Penting!! Inilah 5 Cara yang Wajib Anda Lakukan Untuk Mengawasi Anak Bermain Pokemon Go

bahaya pokemon go yang wajib anda ketahui
Baru-baru ini sebuah aplikasi game bernama “Pokemon Go” mencuat ke publik dan menjadi perbincangan hangat para netizen. Game yang dirilis pada tanggal 6 Juli 2016 ini udah mendemam ke masyarakat Indonesia, bukan hanya orang dewasa saja yang memainkannya. Tetapi juga remaja dan anak-anak.

Pokemon Go ini merupakan game online yang mengharuskan para playernya menangkap berbagai karakter Pokemon yang muncul di layar smartphone. Permainan ini juga memanfaatkan layanan GPS di dunia nyata, dimana para pemainnya harus berjalan dan berlari mengikuti arah GPS- tempat dimana lokasi Pokemon berada-.

Semenjak kemunculannya, ada banyak peristiwa menghebohkan yang terjadi gara-gara game ini. Mulai dari orang yang berhenti dari pekerjaannya sampai insiden kecelakaan beruntun. Bisa dibayangkan bagaimana bila game ini dimainkan oleh anak-anak, tentu sangat menghawatirkan bukan? Berbagai risiko bisa saja terjadi, seperti anak menjadi maniak game, kecanduan dunia maya, hilang, diculik, bahkan kecelakaan. Oleh sebab itu, pengawasan dari orang tua sangatlah penting.

Nah, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk melindungi anak-anak dari dampak negatif karena bermain Pokemon Go, cekidot!


1.        Tetapkan batas lokasi untuk mencari pokemon

Karena permainan ini bisa mendorong anak pergi ke tempat-tempat asing, maka pengawasan dari orang dewasa sangat dibutuhkan. Sebaiknya tetapkan batas –batas lingkungan dimana anak dapat pergi mencari pokemon. Pastikan lingkungan tersebut adalah tempat yang biasa dikunjungi anak anda untuk bermain.

Apabila anak anda hendak mencari pokemon diluar batas tersebut, maka perintahkan mereka agar melapor ke anda terlebih dahulu. Anda harus tahu kemana dia pergi, dengan siapa, dan berapa lama. Bila perlu ikuti juga. Tapi kalau anda tidak bisa, mintalah bantuan ke orang yang anda percayai.

2.      Gunakan aplikasi pelacak lokasi

Untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya jika anda memanfaatkan aplikasi pelacak lokasi. Tujuannya untuk mengetahui lokasi tempat anak anda berburu pokemon. Ada banyak app yang bisa anda download, salah satunya Norton Family Parental Control yang bisa melacak lokasi dengan koordinat GPS secara real time.

3.      Mendownload dan mencobanya juga

Cara paling efektif untuk mengawasi anak bermain game ini adalah dengan ikut memainkannya. Download dan cobalah bermain sendiri. Dengan begitu, anda bisa memperoleh informasi dan mengetahui apa yang dilakukan anak anda. Selain itu, anda juga bisa berkomunasi dengan anak anda lewat game tersebut.

4.      Waspada, permainan ini bisa dimanfaatkan predator anak

Salah satu hal yang perlu anda ketahui, permainan ini memiliki item yang bernama “ Lures”. Item Lures ini bisa digunakan untuk menarik banyak pokemon di pokestop. Biasanya didapatkan dengan cara dibeli ataupun diperoleh oleh player saat naik level lebih tinggi.

Nah, ketika salah satu player menset-up Lure di sebuah pokestop, maka pemain lain yang ada di wilayah sekitar bisa melihatnya lewat peta. Bisa saja para pemain akan berburu ke sana untuk mendapatkan pokemon.

Yang menjadi bahaya, siapapun bisa mengatur hal ini. Rule bisa dijadikan jebakan oleh para predator anak untuk memancing anak-anak. Oleh karena itu, orang tua wajib mengawasinya.

5.      Pengawasan pembelian App

Game Pokemon Go ini juga menyediakan app tertentu yang bisa dibeli oleh playernya, seperti Pokecoins dan lainnya. Orang tua sangat perlu memperhatikan hal ini. Jangan sampai anak anda berbelanja app secara berlebihan tanpa sepengatuan dari anda.

Nah itulah beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk mengawasi anak saat bermain pokemon go, semoga bermanfaat.

tips sehat anak bayi dan balita