Mengapa Susah Sekali Hamil? Apa Faktor Penyebabnya? Ada Tips Agar Cepat Hamil?

Istri yang tidak kunjung hamil meski pernikahan sudah berlangsung lama menjadi masalah tersendiri bagi pasangan suami istri.  Tak jarang hal ini menjadi penyebab timbulnya konflik rumah tangga yang tidak bisa diabaikan begitu saja.  Tentunya diperlukan pengertian dari kedua belah pihak akan beberapa penyebab susah hamil agar tidak ada yang merasa disudutkan akibat kondisi tersebut. Lalu apa sebenarnya penyebab susah hamil dan bagaimana tips agar cepat hamil?  Berikut ini ulasan lengkapnya untuk Anda!

Faktor penyebab susah hamil


penyebab mengapa sulit sekali hamil

Berikut ini adalah beberapa penyebab wanita sulit hamil:

·         Adanya kerusakan pada saluran tuba

Hampir 30 persen penyebab ketidaksuburan pada wanita disebabkan oleh adanya kerusakan pada saluran tuba.  Hal ini menyebabkan terjadinya sumbatan yang menghambat sperma mencapai sel telur dan menghambat sel telur menuju ke arah rahim.  Akibatnya proses pembuahan terganggu dan kehamilan sulit untuk terjadi.  Kerusakan pada saluran tuba bisa terjadi akibat adanya tindakan operasi di panggul maupun usus buntu.

·         Menopause dini

Gejala menopouse dini bisa ditandai dengan berhentinya menstruasi sebelum usia 40 tahun.  Kondisi ini bisa menyebabkan fungsi ovarium terhenti sehingga wanita menjadi sulit hamil.

·         Sindrom Ovarium Polikistik

Ketidakseimbangan hormon akibat produksi hormon androgen menyebabkan terjadinya sindrom ovarium polikistik dan memicu gangguan ovulasi dan siklus menstruasi.  Akibatnya seorang wanita jadi sulit hamil.

·         Endometriosis

Kondisi ini ditandai dengan adanya jaringan rahim yang tumbuh di bagian luar rahim sehingga berpengaruh pada fungsi indung telur, saluran telur, sel telur, rahim hingga fungsi sperma.  Hampir 50 persen dari wanita yang mengalami endometriosis cenderung tidak subur, meski demikian dalam kasus yang ringan kondisi ini tetap bisa terjadi pembuahan.

·         Ovarium jaringan parut

Proses pembedahan pada kasus kista ovarium bisa menyababkan terjadinya kerusakan fisik pada ovarium.  Akibatnya terjadi gangguan pada proses ovulasi sehingga susah hamil.

·         Gangguan tiroid

Kondisi tubuh yang mengalami gangguan atau masalah pada tiroid, baik hipertiroid maupun hipotiroid bisa menyebabkan gangguan kesuburan pada wanita.

·         Pengobatan kanker

Radioterapi yang dijalani untuk pengobatan kanker pada pria maupun wanita bisa menyebabkan gangguan pada sistem reproduksi.  Meskipun dampak radiasi tergantung bagian tubuh yang terpapar sinar, namun sejumlah penelitian menunjukkan bahwa radiasi pada wanita bisa menurunkan kesuburan dan menjadi salah satu penyebab susah hamil.

·         Gaya hidup

Gaya hidup yang tidak sehat memberikan pengaruh buruk bagi kesuburan seseorang, seperti pada pecandu rokok, alkohol hingga makanan cepat saji yang banyak mengandung lemak tidak sehat.  Selain itu diet yang tidak tepat dan gizi buruk bisa menyababkan terjadinya ketidaksuburan.

·         Faktor usia

Usia menjadi faktor yang sangat berpengaruh pada tingkat kesuburan wanita.  Dimana wanita yang sudah berusia 40 tahun memiliki jumlah sel telur yang lebih sedikit dan kurang sehat.  Salah satu resiko kehamilan di usia 40-an adalah terjadinya keguguran.

·         TBC

Infeksi virus TBC di paru-paru yang tidak ditangani dengan baik bisa menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah dan bisa menyebabkan infeksi pada alat repsoduksi sehingga terjadi kemandulan.

·         Penggunaan pelumas

Penggunaan pelumas pada saat berhubungan seksual bisa menghambat gerakan sperma menuju sel telur.  Selain itu kandungan gliserin pada pelumas terbukti mampu menyebabkan kerusakan pada sperma.

·         Suami yang tidak subur

Salah satu penyebab sulitnya terjadai kehamilan adalah faktor suami yang tidak subur, dimana jumlah sperma kurang normal ataupun pergerakannya yang kurang normal.

·         Stress

Tingkat stress yang tinggi, depresi hingga kecemasan bisa memicu ketidakseimbangan hormon pada wanita, akibatnya proses reproduksi menjadi terganggu.  Termasuk dalam hal ini terjadinya gangguan siklus menstruasi yang berpengaruh pada pematangan sel telur.

·         Gangguan tidur dan sistem kekebalan tubuh

Wanita yang mengalami gangguan tidur bisa berpengaruh buruk pada sistem hormonal tubuh yang menyebabkan terjadinya ketidaksuburan.  Selain itu sistem kekebalan tubuh yang tidak normal juga bisa berpengaruh pada kesuburan, sehingga memerlukan pengobatan agar bisa hamil dan perawatan agar tidak terjadi keguguran.

Tips agar cepat hamil


Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa cepat hamil:

·         Menerapkan pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat sangat dianjurkan bagi pasutri yang ingin segera memiliki anak.  Merokok dan mengkonsumsi alkohol bisa menurunkan peluang terjadinya kehamilan hingga 50 persen.  Pola hidup sehat bisa dijalani dengan mengatur pola makan dengan gizi seimbang, rutin berolahraga dan menjaga berat badan agar tetap proporsional.

·         Mengetahui masa subur

Banyak pasangan yang belum begitu memahami pentingnya mengetahui masa subur untuk mendapatkan kehamilan.  Pada wanita yang memiliki siklus menstruasi normal maka penghitungan masa subur bisa lebih mudah diketahui.  Sebagai contoh, pada siklus menstruasi 28 hari dan hari pertama menstruasi tanggal 8 Juni maka bisa dihitung hari ke-12 dan ke-16, yaitu pada tanggal 19 Juni dan 23 Juni.  Nah, masa suburnya berada diantara tanggal 19 Juni hingga 23 Juni.  Masa subur inilah yang harus dioptimalkan untuk melakukan hubungan seksual karena pembuahan sangat mungkin terjadi.

Masa subur juga bisa diketahui dengan mengukur suhu tubuh, wanita yang sedang berada pada masa subur biasanya suhu tubuh naik hingga 37-38 derajat Celsius sedangkan pada kondisi normal suhu tubuh berkisar antara 35-36 derajat Celsius.

·         Mengetahui posisi hubungan seksual yang tepat

Banyak pakar yang menyebutkan bahwa posisi suami di atas bisa memberikan peluang terbaik agar terjadi kehamilan.  Untuk lebih optimal, maka bisa menempatkan bantal di bawah panggul istri agar serviks bisa menampung lebih banyak sperma.  Dan usahakan untuk tetap berbaring dalam posisi yang sama selama 10-20 menit setelah terjadi ejakulasi agar sperma tidak mengalir kembali ke vagina.

·         Konsumsi vitamin dan makanan yang bisa meningkatkan kesuburan

Ada banyak jenis makanan yang diketahui bisa meningkatkan kesuburan, yaitu:
Vitamin B6 yang mutlak diperlukan untuk mendukung dan mengatur hormon reproduksi, adapun sumber vitamin B6 bisa diperoleh dari sayuran hijau, kecambah, kacang-kacangan, gandum, beras, sereal, dan roti.  Pastikan makanan yang dikonsumsi segar dan bukan yang berupa kemasan atau kaleng yang banyak mengandung pengawet.

Asam folat yang sangat baik untuk mempersiapkan kehamilan, zat ini bisa diperoleh dari makanan seperti brokoli, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Vitamin C dan Zinc (Seng) yang bisa membantu meningkatkan kesuburan pada pria dan meningkatkan kekebalan tubuh secara efektif.  Seng bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma.  Zat ini bisa diperoleh dari kuning telur, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Zat besi sering menjadi salah satu faktor penyebab susah hamil karena seorang wanita kekurangan nutrisi ini. Padahal zat besi cukup penting untuk memproduksi sel darah merah agar terhindar dari anemia. 


Informasi tentang program cepat hamil lengkap ada di sini: infotipshamil.com
tips sehat anak bayi dan balita