Miss V Anda Gatal? Ini Lho Penyebabnya!

cara mengatasi miss V yang gatal
Menjaga kebersihan sangatlah penting untuk menciptakan kehidupan yang sehat. Terutama bagi para cewek yang rentan mengalami masalah kewanitaan. Salah satu masalah sering dialami oleh cewek adalah Miss V yang terasa gatal. Kondisi ini tentu membuat cewek menjadi tidak nyaman, risih, dan gelisah. Nggak lucu kalau kamu garuk-garuk di depan umum? Hehe.

Pada dasarnya, kulit dan bibir vagina memang mudah diserang bakteri yang menyebabkan rasa gatal. Jika anda terlanjur mengalaminya, tak usah kuatir, sebab ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi miss V yang gatal.

Nah, sebelum membahas cara mengatasi miss V yang gatal, ada baiknya kamu mengetahui faktor-faktor penyebab miss V gatal.

Berikut beberapa penyebab umum Miss V menjadi gatal:


1.    Pemakaian produk yang mengandung bahan kimia

Penggunaan kondom, sabun, tisu, krim, atau pembalut yang mengandung bahan kimia bisa memicu alergi sekaligus rasa gatal pada miss V.

2.   Infeksi jamur

Infeksi jamur juga menjadi penyebab miss V gatal. Biasanya infeksi jamur lebih berisiko pada wanita hamil, saat kekebalan tubuh menurun, seseorang yang aktif berhubungan seksual, dan mengonsumsi antibiotik. Jamur yang tumbuh berlebihan di vulva dan vagina bisa menyebabkan keluarnya cairan putih yang kental. Kondisi ini patut diwaspadai dan harus segera ditangani.

3.   Vaginosis bakteri

Adanya bakteri-bakteri jahat di dalam vagina memicu terjadinya infeksi dan rasa gatal pada Miss V. Biasanya vaginosis disertai dengan gejala keluarnya cairan, bau, dan rasa perih.

4.   Menopause dan ibu menyusui

Ketika memasuki masa menopause, produksi estrogen pada wanita akan menurun. Kondisi ini menyebabkan dinding vagina mengering dan semakin tipis. Sehingga memicu rasa gatal dan iritasi. Hal ini juga dapat terjadi pada ibu yang menyusui.

5.   Penyakit Menular Seksual (PMS)

Rasa gatal pada miss V juga dimungkinkan karena adanya Penyakit Menular Seksual (PMS), seperti klamidia, herpes, gonore, dan trikomoniasis.

6.   Infeksi cacing kremi

Adanya infeksi dari cacing kremi bisa memicu rasa gatal pada miss V.

7.   Stres

Jangan sepelekan kondisi stres. Apabila kamu mengalami stres berlebihan maka memicu turunnya kekebalan tubuh, sehingga berisiko terjadinya gatal pada miss V.

8.   Pra kanker

Rasa gatal pada miss V juga bisa menjadi gejala awal kamu mengalami pra kanker.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi rasa gatal pada miss V:


1.    Sering mengganti celana dalam

Mengganti celana dalam setidaknya sehari sekali atau sehari dua kali. Apabila anda berkeringat, celana dalam kotor, atau basah maka segeralah mengganti celana dalam anda. Apabila kondisi miss V lembab, maka bakteri dan kuman akan mudah berkembang biak sehingga memicu rasa gatal.

2.   Membasuh dengan benar       

Cara membasuh yang salah dan tidak bersih juga menyebabkan miss V menjadi gatal. Setiap kali anda selesai buang air kecil atau besar, maka basuhlah organ intim secara menyeluruh dari depan ke belakang. Jangan memberikan tekanan terlalu keras atau menyabun berlebihan, sewajarnya saja namun tetap bersih.

3.   Hindari penggunaan pembersih miss V secara berlebihan

Pemakaian cairan pembersih organ kewanitaan secara berlebihan bisa menyebabkan terganggunya keseimbangan pH pada vagina. Terlalu sering menggunakan pembersih memungkinkan bakteri baik dalam vagina akan mati dan memicu berkembangnya jamur.

4.   Hindari celana ketat

Pemakaian baju ketat tidak hanya menghimpit otot-otot di sekitar miss V, tetapi juga membuat berkeringat dan sirkulasi darah menjadi tidak lancar.  Oleh karena itu, sebaiknya gunakan celana berbahan katun yang bisa menyerap keringat.

Itulah penyebab dan cara mengatasi miss V yang gatal. Memperhatikan kesehatan organ vital sangat penting agar tubuh tetap sehat dan aktivitas tak terganggu.
tips sehat anak bayi dan balita

tips cepat hamil
infoTipshamil.com
cara cepat hamil