanan sehat, seperti makanan yang kaya protein, buah, sayuran, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, karbohirat kompleks, serta susu rendah lemak.

7. Periksa gen

Bagi wanita yang hamil diatas usia 35 tahun, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan gen. Biasanya pemeriksaan ini dilakukan saat usia kehamilan mencapai 11 minggu. Tujuannya untuk mengetahui apabila ada kecacatan gen.

8. Rutin olahraga

Berolahraga teratur setiap hari dapat meredakan stres dan menguatkan tubuh ibu hamil. Tapi pilihlah jenis olahraga yang ringan, seperti jongging. Apabila anda mengidap kondisi tertentu (seperti diabetes), maka sebaiknya konsultasikan kepada dokter tentang jenis olahraga yang boleh anda lakukan selama kehamilan.

9. Menghentikan kebiasaan yang membahayakan janin

Pada umumnya wanita yang hamil di atas usia 35 tahun berisiko melahirkan bayi dengan berat badan yang rendah dan praeklamsia. Nah, untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, mengonsumsi minuman keras, serta terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein

10. Deteksi kelainan kromosom pada bayi

Tidak ada salahnya jika anda mengikuti beberapa tes untuk mendeteksi kemungkinan adanya kelainan kromosom pada bayi. Hal ini dilakukan hanya sebagai tindakan preventif , untuk meminimalisir risiko kecacatan janin.

Baca juga:
tips sehat anak bayi dan balita

Informasi tentang tips cepat hamil atau program kehamilan yang lengkap, tepat dan efektif. Buku panduan cara cepat hamil, silakan klik website ini: infotipshamil.com

buku tips hamil