7 Kebiasaan Ini Bisa Menjaga Kulitmu Tetap Muda dan Terhindar Dari Keriput

Agar Kulit Tetap Kencang dan Tidak Keriput
Menjadi tua itu pasti. Tetapi mengalami penuaan dini adalah mimpi buruk bagi setiap wanita. Bagaimana tidak? Tanda-tanda penuaan dini bisa menyebabkan muka seseorang tampak lebih kusam, dan menurunkan kepercayaan diri. Sehingga tidak heran jika kaum wanita rela membayar mahal, bahkan merasakan sakit demi menjaga wajahnya agar tampak awet muda.

Salah satu tanda penuaan dini yang paling umum adalah munculnya garis-garis halus atau keriput di sekitar wajah. Ada banyak hal yang menjadi pemicu munculnya keriput, seperti merokok, efek paparan sinar matahari, mengonsumsi alkohol, dan kurang tidur. Sebenarnya munculnya keriput di usia dini dapat dicegah dengan beberapa kebiasaan sehat. Cukup mudah, dan anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Penasaran?

Kebiasaan Sederhana yang Mencegah Keriput:


1.    Selalu menggunakan krim tabir surya saat di luar ruangan

Paparan sinar UV tidak hanya menyebabkan kulit anda menjadi kusam, tetapi juga memicu kerusakan kolagen. Kolagen merupakan lapisan protein di dalam kulit yang berperan dalam menjaga kekenyalan kulit. Apabila kolagen rusak, maka kulit akan menjadi kendur dan muncul keriput. Oleh karena itu, biasakanlah menggunakan krim tabir surya setiap berpergian. Krim tabir surya berguna untuk melindungi kulit dari efek paparan sinar UV yang berbahaya.

2.   Mengonsumsi buah-buahan sumber vitamin C

Buah-buahan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, jambu, dan stroberi berperan baik dalam mencegah timbulnya keriput. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit akan kenyal dan kencang.

3.   Tidak mencuci muka dengan sabun terlalu sering

Mencuci muka dengan sabun terlalu sering tidak baik. Hal ini bisa menyebabkan kulit kehilangan kandungan minyak alami, sehingga perlahan kulit akan menjadi kering. Biasanya, Kulit yang kering rentan mengalami kerutan dan garis-garis halus.

4.   Menggunakan krim anti aging yang mengandung AHA (Untuk wanita berumur 30 tahunan)

Bagi anda yang berumur 30 tahunan, penggunaan krim anti aging bisa membantu mencegah munculnya kerutan di wajah. Apabila anda hendak membeli krim anti aging, sebaiknya pilihlah yang mengandung AHA (alpha hydroxy acids). Kandungan AHA berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi kerutan.

Namun perlu diingat, AHA bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, bila anda menggunakan krim anti aging yang mengandung AHA, jangan lupa untuk memakai krim tabir surya setiap keluar rumah.

5.   Mengonsumsi air putih

Mengonsumsi air putih tidak hanya berguna untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh saja, tetapi juga bisa merawat kulit. Air putih bisa meningkatkan kelembaban kulit dan mengurangi munculnya garis-garis halus. Menurut para ahli, anda disarankan mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas perhari.

6.   Oleskan krim atau serum mata

Bagi anda yang memiliki masalah kerutan mata yang cukup parah, anda bisa memanfaatkan krim atau serum mata. Biasanya krim mata dapat digunakan setiap hari sebelum tidur malam. Sedangkan serum mata digunakan sekali dalam seminggu. Akan lebih baik jika anda berkonsultasi dengan dokter estetika terlebih dahulu sebelum memutuskan penggunaan krim atau serum mata.
tips sehat anak bayi dan balita