Bunda Wajib Tahu, Makanan Ini Berperan Penting Untuk Kecerdasan Otak Anak

Nutrisi otak merupakan hal mutlak yang diperlukan untuk membangun kecerdasan anak semenjak usia dini. Para pakar menyebutkan bahwa pada masa masa anak-anak adalah waktu yang paling tepat untuk merangsang perkembangan otak. Oleh karena itu, para orang tua disarankan untuk memberikan asupan makanan yang bergizi.

Ini makanan penunjang kecerdasan otak anak

Berikut beberapa makanan yang dapat menunjang kecerdasan otak:


1.   Susu

Asupan yang sangat penting dan dibutuhkan oleh anak adalah susu, baik ASI maupun susu formula. Sebagian besar susu formula mengandung banyak vitamin B dan D, mineral (kalium dan kalsium), serta protein. Kandungan tersebut sangat berperan dalam perkembangan otak, neurotransmitter, dan merangsang produksi enzim. Oiya, sebaiknya hindari dulu memberikan produk susu olahan seperti keju atau yogurt.

2.   Telur

Selain susu, telur juga menjadi salah satu asupan makanan yang berperan dalam kecerdaasan otak. Telur merupakan sumber protein yang mudah didapatkan, murah, dan dapat diolah dalam berbagai variasi. Yang terpenting adalah kandungan kolin di dalam kuning telur.  Zat ini berguna untuk meningkatkan memori otak, membantu perkembangan anak, dan membangkitkan stamina. Meski demikian, mengonsumsi kuning telur secara berlebihan juga tidak baik sebab kuning telur mengandung tinggi kolesterol.

3.   Sayuran

Bahan makanan yang satu ini kurang diminati oleh anak-anak, namun sebenarnya manfaatnya sangat tinggi. Berbagai jenis sayuran seperti bayam, tomat, wortel, dan sebagainya bisa membantu perkembangan otak. Kandungan antioksidan di dalam sayuran berperan dalam mendorong sel-sel otak menjadi lebih sehat, serta meningkatkan kecerdasan.

Oleh sebab itu, bunda sangat disarankan untuk membujuk sang buah hati agar mau mengonsumsi sayuran. Caranya bunda bisa membuat masakan berbahan sayuran lebih variatif, mencampurkan dengan bahan lain yang lebih enak rasanya, atau memotongnya kecil-kecil sehingga anak tidak terlalu memperhatikan rasanya.

4.   Kacang

Kacang bisa menjadi alternatif cemilan sehat untuk si buah hati. Kacang-kacangan mengandung zat  antioksidan, thiamin, dan vitamin E yang berperan dalam melindungi sel-sel otak dari radikal bebas, meningkatkan kemampuan berpikir, dan sumber energi bagi si kecil.

Jenis kacang yang disarankan untuk perkembangan otak adalah kacang merah. Hal ini dikarenakan kacang merah mengandung asam lemak omega-3 yang berperan meningkatkan fungsi otak. Bunda juga bisa memanfaatkan beragam jenis kacang seperti almond atau kacang macadamia.

5.   Beras merah

Beras merah memiliki kandungan vitamin B dan glukosa yang berperan baik dalam perkembangan otak dan menjaga kesehatan sistem saraf. Selain itu, kandungan vitamin B di dalam beras merah juga bisa melancarkan aliran darah di dalam tubuh, sehingga kinerja organ tubuh lebih maksimal termasuk otak.

Itulah beberapa sumber makanan yang dibutuhkan oleh si kecil untuk meningkatkan kecerdasan otak semenjak dini. Perlu diingat, usahakan untuk memberikan gizi yang seimbang pada anak. Jangan terlalu sedikit atau berlebihan.
tips sehat anak bayi dan balita