Agar Bayi Dalam Kandungan Nyaman dan Tumbuh Sehat, cukup ikuti 3 hal ini

agar janin tumbuh sehat dan nyaman
Setiap ibu yang sedang mengandung tentu mengharapkan agar bayi di dalam kandungan nyaman dan tumbuh dengan sehat. Harapan ini bisa diusahakan oleh sang ibu dan orang-orang yang berada di sekeliling ibu hamil.

Sesungguhnya ada 3 hal sederhana yang bisa membuat bayi dalam kandungan merasa nyaman dan bisa tumbuh dengan sehat.


1.  Nutrisi yang cukup

Nutrisi memegang peranan penting dalam proses tumbuh kembang janin saat berada di dalam kandungan. Makanan-makanan yang dikonsumsi seorang ibu selama masa kehamilan akan menentukan perkembangan bayi dan mempengaruhi kesehatan bayi sesudah dilahirkan. Karena itulah setiap calon ibu disarankan untuk menerapkan pola makan dengan gizi yang seimbang. Asupan gizi yang tepat menjadi sumber energi  selama  masa kehamilan dan ketika persalinan.

Tak dipungkiri pada masa-masa awal kehamilan para ibu hamil mengalami mual muntah yang membuat  nafsu makan menurun. Namun kondisi tersebut sebaiknya tak membuat para ibu hamil patah semangat. Banyak trik yang bisa dilakukan agar kondisi mual dan muntah dapat ditekan.

2.  Memperdengarkan musik

Janin yang berusia 3 bulan di dalam kandungan sesungguhnya sudah mulai mempunyai perasaan. Sayangnya tak semua calon orangtua mengetahui hal ini. Pada usia 3 bulan dalam rahim, janin sudah mengenali rasa senang, sedih dan juga takut. Ketika janin memasuki usia 4 bulan dalam kandungan, janin mulai belajar mendengarkan suara-suara dari luar. Secara bertahap janin dapat mengenali suara ibu, ayah dan orang-orang yang berada di lingkungan sekitarnya.

Suara-suara yang didengar janin akan merangsang organ indera janin di dalam kandungan. Karena itulah para ibu hamil disarankan untuk mendengarkan musik. Jenis musik yang telah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi perkembangan janin adalah musik-musik karya Mozart.

Ibu hamil sebaiknya mendengarkan musik dalam volume yang wajar. Sebab volume musik yang terlalu keras dapat menyebabkan kepala pusing sehingga ibu hamil justru merasa tak nyaman. Ciptakan suasana yang santai saat mendengarkan musik, misalnya saja sambil duduk santai di sore hari atau sembari minum secangkir teh.

3.  Mengusahakan lingkungan yang nyaman

Setiap calon orangtua wajib mengetahui bahwa emosi dari seorang ibu yang sedang mengandung dapat mempengaruhi janin di dalam kandungannya. Karena itu sebaiknya ibu hamil selalu berpikir positif dan berusaha memikirkan hal-hal yang baik. Orang-orang yang berada di sekitar ibu hamil termasuk pasangannya memegang peranan penting untuk membantu menciptakan lingkungan yang nyaman dan tenang di sekitar ibu hamil.

Jika ibu hamil merasa gelisah, penuh tekanan, dan takut, maka hormon stres akan mengaliri darah, masuk ke plasenta dan akhirnya dirasakan pula oleh bayi. Hormon stress dari ibu yang sedang hamil akan mengganggu aliran darah pada janin dan mengakibatkan perubahan emosi janin. Stres yang dirasakan sang ibu dapat mengaktifkan sistem kelenjar endokrin pada janin dan mempengaruhi perkembangan otaknya.


Seorang ibu yang selalu stres berlebihan saat hamil besar kemungkinan melahirkan anak dengan kelainan-kelainan perilaku yang akan terlihat ketika anak tumbuh dewasa. Selain itu, semakin besar pula resiko bayi lahir prematur, berat badan bayi di bawah rata-rata, anak dengan kecenderungan hiperaktif, anak tumbuh dengan sifat mudah marah dan anak mengalami kolik pada perut.

Sebaliknya, ibu hamil yang dapat mengontrol emosi, berpikir positif dan tenang akan membuat bayi tumbuh sehat dan sempurna. Ibu hamil yang selalu memikirkan hal-hal yang menyenangkan akan menyalurkan perasaan positif tersebut ke dalam otak bayi. Kondisi tersebut akan menghasilkan keseimbangan, kebahagiaan, dan watak yang tenang hingga kelak anak dewasa.

Nah, itulah 3 hal penting yang bisa diusahakan oleh ibu hamil atau para calon orangtua dan juga orang-orang yang berada di sekeliling ibu hamil agar bayi dalam kandungan merasa nyaman dan tumbuh sehat. Janin yang berkembang dengan nyaman akan tumbuh menjadi anak yang sehat dengan watak yang baik pula.
 
tips sehat anak bayi dan balita