Penting! Inilah 7 Trik Menjaga Kesehatan Mata Untuk Kamu yang Sering Menatap Komputer

Sering menatap komputer, ini tips menjaga kesehatan mata
Di era yang serba canggih ini, hampir setiap pekerjaan dilakukan di depan komputer. Terlebih lagi bagi para pegawai kantoran. Selain itu, kita juga tahu bahwa kehidupan masyarakat saat ini seakan tidak bisa dipisahkan dari gadget. Baik itu anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Jika diibaratkan, gadget sudah seperti oksigen bagi mereka.


Rata-rata masyarakat urban kini menghabiskan waktunya dengan melihat layar komputer ataupun ponsel. Ya, tentu saja hal ini dapat berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh. Sering bekerja di depan komputer atau menatap layar ponsel bisa menyebabkan berbagai macam gangguan mata, seperti pandangan menjadi kabur, mata berair dan bengkak, mata lelah, dan jika kelamaan bisa memicu kerusakan mata yang lebih serius.


Nah, agar kesehatan mata dapat tetap terjaga walaupun harus bekerja di depan komputer, anda harus memperhatikan beberapa hal. Berikut 7 tips untuk menjaga kesehatan mata bagi anda yang bekerja di depan komputer:

Tips Menjaga Kesehatan Mata Untuk yang Bekerja di Depan Komputer

1.   Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin A


Vitamin merupakan nutrisi yang penting bagi kesehatan seluruh organ di dalam tubuh, termasuk mata. Untuk menjaga organ mata agar selalu sehat maka anda harus memperbanyak asupan vitamin A. Jenis makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel dan tomat. Jika anda seseorang yang bekerja di depan komputer setiap hari, maka konsumsi makanan vitamin A juga harus ditingkatkan.


2.  Atur cahaya pada komputer


Cara terbaik agar mata tidak cepat lelah adalah dengan mengatur tingkat pencahayaan layar komputer. Usahakan untuk tidak men-setting cahaya yang terlalu terang sebab bisa membuat mata tidak nyaman dan menyebabkan pandangan kabur.


3.  Jangan menatap layar terlalu dekat


Cahaya atau sinar yang dipancarkan dari layar komputer memiliki efek radiasi yang bisa menyebabkan kerusakan mata. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menatap layar komputer terlalu dekat. Standart jarak antara mata dan layar komputer adalah 50 sampai 100 cm. Dengan demikian, mata anda juga tidak akan cepat terasa pedih ataupun panas.


4.  Istirahatkan mata sejenak


Apabila anda harus menatap layar komputer selama 8 jam sehari, maka usahakan untuk mengistirahatkan mata selama kurang 15 menit tiap jamnya. Hal ini bertujuan agar mata tidak terlalu lelah. Anda bisa melihat pepohonan hijau agar mata menjadi segar kembali. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga pola tidur anda dan sering-seringlah mengedipkan mata agar mata tidak terasa nyeri.


5.  Gunakan kacamata anti radiasi


Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, cahaya pada komputer itu memiliki radiasi yang bisa mengganggu kesehatan mata. Nah, di sini kacamata anti radiasi dapat menjadi pilihan tepat untuk anda gunakan selama bekerja di depan komputer. Dengan demikian, mata akan lebih terlindungi dari efek radiasi.


6.  Membasuh wajah dengan air dingin


Terlalu lama menatap layar komputer bisa membuat wajah dan mata terasa panas. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa membasuh wajahmu dengan air dingin, sehingga dapat membantu otot wajah dan organ mata menjadi lebih rileks.


7.  Jangan lupa olahraga


Olahraga adalah rutinitas penting yang harus anda lakukan setiap hari. Apabila anda tidak pernah berolahraga, sementara anda menatap komputer seharian, maka hal ini bisa menyebabkan mata menjadi nyeri, panas, dan kabur. Oleh sebab itu, sempatkanlah berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari.


Demikianlah beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata bagi anda yang berkeja di depan komputer setiap hari. Sedangkan untuk kalian yanag gemar main gadget, sebaiknya batasi kebiasaan memainkan ponsel seharian karena hal ini juga bisa merusak mata.

tips sehat anak bayi dan balita