Walau Semarah Apapun, Jangan Sampai Bunda Mengucapkan 5 Kalimat Ini Kepada Anak!

jangan ucapkan kata-kata ini kepada anak walaupun kesal!
Orang tua mana sih yang enggak seneng punya anak? Pasti semua orang tua berharap memiliki buah hati yang sehat dan cerdas. Tapi seperti kita ketahui, merawat seorang anak juga bukanlah hal yang mudah. Butuh kesabaran ekstra buat mengendalikan mereka, karena terkadang anak-anak bisa menjadi sangat nakal, rewel, dan tidak patuh.

Menanggapi perilaku anak yang bandel, biasanya orang tua berusaha meredamnya dengan cara memarahi, ngasih ancaman, bahkan sampe ada yang melakukan kekerasan fisik. Nah yang jadi pertanyaan, apakah cara-cara tersebut sudah efektif?  Perlu bunda ketahui, bahwa kata-kata kasar ataupun kekerasan fisik bukanlah metode yang baik untuk mendidik anak. Hal ini hanya akan membuat masa kecil buah hati anda menjadi suram. Bahkan bisa saja si anak akan trauma dengan kekerasan tersebut.

Oleh sebab itu, sebagai orang tua anda harus bisa ngendalikan emosi. Walau semarah apapun, jangan sampe anda mengucapkan 5 kalimat kasar ini kepada anak. Jangan pernah sekalipun!!


1.       Dasar goblok, tolol, bodoh!

Ketika anak kesusahan dalam membaca, menulis, atau hal lainnya, jangan pernah sekali-kali mencacinya dengan sebutan “goblok atau tolol atau bodoh”. Perkataan seperti ini akan membuat anak anda menjadi minder dan gak percaya diri. Secara gak langsung, dia bakal ngerasa kalo dirinya emang bodoh dan gak mampu mengerjakan sesuatu. Bila kalimat ini anda ucapkan secara terus-menerus, jangan salahkan anak anda bila masa depannya menjadi suram.

2.       Ibu nyesal melahirkanmu, kamu tidak diharapkan!

Jangan pernah ngomong seperti ini kepada anak anda. Senakal apapun, toh dia tetap anak anda, darah daging anda. Kewajiban anda adalah mendidiknya lebih baik bukan menyesal telah melahirkannya. Ucapan seperti ini bisa ngebikin anak sakit hati dan mungkin saja dia akan membenci anda.

3.      Mati aja sana!

Ini adalah kalimat yang sangat sakral, sama kayak kutukan. Terutama jika diucapkan oleh seorang ibu. Ucapan seorang ibu biasanya sangat ampuh, dan bisa terwujud walaupun niatnya hanya bercanda. Ingat cerita Malin Kundang kan? Dia durhaka kepada ibunya, dan sang ibu berkata “Moga engkau jadi batu”.
Dan yang terjadi adalah Malin menjadi batu sungguhan. So buat para ibu-ibu, jangan pernah keceplosan yaa.

4.      Dasar anak Setan!

Terkadang saat kita marah, emosi seringkali tidak terkontrol sehingga terucaplah kata-kata kasar yang bisa menyakiti hati orang lain.

Nah, buat para bunda dan ayah, usahakan untuk tidak melontarkan kalimat yang kasar kepada anak ya. Bukannya membuat jera, kata-kata kasar justru akan tertanam di otaknya. Bahkan suatu saat, kata-kata ini bisa muncul kembali pada saat dia telah dewasa dan memarahi anaknya. Ingat, anak adalah cerminan dari orang tua!!

5.      Udah, jangan banyak tanya!

Sebelum anda mengucapkan kalimat ini, ingatla kata pepatah “malu bertanya, sesat dijalan.” Anak biasanya memiliki rasa keingintahuan yang amat besar. Mereka bakal cerewet menanyakan ini - itu kepada orang tuanya, sekalipun hal yang ditanyakan itu gak penting.

Nah, sebagai orang tua jangan pernah anda menghardiknya dengan mengatakan “Udah deh, jangan banyak tanya!”. Ucapan ini akan membuat anak jadi pendiem dan tertutup. Oleh karena itu, jadi biarkanlah ia mengeksplorasi pikirannya dan jangan dibatas-batasi.

Demikian dulu, untuk sekarang itu dulu aja ya…
Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menginspirasi para orang tua di Indonesia.

tips sehat anak bayi dan balita