Kamu Pelupa? Cobalah 5 Cara Sederhana Ini Untuk Mempertajam Otakmu

cara mengatasi sifat pelupa, tingkatkan  kemampuan otak anda
Setiap manusia pasti tidak luput dari yang namanya lupa. Selain itu, faktor pertambahan usia juga mempengaruhi kinerja otak. Di mana semakin tua usia seseorang, maka kemampuan otaknya cenderung menurun.

Meski demikian, tak sedikit pula kalangan muda yang sudah mengidap sindrom pelupa. Misalnya, lupa meletakkan barang, lupa nama orang, lupa materi sekolah, kurang cermat, dan tidak teliti. Hal ini tentu sangat menganggu dan juga merugikan diri sendiri. Sehingga tidak jarang seseorang mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya fungsi otak.


Sebenarnya, anda tidak perlu bergantung atau mengonsumsi suplemen otak. Ada banyak cara sehat dan alami yang dapat anda lakukan untuk menajamkan kinerja otak. Cara-cara ini meliputi pola hidup sehat dan pengonsumsian makanan tertentu. Dalam sebuah buku yang berjudul  “The Bulletproof Diet Dave Asprey” mengungkapkan, bahwa makanan yang bergizi bisa mempertajam IQ ataupun otak.

5 Cara Mempertajamkan Otak:


1. Rutin Olahraga

Mungkin anda sudah sering mendengar anjuran untuk berolahraga agar hidup sehat. Sayangnya, sebagian besar dari kita masih sering menyepelekan hal ini.

Olahraga tidak hanya menjaga kesehatan organ tubuh ataupun membakar lemak saja. Namun latihan fisik juga merupakan cara terbaik untuk mempertahankan fungsi kognitif seiring bertambahnya usia. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh profesor bernama Gage, spesialis penyakit neurodegenerative di California, mengungkapkan bahwa berolahraga dapat memperlancar aliran darah ke hipokampus di otak besar. Di mana bagian ini bertanggung jawab terhadap perkembangan mental manusia.

2. Waktu Tidur yang Cukup

Salah satu gaya hidup modern yang hampir dilakukan oleh sebagian besar remaja saat ini adalah begadang. Entah itu begadang untuk mengerjakan tugas atau sekedar bermain gadget.

Begadang adalah kebiasaan yang buruk. Selain menghambat keluarnya racun-racun dari tubuh, seseorang yang kurang tidur juga cenderung menjadi pelupa dan tidak fokus. Tubuh membutuhkan pasokan energi untuk bisa bekerja lebih produktif. Dan untuk mencukupi kebutuhan energi tubuh, anda disarankan untuk tidur malam selama 7-8 jam.

3. Refreshing Otak

Jangan pernah memaksakan otak untuk bekerja terus tanpa istirahat. Sesekali luangkan waktu untuk bersenang-senang dan rehat. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa melakukan hal yang menyenangkan dapat menciptakan jalur saraf baru ke otak.

Anda juga bisa melakukan perjalanan ke beberapa tempat, mengenal orang-orang baru, dan budaya baru. Hal ini bisa menambah wawasan dan membantu anda menjadi orang yang lebih kreatif dan inovatif.

4. Kurangi Konsumsi Makanan Tinggi Lemak dan Garam

Makanan yang memiliki kadar lemak tinggi, seperti daging merah ataupun makanan tinggi garam dapat memperlemah daya ingat apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Sebut saja masyarakat Yunani, mereka telah lama menerapkan pola makan dengan diet Mediteranian. Di mana konsumsi buah dan sayuran ditingkatkan, sedangkan daging merah dan garam dikurangi. Terbukti, masyarakat di sana cenderung memiliki daya ingat yang tajam. Dalam sebuah penelitian di Universitas Colombia disebutkan bahwa diet Mediteranian bisa mengurangi risiko Alzheimer atau kehilangan daya ingat.

5. Tingkatkan Asupan Protein

Asupan protein dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan daya kinerja otak. Di dalam protein terkandung zat asam amino yang berperan dalam membentuk neurotransmitter, seperti serotonin dan dopamin yang terletak di dalam otak.
tips sehat anak bayi dan balita