Jangan Mencukur Habis Rambut Kemaluan, Inilah Bahayanya!

Apa bahayanya Mencukur Rambut Kemaluan
Apakah kamu salah satu wanita yang rutin mencukur rambut kemaluan? Berhati-hatilah! Sebab mencukur rambut kemaluan atau dikenal dengan istilah Waxing ternyata dapat membahayakan organ intim wanita.


Pada umumnya, para wanita melakukan waxing atau mencukur rambut kemaluan untuk mempercantik penampilan dan agar lebih percaya diri di hadapan suami. Memang, membicarakan perihal area miss V ini masih dianggap tabu oleh masyarakat berbudaya timur, khususnya Indonesia. Akan tetapi, penting bagi kita untuk mengetahui perihal area miss V demi kepentingan kesehatan. Salah satunya tentang pro dan kontra mencukur atau waxing rambut pada area kemaluan.     

Tahukah kamu, rambut kemaluan tidak tumbuh begitu saja tanpa arti. Dalam dunia medis, rambut kemaluan mempunyai beberapa manfaat.

Adapun manfaat dari bulu kemaluan di antaranya adalah: 


1.    Pelindung miss V

Miss V merupakan bagian organ kewanitaan yang sensitif dan mudah mengalami iritasi. Rambut-rambut pada area kemaluan atau miss V berguna untuk melindungi kulit agar tidak terinfeksi dan menghalangi debu atau bakteri berkembang di dalam sana


2.   Mengontrol Temperatur

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rambut kemaluan berguna untuk mengontrol suhu pada area miss V. Misalnya, kita beraktivitas di cuaca panas atau menggunakan celana yang ketat, maka otomatis miss V akan cenderung berkeringat. Nah, rambut kemaluan berguna untuk mengontrol suhu sehingga panas pada area miss V berkurang dan terhindar dari iritasi


Lalu bagaimana jadinya bila kita mencukur habis rambut kemaluan? Tentu saja hal ini dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit pada miss V.  Waxing atau mencukur rambut kemaluan bisa mengakibatkan luka kecil pada kulit. Hal ini memngkinkan bakteri atau virus masuk ke dalam kulit. Sehingga orang tersebut berisiko tinggi terkena penyakit kulit menular (PMS), seperti kutil kelamin hingga herpes.



Berikut beberapa bahaya dari waxing atau mencukur habis rambut kemaluan:


1.    Infeksi

Saat kita melakukan shaving atau waxing pada area miss V, kemungkinan besar akan terjadi iritasi. Pada akhirnya, iritasi ini dapat memicu Infeksi sehingga terjadi penyebaran bakteri ke dalam area miss V.  Di samping itu, bagi seseorang yang memiliki kulit sensitif, kandungan kimia pada produk waxing bisa menyebabkan kulit menjadi kemerahan dan iritasi.

2.   Herpes

Biasanya virus herpes masuk lewat luka pada kulit. Infeksi jangka panjang hingga kronis yang menyebabkan rasa sakit pada alat kelamin dan sekitarnya.

3.   Kutil kelamin

Kutil kelamin merupakan salah satu penyakit kelamin yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Penyakit ini ditandai dengan munculnya daging kecil berbentuk benjolan di sekitar miss V dan dubur.

4.   Kurap

Masuk dan berkembangnya jamur di area kelamin juga bisa menyebabkan penyakit kurap. Penyakit ini ditandai dengan adanya cincin yang berbentuk seperti ruam-ruam kemerahan.

5.   Impetigo

Infeksi bakteri yang menyebabkan luka merah yang bisa pecah, cairan fluida dan mengembangkan kerak kuning-coklat.

6.   Bisul

Bisul dapat mengganggu kenyamanan anda karena rasa gatal yang ditimbulkan. Bisul merupakan infeksi pada folikel rambut yang disebabkan oleh bakteri staphylococcus. Kondisi ini ditandai dengan munculnya benjolan yang meradang dan matang berisi nanah

Lalu bagaimana cara yang aman untuk menghilangkan rambut-rambut pada kemaluan?


Jawabannya adalah melalui metode memotong atau menggunting. Menurut beberapa ahli, menggunting rambut kemaluan lebih aman daripada waxing atau mencukur dengan pisau. Hal ini dikarenakan apabila rambut kemaluan digunting, maka pasti meninggalkan rambut minimum 2- 3 cm. Ini berarti kemaluan tidak gundul dan hal ini berguna mencegah timbulnya infeksi.


Selain itu, perlu juga mengoleskan produk yang aman pada daerah kemaluan untuk mencegah rasa gatal dan iritasi. Namun jangan gunakan produk sembarangan karena area miss V sangat sensitif.


tips sehat anak bayi dan balita

tips cepat hamil
infoTipshamil.com
cara cepat hamil