9 Cara Sederhana Mengatasi Jerawat Pada Masa Menstruasi

kenapa datang bulan selalu berjerawat, apa tipsnya
Setiap wanita pasti akan kesal jika muncul jerawat di wajahnya. Meski tidak berbahaya, namun jerawat pada menganggu penampilan. Pada umumnya, sebagian besar wanita akan mendapati munculnya jerawat setiap menstruasi. Secara umum, kondisi ini dipengaruhi oleh perubahan hormon.

Jerawat hormonal biasanya terlihat leih bengkak dan memerah dibandingkan dengan jerawat di lain hari menstruasi. Bahkan tak jarang benjolan jerawat ini memicu rasa nyeri. Tentu saja, kondisi ini membuat para wanita tidak nyaman dan merasa agak malu. Nah, berikut ini tips-tips mengatasi munculnya jerawat pada masa menstruasi:

9 Tips Mengatasi Jerawat Pada Masa Menstruasi:


1.    Kurangi konsumsi fast food

Penyebab munculnya jerawat pada saat menstruasi adalah hormon yang meningkat. Hal ini menyebabkan kulit memproduksi kelenjar minyak berlebihan. Sehingga pori-pori menjadi tersumbat dan memicu munculnya jerawat. Untuk mengatasi kondisi ini, hindarilah konsumsi makanan yang mengandung banyak minyak, seperti kacang-kacangan dan fast food.

2.   Produk Anti Acne

Salah satu hal yang bikin wanita kesal dengan munculnya jerawat hormonal adalah peradangan atau benjolan yang terlihat jelas, sehingga tidak bisa ditutupi dengan make up.
Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan produk perawatan anti acne. Dr. Joshua Zeichner, seorang dermatologis New York menyarankan agar para wanita menggunakan produk yang berbahan benzoyl peroxide dan salicylic acid. kedua kandungan tersebut dinilai mampu mencegah dan mengobati jerawat.

3.   Suplemen Kulit

Suplemen kulit juga menjadi salah satu alternatif untuk mencegah munculnya jerawat hormonal. Pililah suplemen yang kualitasnya telah diakui. Suplemen yang mengandung sprulina, klorofil, zat besi, dan minyak ikan terbukti mampu mengontrol minyak berlebih dan mendetoksifikasi kulit.

4.   Jaga kebersihan wajah

Salah satu cara mencegah tumbuhnya jerawat secara eksternal adalah menjaga kebersihan wajah, terutama  saat menstruasi. Pada saat menstruasi, kotoran yang menempel pada wajah akan bercampur dengan minyak kulit sehingga memicu munculnya jerawat.
Sebaiknya, bersihkan wajah minimal 2 kali sehari. Lakukan langkah ini setiap hari, tak hanya sedang menstruasi saja.

5.   Kendalikan stres berlebih

Tidak bisa dipungkiri stres menjadi salah satu penyebab terbesar munculnya jerawat saat menstruasi. Oleh karena itu, ubah pola pikir yang selalu berpikir negatif dengan pikiran positip. Usahakan untuk melakukan rileksasi sesaat, seperti yoga atau jalan-jalan di pagi hari.

6.   Tingkatkan asupan cairan

Kekurangan cairan dapat memicu dehidrasi pada tubuh dan kulit. Hal ini membuat kulit menjadi terlihat kering dan kusam, sehingga rentan mengalami jerawatan. Kondisi ini dapat diatasi dengan memperbanyak konsumsi air putih, setidaknya 8 gelas perhari.

7.   Perbanyak konsumsi vitamin C

Kandungan vitamin C dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, vitamin C juga meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Untuk meningkatkan asupan vitamin c, anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jeruk, sstroeri, tomat, dan sebagainya.

8.   Gunakan masker apel dan madu

Kandungan di dalam apel dapat membantu proses regenerasi sel kulit, sedangkan madu melembabkan sekaligus mengatasi bakteri penyebab jerawat. Cara pemakaiannya mudah, cukup campurkan satu sendok makan jus apel dengan sedikit madu. Oleskan pada bagian yang berjerwat, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

9.   Berkonsultasi dengan dokter kulit

Apabila semua cara sudah anda coba, tetapi tidak membuahkan hasil. Maka pilihan terakhir yang dapat anda lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter kulit. Biasanya, dokter akan meresepkan obat sesuai dengan jenis kulitmu sehingga proses penyembuhan dapat berlangsung cepat.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi jerawat yang muncul pada masa menstruasi. Semoga berhasil.

tips sehat anak bayi dan balita

tips cepat hamil
infoTipshamil.com
cara cepat hamil