Intip 5 kebiasaan saat Hamil Agar Anak Lahir Dengan Otak Cerdas

Agar Anak Lahir Dengan Otak Cerdas, bayi sehat dalam kandungan
Orang tua mana sih yang tidak ingin punya anak pintar dan cerdas? Tentunya setiap orang tua berharap anaknya tumbuh menjadi sosok yang tak hanya sehat, tapi juga cerdas. Sehingga bisa membanggakan serta mempunyai masa depan lebih terjamin.

Faktanya, untuk membentuk kecerdasan otak ini bisa dilakukan semenjak bayi di dalam kandungan. Selain mengonsumsi makanan bergizi, berikut beberapa kebiasaan ibu hamil yang bisa merangsang pembentukan otak janin supaya terlahir cerdas.

Kebiasaan saat hamil agar bayi terlahir cerdas:


1. Olahraga ringan

Pada masa kehamilan, bunda memang disarankan untuk tidak banyak melakukan aktivitas fisik. Tapi bukan berarti diam seharian. Karena seorang ibu yang aktif bergerak akan berpeluang melahirkan bayi yang sehat dan cerdas.

Sebuah studi yang baru-baru ini dilakukan menyatakan bahwa olahraga ringan pada saat hamil bisa meningkatkan 40 persen perkembangan otak bayi, khususnya bagian otak yang berperan dalam proses menghafal dan belajar.

2. Membaca buku

Cara lain yang bisa bunda lakukan untuk merangsang kecerdasan otak janin adalah dengan membaca buku. Menurut Pakar Pola Asuh Anak, Dr. Miriam Stoppard, janin di semester ketiga kandungan sudah bisa mendengarkan bunyi dari lingkungan sekitar, lalu disimpan dalam memorinya. Oleh sebab itu, sangat disarankan kepada bunda untuk mulai membacakan buku kepada janin. Tujuannya untuk melatih kemampuan mendengar dan berbicara si bayi.

Seorang peneliti di Amerika juga sudah membuktikannya. Dari hasil survey yang dilakukan terhadap beberapa ibu hamil, hasilnya mereka yang sering membacakan buku saat bayi dalam kandungan, maka saat lahir, bayi cenderung memiliki kemampuan berbicara lebih cepat.

Oiya, sebagai saran sebaiknya bunda membaca buku yang mudah dipahami, seperti bacaan dongeng. Dan waktu yang paling tepat adalah sebelum tidur.

3. Elus perut bunda, dan ajak bayi berbicara

Mengelus perut bunda sambil berbicara bisa merangsang bayi untuk berkomunikasi serta berpengaruh terhadap perkembangan otak. Anda dapat melakukan percakapan ringan di saat pagi atau sore hari. Umumnya bayi sudah bisa menerima sinyal pembicaraan sejak usia kandungan memasuki 4 bulan.

4. Gunakan musik klasik

Well, anda tentu sudah tidak asing dengan saran ini. Yap, mendengarkan musik memang merupakan salah satu cara yang paling banyak dilakukan oleh ibu hamil untuk merangsang otak sang janin.

Musik dapat memicu hormon serotonin yang menimbulkan rasa bahagia dan damai pada bayi dalam kandungan. Memori sang bayi akan menangkap nada tersebut dan membawanya hingga lahir ke dunia. Musik yang paling banyak disarankan adalah bergenre klasik, seperti musik jazz. Tapi anda juga bisa mendengarkan lantunan ayat-ayat al qur’an kepada sang janin. Hal ini dapat membuat bayi lebih tenang.

5. Konsumsi makanan bergizi

Selain kebiasan-kebiasaan diatas, mengonsumsi makanan sehat sangat berpengaruh terhadap kecerdasan sang bayi. Pesan dari dokter kehamilan, bunda dianjurkan untuk makan makanan yang bergizi seimbang dan beragam, sehingga semua kebutuhan nutrisi terpenuhi.

Beberapa makanan yang dipercaya dapat memicu kecerdasan janin, seperti makanan yang tinggi vitamin A, B, dan C (buah-buahan, sayuran hijau), makanan berprotein, makanan yang mengandung omega 3, asam folat, DHA, AA, Zat besi, B1 dan B6. Anda juga bisa menambahkan pengonsumsian vitamin khusus ibu hamil.

tips sehat anak bayi dan balita