Menakjubkan! Inilah Berbagai Khasiat Ajaib Dari Beras Untuk Kecantikan

Khasiat Ajaib Dari Beras Untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Rambut
Beras adalah bahan makanan pokok orang Indonesia. Ya, beras sangat berperan penting dalam menunjang kelangsungan hidup manusia, terutama masyarakat Indonesia. Bagi masyarakat kita, mengonsumsi nasi (beras yang telah dimasak) itu wajib setiap hari, minimal dua kali. Kalau kamu belum makan nasi (walaupun sudah makan lontong bakso, atau mie), tetap saja artinya belum makan.


Terlepas dari pentingnya peranan beras sebagai kebutuhan pokok, ternyata beras juga memiliki manfaat lain bagi kita. Kandungan tajin (air rendaman beras) bisa berperan dalam menjaga kecantikan kulit dan kesehatan rambut. Manfaat air tajin ini memang sudah banyak dikenal masyarakat umum. Kamu tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam, hanya dengan air tajin kamu bisa memperoleh kulit yang cerah dan bersinar. 

Nah, berikut beberapa manfaat beras untuk kecantikan kulit dan rambut:

Manfaat Beras Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

1.   Memutihkan kulit

Zaman sekarang banyak orang yang menggunakan krim-krim pemutih untuk mencerahkan wajahnya. Padahal penggunaan krim secara berlebihan bisa membahayakan kulit.


Beras bisa menjadi alternatif yang efektif untuk membantu memutihkan kulit. Caranya juga cukup mudah, yaitu:

·         Pertama, rendam beras dalam sedikit air

·         Diamkan sekitar 1 jam

·         Buang airnya, dan sisakan berasnya yang telah lunak

·         Haluskan beras dengan cobek

·         Oleskan beras yang telah dihaluskan pada seluruh wajah

·         Diamkan selama 1 jam atau semalaman

·         Keesokan harinya bilas dengan air hingga bersih

·         Wajah anda pun akan terlihat lebih cerah dan bersinar


2.  Beras sebagai toner wajah

Selain digunakan untuk memutihkan wajah, ternyata beras juga bisa digunakan untuk toner wajah. Air beras bisa membantu membersihkan wajah dari sisa-sisa kotoran, mengangkat sel-sel kulit mati, dan menghilangkan flek hitam.

Cara penggunaannya:

·         Rendam beras dalam air

·         Diamkan selama 1 jam

·         Gunakan air rendaman beras untuk membasuh wajah

·         Oleskan dan pijat lembut wajah anda


3.  Menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat


Masalah flek hitam dan bekas jerawat biasanya cukup sulit diatasi. Hilangnya juga cukup lama, sehingga seringkali mengganggu penampilan. D isini air beras bisa membantu dalam menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. Caranya sama dengan di atas, anda hanya perlu mengoleskan air rendaman beras pada bagian kulit yang ada flek hitam dan bekas jerawatnya.


4.  Melembutkan kulit wajah dan tubuh


Kebanyakan orang menggunakan susu untuk mandi agar kulitnya lembut dan bercahaya. Ternyata, manfaat susu juga bisa kamu dapatkan dari air tajin (air rendaman beras). Jadi kamu tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu mahal untuk perawatan kulit, cukup dengan menyiapkan sedikit beras.

Cara penggunaannya:

·         Rendam beras dalam air

·         Diamkan selama 1 jam

·         Gunakan air rendaman beras untuk membasuh wajah dan tubuh anda setelah mandi agar diperoleh hasil yang optimal


5.  Menghitamkan rambut


Rambut juga seringkali menjadi masalah yang cukup rumit untuk diatasi. Mulai dari rambut kusam, bercabang, rontok, dan sebagainya. Biasanya shampoo aja tidak cukup untuk mengatasi kerusakan rambut. Anda membutuhkan perawatan yang mahal di salon.


Nah, ternyata air beras bisa membantu mengatasi rambut kusam dan mudah rontok. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang terdapat di dalam beras. Caranya pun juga mudah, setelah anda menggunakan shampoo, bilas rambut dengan air cucian beras. Diamkan selama 15 menit, lalu basuh rambut dengan air hingga bersih.


Demikianlah beberapa manfaat beras untuk kecantikan kulit dan rambut anda. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat.
tips sehat anak bayi dan balita