Ternyata rasa lelah dapat dihilangkan dengan 8 tips sederhana ini

tips mengatasi rasa lelah
Rutinitas sehari-hari yang menyibukkan, mulai dari pekerjaan kantor, pergi sekolah, membersihkan rumah, memasak, ataupun merawat anak tentunya membuat tubuh menjadi pegal-pegal. Terkadang kita ingin beristirahat lebih lama, namun sayangnya jadwal yang terlalu padat menuntut kita untuk terus beraktivitas.

Memang cara termudah untuk mengatasi rasa lelah dan capek adalah dengan beristirahat sejenak. Tapi sebenarnya, ada juga beberapa cara lain untuk menghilangkan rasa capek.

Tips sederhana untuk menghilangkan rasa capek:


1.    Perbanyak konsumsi makanan berserat

Salah satu tips mudah mengatasi rasa capek adalah memperbanyak konsumsi makanan berserat, seperti sayuran hijau. Makanan berserat tidak hanya memperlancar pencernaan, tetapi juga memberikan asupan energi lebih pada tubuh kita. Dengan demikian, tubuh tidak akan mudah lelah.

2.   Jangan meninggalkan sarapan

Seringkali kita meremehkan sarapan pagi, dan melewatkannya begitu saja. Padahal sarapan pagi sangat penting untuk menunjang aktivitas harian dan menjaga tubuh tetap stabil. Dengan membiasakan sarapan pagi, maka tubuh akan memperoleh cukup nutrisi sehingga rasa lelah di siang hari dapat berkurang.

3.   Tingkatkan asupan gizi

Mengonsumsi makanan dengan kadar gizi yang tinggi sangatlah penting untuk mengurangi rasa capek dan pegal-pegal di tubuh. Dengan memperoleh asupan gizi, maka tubuh akan lebih fit dan sehat. Anda dapat mengonsumsi jenis makanan berprotein tinggi. Selain itu, imbangi dengan vitamin (buah-buahan), serta karbohidrat.

4.   Perbanyak konsumsi air putih

Air putih adalah minuman dengan sejuta manfaat. Air putih dapat berperan dalam detoksifikasi tubuh dan melancarkan peredaran darah, sehingga rasa capek dan lelah dapat berkurang. Oleh karena itu, biasakanlah mengonsumsi air putih 8 gelas sehari, terutama di waktu malam sebelum tidur dan pagi hari.

5.   Mandi atau membasuh wajah

Ketika rasa lelah datang dan kantuk melanda, maka cara termudah untuk mengatasi hal tersebut adalah mandi atau membasuh wajah. Air dingin membantu tubuh menjadi segar kembali, menghilangkan pegal-pegal dan juga rasa kantuk.

6.   Mendengarkan musik

Mendengarkan musik dapat membantu merilekskan pikiran, menenangkan jiwa, dan tentunya menghilangkan rasa capai. Setelah seharian beraktivitas, cobalah untuk duduk santai atau berbaring sambil mendengarkan musik intrumental. Anda juga bisa mendengarkan musik bergenra lainnya, sesuai favorit anda.

7.   Sesekali cobalah tertawa

Beberapa studi menyebutkan bahwa tertawa dapat mengurangi beban pikiran, rasa lelah, dan membuat awet muda. Oleh karena itu, jangan terlalu serius menanggapi setiap masalah. Cobalah menghadapi kesulitan dengan tenang. Dan di saat rasa capek melanda, anda bisa menonton film-film komedi sehingga memancing diri untuk tertawa lepas.

8.   Konsumsi semangka

Salah satu penyebab rasa capek dan pegal adalah menumpuknya asam laktat di dalam tubuh. Semangka mengandung senyawa asam amino L. Sitrulin yang berperan menguraikan asam laktat yang menumpuk di otot. Dengan demikian, mengonsumsi semangka bisa membantu mengurangi rasa capek dan pegal.

Untuk mengonsumsi buah semangka, anda dapat mengolahnya menjadi jus atau dimakan langsung. Usahakan untuk mengonsumsi semangka segar. Apabila anda meletakkan buah semangka irisan terlalu lama di kulkas, maka kandungan mineral dan vitaminnya juga akan berkurang.

Demikianlah 8 tips sederhana untuk mengurangi rasa lelah, capek, dan pegal-pegal di tubuh. Sebagai saran, sebaiknya jangan memaksakan tubuh dan otak anda bekerja terlalu keras. Idealnya, dalam sehari dibutuhkan waktu 8 jam untuk bekerja, 8 jam untuk beribadah, dan 8 jam untuk istirahat.
tips sehat anak bayi dan balita