6 Gejala Aneh yang Sering Terjadi Pada Masa Kehamilan

6 Gejala Aneh yang Sering Terjadi di Masa Hamil
Pada masa kehamilan, biasanya wanita akan merasakan beberapa perubahan yang terjadi pada tubuhnya. Baik secara fisik maupun psikis. Perubahan fisik yang terjadi adalah perut yang semakin membuncit. Sedangkan gejala yang sering dirasakan adalah kram perut, ngidam, mood swing, dan rasa mual. Di antara banyaknya perubahan yang muncul, terkadang ada beberapa gejala kehamilan yang cukup aneh.


Berikut 6 gejala kehamilan yang aneh:


1.    Keluarnya cairan dari vagina

Gejala pertama yang sering terjadi adalah keluarnya cairan berwarna putih bening atau kekuningan dari organ intim kewanitaan. Umumnya, cairan ini akan terus-menerus keluar hingga setelah beberapa hari persalinan. Namun anda tidak perlu khawatir karena kondisi ini tidak berbahaya. Namun, apabila cairan tersebut mengeluarkan bau busuk, gatal, dan memunculkan rasa terbakar maka bisa jadi anda mengalami infeksi.


Keluarnya cairan pada masa kehamilan dipicu oleh peningkatan kadar hormon pada aliran darah vagina. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan pembalut atau pentiliner untuk melapisi celana dalam yang anda gunakan. Anda juga bisa membersihkan organ kewanitaan dengan tisu yang steril.


2.   Tak sengaja mengeluarkan air seni saat bersin atau tertawa


Gejala aneh kedua yang terjadi pada masa kehamilan adalah keluarnya air seni pada saat bersin atau tertawa keras. Hal ini dipicu karena ibu hamil dituntut mengonsumsi banyak air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Sehingga ibu hamil jadi gampang ngompol. Selain itu, semakin membesarnya perkembangan janin dalam kandungan, maka posisi kandung kemih juga semakin tertekan. Hal ini juga mengakibatkan air seni keluar tanpa terkontrol.


Untuk mengatasi hal ini, ibu hamil disarankan untuk sering-sering pergi ke toilet dan jangan sampai menahan kencing. Anda juga bisa melakukan latihan senam kegel untuk meningkatkan otot kandung kemih. Lakukan latihan ini sebanyak 15-20 kali hitungan, maksimal 5 kali dalam sehari.

3.   Keluar keringat berlebihan


Sebagian besar ibu hamil pasti sering merasakan kegerahan dan keluar keringat secara berlebihan di lengan, tangan, kaki leher, dan perut. Anda tidak perlu takut, sebab kondisi ini normal. Keringat yang keluar ini disebabkan oleh proses metabolisme dalam tubuh yang berlangsung lebih cepat. Untuk mengatasi keadaan ini, anda bisa menggunakan pakaian yang longgar, menyerap keringat, dan nyaman.

4.   Keluar air liur berlebihan


Salah satu kebiasaan aneh ibu hamil lainnya adalah keluarnya air liur tanpa disadari. Air liur ini kerapkali menetes pada saat wanita tidur. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, namun kemungkinan disebabkan oleh perubahan hormon.

5.   Tidur mendengkur


Kebiasaan aneh berikutnya pada masa kehamilan adalah mendengkur. Kemungkinan mendengkur ketika hamil meningkat hingga dua kali lebih besar dari kondisi tidak hamil. Penyebabnya adalah terjadinya pembengkakan pada membran mukosa, sehingga hidung menjadi tersumbat dan akibatnya anda harus bernafas lewat mulut. Jadi untuk para suami, harap bersabar jika istrimu mendengkur selama kehamilan ya.

6.   Sering buang angin atau kentut


Kebiasaan aneh terakhir yang sering dialami ibu-ibu hamil adalah sering buang angin alias mengentut. Kondisi ini cukup membuat malu apabila anda sedang berada di publik. Namun ini adalah gejala yang wajar pada masa kehamilan. Penyebabnya adalah kerja usus yang lebih lamban dibandingkan keadaan tidak hamil. Selain itu, progesteron yang bersirkulasi di dalam tubuh juga membuat perut menjadi kram dan kembung sehingga anda cenderung ingin sering buang gas.


Itulah beberapa gejala aneh yang sering terjadi pada masa kehamilan. Semoga info ini dapat bermanfaat.

tips sehat anak bayi dan balita