9 Pantangan yang Harus Dihindari Saat Haid

Apa Saja Pantangan Di Masa Menstruasi
Pada saat memasuki masa menstruasi, wanita menjadi cenderung sensitif akibat adanya perubahan hormon di dalam tubuhnya. Sebagian wanita juga sering mengalami kram perut dan pegal-pegal badan. Kondisi ini tentu membuat wanita yang sedang menstruasi atau haid menjadi tidak nyaman, akibatnya aktivitas harian pun menjadi terganggu.

Sebenarnya, terdapat beberapa hal yang harus dihindari wanita haid untuk mengurangi ketidaknyamanan. Apabila pantangan ini dijauhi, tubuh akan menjadi lebih fit dan bersemangat walaupun anda sedang haid.

Berikut beberapa pantangan yang harus dihindari semasa menstruasi:


1.    Malas berolahraga

Sebagian besar wanita yang haid menjadi malas dan tidak bertenaga untuk berolahraga. Penyebabnya, bisa karena kram perut atau alasan perubahan hormon. Padahal berolahraga, seperti jogging, bersepeda, atau sekedar jalan-jalan bisa membantu mengurangi rasa nyeri perut.


Di samping itu, pada saat berolahraga tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang memicu kebahagiaan sehingga kita bisa lebih gembira dan tidur lebih nyenyak. Kamu tidak perlu melakukan olahraga yang berat karena hal ini menyebabkan volume haid lebih banyak. Cukup melakukan olahraga ringan saja.

2.   Malas mengganti pembalut

Bagi wanita yang mengalami menstruasi penting untuk mengganti pembalut setidaknya 4-6 jam sekali, tergantung volume darah haid. Malas mengganti pembalut dapat memicu perkembangan bakteri dan bau tak sedap pada vagina. Oleh karena itu, jangan malas mengganti pembalut pada saat menstruasi.

3.    Konsumsi minuman beralkohol

Minuman berakohol juga tidak disarankan dikonsumsi oleh wanita yang sedang haid. Sebenarnya alkohol adalah minuman keras yang memiliki banyak dampak negatif bagi tubuh dan mengancam kesehatan.


Pada saat masa menstruasi, hormon progesteron di dalam tubuh akan meningkat. Kondisi ini menyebabkan konsumsi alkohol memberikan efek berlebihan pada tubuh. Sehingga anda akan sering terbangun di malam hari.

4.   Berhubungan seksual

Melakukan hubungan seksual semasa menstruasi meningkatkan risiko terjadinya penyakit menular seksual, seperti HIV. Walaupun kemungkinannya sangat kecil, kondisi ini juga menyebabkan rasa sakit berlebihan pada vagina.

5.   Memakai bawahan warna cerah

Untuk mengantisipasi adanya kebocoran saat menstruasi, sebaiknya jangan gunakan bawahan berwarna cerah. Pilihlah bawahan dengan warna-warna gelap, seperti coklat, hitam, biru tua, atau merah maroon.

6.   Melewatkan jam makan

Meskipun kamu sedang merasa sakit atau nyeri pada perut, usahakan untuk tetap makan secara teratur. Tidak perlu dalam porsi banyak, yang penting perutmu terisi secara normal. Tubuh membutuhkan nutrisi untuk mengganti cairan yang telah dikeluarkan. Apabila kamu makan tidak teratur, maka tubuh akan terasa lemas.

7.   Duduk lama

Duduk lama pada saat menstruasi dapat menambah keluhan sakit pada bagian perut dan punggung. Jika memang kamu terpaksa harus duduk lama di depan komputer, usahakan sesekali berjalan selama 10 menit.

8.   Makanan yang dipanggang

Selama masa menstruasi, sebaiknya kamu menghindari makanan yang diolah dengan cara dipanggang. Makanan yang dipanggang mengandung lemak trans dalam kadar tinggi yang dapat memicu produksi hormon etrogen di dalam tubuh. Hormon estrogen ini meningkatkan risiko rasa sakit pada rahim. Sehingga sebaiknya dihindari

9.    Gorengan

Selain makanan dipanggang, gorengan juga memiliki kandungan lemak trans tinggi yang memicu naiknya kadar hormon estrogen. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi gorengan selama mentruasi. Dengan menghindari gorengan, risiko terjadinya kram dan nyeri pada perut juga berkurang.


Itulah beberapa pantangan yang harus dihindari selama menstruasi. Semoga info ini dapat bermanfaat.
tips sehat anak bayi dan balita

tips cepat hamil
infoTipshamil.com
cara cepat hamil