Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kencang di Masa Kehamilan

Cara Mengatasi Perut Kencang di saat Hamil
Salah satu keluhan yang sering dialami wanita hamil adalah perut terasa kencang. Biasanya, pada kondisi ini perut terasa keras seakan ditarik-tarik serta kram (adanya kontraksi pada otot-otot di sekitar perut). Hal ini tidak jarang menimbulkan kekhawatiran bagi ibu hamil, khususnya yang masih pertama kali. Beberapa di antara mereka menganggap kondisi ini sebagai tanda yang membahayakan kandungan. Namun adapula yang berpendapat bahwa perut kencang adalah tanda-tanda akan melahirkan.


Penting bagi ibu hamil untuk mengetahui penyebab perut terasa kencang saat mengandung. Perut kencang pada masa kehamilan dapat disebabkan oleh 2 hal, yaitu kram dan adanya kontraksi.


Apabila perut kencang terjadi pada masa hamil muda, berarti masih tergolong normal. Hal ini dikarenakan pertumbuhan rahim mendorong otot perut sehingga terasa kencang. Salah satu tandanya adalah terasa sakit di bagian bawah pusar sampai ke lipat paha. Sedangkan pada usia kehamilan tua, perut kencang dapat disebabkan oleh pergerakan bayi dalam perut. Di samping itu, adanya gas berlebih dalam perut atau kembung juga bisa menjadi penyebab perut kencang.

Penyebab Perut Kencang Menurut Pakar Kesehatan



Menurut dr Hari Nugroho Sp.OG. dari Departemen Obstetri & Ginekologi, RSUD Dr Soetomo Surabaya, seperti dilansir di situs detikHealth, terjadinya perut keras dan kencang saat hamil adalah disebabkan karena adanya kontraksi pada rahim. Ia mengatakan bahwa kondisi ini normal.


Meski demikian, seorang ibu hamil yang mengalami kondisi ini disarankan untuk segera menghubungi tenaga medis terdekat agar memperoleh keterangan lebih detail, baik jika usia kehamilan masih muda atapun sudah cukup tua dan siap melahirkan.

Beberapa penyebab perut kencang, antara lain adalah:


    Gerakan bayi yang terlalu aktif
    Kemungkinan janin kembar
    kram perut
    Aktivitas harian yang terlampau berat sehingga kandungan menjadi turun
    kontraksi palsu (kontraksi Braxton Hicks)


Kapan gejala perut kencang terjadi?


Perut kencang yang terjadi saat hamil muda, biasanya terjadi pada usia kehamilan trimester tiga. Selain itu, perut kencang juga dapat terjadi pada saat kandungan memasuki usia 22 sampai 33 minggu.


Umumnya, gejala perut kencang di kehamilan awal terjadi saat malam hari menjelang hendak tidur malam. Tentu saja, keadaan ini sangat mengganggu kenyamanan. Terlebih lagi jika gejalanya disertai dengan kram pada perut.

Mengatasi Perut Kencang


Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi perut kencang pada masa kehamilan, diantaranya adalah :

1.    Mandi Air Hangat

Cara pertama untuk mengatasi perut kencang adalah mandi air hangat di sore hari. Air hangat dapat membantu relaksasi otot-otot di rahim yang sering mengalami kontraksi. Akan lebih baik jika anda menambahkan aroma terapi pada air hangat tersebut untuk berendam. Beberapa ibu hamil mengaku metode ini dapat membantu menghilangkan gejala perut kencang pada malam hari.

2.   Posisi tidur yang tepat untuk ibu hamil

Pada saat hamil, anda tidak dapat tidur dengan posisi sembarangan. Terdapat beberapa posisi tidur yang tepat dan memang disarankan bagi ibu hamil. Posisi tidur yang tepat dapat mengurangi gejala perut kencang selama tidur malam.

3.   Mengoleskan Minyak alami di sekitar perut

Cara ketiga yang dapat anda coba untuk mengatasi perut kencang adalah mengoleskan lotion atau minyak nabati di sekitar perut. Hal ini dapat mengurangi tegangan pada perut. Namun perlu diperhatikan, jangan mengoleskan sembarangan minyak. Sebaiknya gunakan minyak berbahan alami, seperti minyak zaitun atau minyak nabati lainnya.

4.   Jangan Mengangkat Beban Berat

Untuk menghindari terjadinya hal-hal buruk, termasuk perut terasa kencang pada saat masa kehamilan, sebaiknya hindari mengangkat beban dan kerja yang terlalu berat. Selain itu duduk berlama-lama juga meningkatkan risiko perut terasa kencang.Melakukan aktivitas yang berat semasa mengandung dapat menyebabkan kehamilan turun sehingga memicu terjadinya perut terasa kencang.


Itulah beberapa ulasan mengenai gejala perut terasa kencang pada masa kehamilan. Semoga dapat bermanfaat.

tips sehat anak bayi dan balita