Tips Menjaga Nafsu Makan Selama Masa Kehamilan

Tips Mengatasi Malas Makan Selama Kehamilan
Ibu hamil sering mengalami banyak keluhan, terutama pada masa awal kehamilan. Pada umumnya keluhan yang sering muncul adalah berkurangnya nafsu makan. Tentu saja hal ini bisa menyebabkan sang ibu dan janin menjadi kekurangan asupan nutrisi. Sehingga pertumbuhan janin akan terhambat, serta memungkinkan bayi lahir dengan kekebalan tubuh yang rendah.


Apabila gejala tidak nafsu makan ini dibiarkan begitu saja dan tidak diatasi, maka bisa memicu munculnya rasa mual, sembelit, gusi berdarah, dan badan pegal-pegal. Oleh sebab itu, gejala kurang nafsu makan pada wanita hamil harus segera diatasi.


8 Tips Sederhana Menjaga Nafsu Makan Selama Masa Kehamilan:


1.    Makan porsi sedikit tapi berulang kali

Ketika anda merasa tidak nafsu makan, mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak hanya akan menyebabkan mual dan muntah. Namun bukan berarti anda harus mengurangi asupan makanan selama kehamilan. Anda dapat mengatasinya dengan cara mengonsumsi makanan dalam porsi sedikit tetapi berulang kali dan dalam waktu yang berdekatan, sekitar 20-30 menit.

2.   Meningkatkan asupan serat

Pada saat kehamilan, tubuh membutuhkan lebih banyak asupan serat. Beberapa makanan tinggi serat memiliki kadar air yang tinggi juga, hal ini bisa membantu anda merasa lebih cepat kenyang. Selain itu, makanan berserat juga menimalisir risiko terjadinya sembelit pada masa kehamilan yang semakin tua. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memasukkan makanan berserat dalam daftar menu harian anda.

3.   Konsumsi susu khusus ibu hamil

Ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi susu khusus kehamilan. Sebaiknya pilihlah jenis susu rendah lemak (Low Fat), susu jenis ini membantu meningkatkan asupan protein yang dianggap sebagai pengatur nafsu makan. Selain berguna untuk menyediakan energi, susu juga meningkatkan asupan nutrisi pada janin di dalam rahim.

4.   Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan adalah salah satu jenis makanan yang membantu nafsu makan anda tetap terkontrol selama masa kehamilan. Bagi anda yang mengalami masalah nafsu makan, anda bisa menjadikan kacang-kacangan sebagai cemilan yang menemani aktivitas harian. Kacang-kacangan juga membantu mencukupi nutrisi kebutuhan anda.

5.   Sup

Sup terbukti menjadi salah satu masakan yang dapat meningkatkan nafsu makan. Tidak harus membeli di restoran atau warung, akan lebih sehat jika anda memasak sup sendiri. Pilihlah sup yang mengandung varian sayuran dan rendah lemak, seperti sup jagung atau sup makroni. Jika anda ingin membuat sup daging, anda bisa menggunakan kaldu yang lebih jernih dari rebusan kedua, sehingga kadar lemaknya juga tidak terlalu tinggi.

6.   Buah dan sayur

Apabila anda merasa mual untuk mengonsumsi makanan tertentu, sebaiknya jangan dipaksakan karena bisa menyebabkan muntah. Sebaliknya, buah dan sayuran lebih bersifat netral dan tidak meningkatkan risiko mual. Anda bisa mengonsumsi buah atau sayuran di siang hari, hal ini dapat menjaga tubuh dari asupan kalori yang berlebihan serta menjaga pola makan sehat.

7.   Kedelai

Kedelai adalah makanan nabati yang mengandung tinggi nutrisi, meliputi protein, karbohidrat, dan lemak. Kandungan di dalam kedelai dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh anda, serta menjaga selera nafsu makan.

8.   Buah jeruk

Jeruk menjadi salah satu jenis buah kaya vitamin C yang banyak digemari oleh sebagian besar orang. Nyatanya, buah jeruk ini kaya serat dan rendah kalori, sehingga bisa membantu anda cepat merasa kenyang. Selain itu, jeruk juga mengontrol gula darah agar tetap stabil, terutama jeruk bali.
tips sehat anak bayi dan balita