Makanan Pemicu Perut Kembung Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Penyebab perut kembung saat hamil dan cara mengatasi
Di awal masa kehamilan seringkali wanita mengalami keluhan perut kembung. Dalam dunia medis, penyebab perut kembung pada masa hamil adalah peningkatan gas lambung yang dipicu oleh hormon progesteron. Apabila gas terkumpul di dalam lambung, maka menyebabkan gangguan pencernaan. Kondisi ini sering menyebabkan ibu hamil menjadi tidak nyaman.

Ada banyak faktor yang memicu gangguan perut kembung pada ibu hamil, salah satunya adalah makanan. Beberapa makanan tertentu bisa memicu perut kembung apabila dikonsumsi pada masa kehamilan.

Makanan Pemicu Perut Kembung Pada Ibu Hamil

1.    Gorengan dan berlemak

Makanan gorengan memang gurih dan menggoda selera. Namun apabila dikonsumsi secara berlebihan pada masa hamil bisa memicu perut kembung. Makanan yang digoreng sulit untuk dicerna sehingga menyebabkan gangguan pencernaan. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari konsumsi makanan gorengan dan berlemak, seperti kentang goreng atau fast food.

2.   Kubis

Kubis adalah salah satu sayuran yang bisa menyebabkan munculnya gas di dalam perut. Mengonsumsi kubis secara berlebihan pada saat kehamilan bisa memperlambat pencernaan dan mengakibatkan perut kembung. Di samping itu kubis juga bisa menyebabkan perut menjadi mulas.

3.   Kentang

Kentang memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun kandungan pati di dalam kentang ternyata cukup berbahaya karena bisa mengganggu proses pencernaan. Kentang juga bisa menyebabkan penumpukan gas dan perut kembung.

4.   Kacang

Anda mungkin sering mendengar bahwa ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi kacang. Ya, hal ini memang benar. Namun apabila kacang dikonsumsi secara berlebihan di masa hamil bisa menyebabkan naiknya gas di lambung. Hal ini dikarenakan kandungan raffinose di dalam kacang.

Untuk mengurangi risiko perut kembung, kamu bisa merendam kacang terlebih dahulu. Kemudian cucilah hingga bersih sehingga kandungan raffinose di dalam kacang bisa berkurang

5.   Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi sangat memungkinkan terkumpulnya gas di dalam saluran pencernaan sehingga memicu perut kembung. Mengonsumsi minuman dingin yang berkarbonasi pada saat hamil menyebabkan masalah gangguan pencernaan.

6.   Apel

Bagi ibu hamil yang memiliki masalah pencernaan, sebaiknya hindari mengonsumsi apel berlebihan saat kehamilan. Kandungan pektin di dalam buah apel bisa memicu gas di dalam lambung dan membuat ibu hamil menjadi merasa tidak nyaman.

Apabila ibu hamil mengalami keluhan perut kembung, terdapat beberapa pengobatan tradisional yang dapat dilakukan, di antaranya adalah:


1.    Minuman jahe hangat

Jahe merupakan umbi-umbian yang sering diolah menjadi minuman sebagai pengobatan tradisional. Untuk membuat minuman jahe, caranya cuci bersih jahe lalu digrepek hingga keluar aromanya. Selanjutnya, rebus jahe hingga mendidih. Tuangkan segelas air rebusan jahe ke dalam gelas dan tambahkan satu sendok makan madu agar terasa lebih nikmat. Minuman jahe hangat aman dikonsumsi ibu hamil dan membantu menghilangkan rasa kembung.

2.    Sup panas

Jika anda tidak mempunyai jahe, anda bisa membuat sup panas untuk menghilangkan perut kembung. Konsumsi sup selagi hangat, ini bisa memberikan rasa nyaman di perut dan melegakan.

3.   Teh hangat

Teh hijau atau teh hitam yang diseduh juga bisa menghilangkan perut kembung yang dialami oleh ibu hamil. Manfaat dari teh seduh lebih tinggi dibandingkan teh celup. Agar lebih segar, anda bisa menambahkan perasan jeruk lemon atau madu.

Demikianlah beberapa makanan pemicu perut kembung dan cara mengatasinya. Semoga dapat bermanfaat.

tips sehat anak bayi dan balita