Anak Susah Makan? Jangan Dipaksa, Terapin Aja 8 trik Ini Bunda!

jangan dipaksa anak yang susah makan, kenapa?
Salah satu masalah yang sering banget dikeluhkan orang tua adalah sulitnya mengatasi anak yang gak mau makan. Mungkin masalah ini terdengar sepele, tapi nyatanya dalam level yang sudah parah bisa saja menimbulkan dampak serius. Misalnya saja anak jadi kekurangan gizi, kurus, sakit, bahkan tak jarang orang tua pun ikut stres dan tertekan.

Pada umumnya, makanan padat pendamping ASI mulai diberikan pada anak ketika memasuki usia 6 bulan. Pada saat ini ibu mulai memberikan makanan paadt seperti sari buah, bubur susu, hingga bertahap pada nasi tim dan seterusnya. Terkadang proses pemberian asupan makanan ini tidak berjalan lancar. Ketika anak memasuki usia satu tahun, mereka mulai pilih-pilih makanan, tidak suka makan sayuran, malas mengunyah makanan dan hanya mengemutnya berlama-lama. Kondisi seperti ini tentu membuat para ibu jadi khawatir.

Nah, untuk mengatasi hal ini, anda tidak perlu memaksanya. Cukup praktekan aja  7 trik ini untuk membuat si kecil doyan makan.


1.        Variasikan makanan

Trik pertama yang bisa kamu coba buat nambah nafsu makan si kecil adalah dengan memvariasikan makanan. Misalnya saja, menambahkan mengolah sayuran menjadi lebih enak, lalu dicampurkan pada makanan kesukaan si kecil.

2.      Jangan dipaksakan makan banyak, berikan porsi kecil

Kalau anak tidak nafsu makan, jangan dipaksakan untuk mengonsumsi banyak makanan. Ingat, lambung anak kecil juga belum mampu menampung makanan terlalu banyak. Jadi, lebih baik berikan dalam porsi kecil tapi secara berulang.

3.      Waktu makan yang teratur

Sama halnya dengan waktu mandi dan waktu tidur, waktu makan pun juga harus diatur dengan baik. Buatlah jadwal waktu makan, minimal 3 kali sehari sehingga anak akan terbiasa.

4.      Buatlah sajian yang menarik

Tak hanya menyangkut rasa, terkadang bentuk sajian juga bisa menambah selera makan anak. Misalnya membuat nasi goreng dengan cetakan boneka teddy bear atau ngebikin es krim sayuran.

5.      Buatlah cemilan sehat untuk dimakan pada sela-sela waktu

Si kecil yang memasuki usia 2 tahun biasanya memiliki aktivitas semakin banyak. Jalan kesana-kemari tanpa henti dan gak bisa duduk tenang. Hal ini tentu membuat si kecil menjadi cepat lelah dan lapar. Nah, untuk mengatasinya bisa disiasati dengan membuat cemilan untuk si kecil. Misalnya saja ngebikin donat ditaburi keju, jus buah, atau bola-bola kentang isi wortel.

6.      Jangan berikan minuman di sela-sela jam makan

Pemberian air putih atau jus buah memang sangat berguna untuk kesehatan anak-anak. Tapi ingat, jangan berikan minuman di sela-sela jam makan. Apabila anak minum terlalu banyak, maka lambungnya akan terasa penuh sehingga tidak ada tempat yang cukup untuk makanan.

7.       Iming-iming hadiah

Kalau anak masih saja sulit makan, cobalah memberikannya iming-iming hadiah. Anak kecil sangat menyukai hadiah. Jadi kalau anda menjanjikannya, mereka pasti akan berusaha menghabiska makanan.
Hadiah yang akan anda berikan tidak harus barang mahal atau mewah. Anda bisa membuat hidangan penutup yang lezat, membelikan buku dongeng, mewarnai bersama, dan sebagainya.

8.      Jangan memaksa atau mengancam anak

Memaksa dan mengancam anak kecil untuk makan hanya akan membuat trauma bagi si kecil. Misalnya saja anda mengatakan kalau dia tidak makan nanti didatangi hantu, hal ini tentu tidak baik. Lebih baik anda meminimalkan gangguan yang ada di meja makan, seperti menyingkirkan mainan. Sehingga anak akan fokus makan.

Demikianlah beberapa trik agar si kecil menjadi doyan makan. Semoga bermanfaat.

tips sehat anak bayi dan balita