Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Pada Musim Hujan

tips menjaga tubuh tetap sehat
Menjelang tahun baru, biasanya Indonesia memasuki iklim dingin. Di mana hujan terus mengguyur setiap hari. Pergantian musim kemarau ke musim penghujan ini memberikan dampak terhadap kesehatan tubuh. Beberapa orang menjadi rentan terserang penyakit, seperti flu, pilek, masuk angin, dan batuk saat musim hujan. Hal ini dikarenakan tubuh harus beradaptasi dengan perubahan suhu yang terjadi. Sehingga sistem imun tubuh pun menjadi menurun dan rentan tertular virus.

Penyakit-penyakit yang muncul di musim penghujan seperti flu, pilek, batuk dan sejenisnya tidak bisa disepelekan. Karena apabila tubuh sakit, maka aktivitas pun juga akan terganggu. Maka dari itu, kamu harus membiasakan melakukan beberapa hal agar tubuh kamu tetap fit dan tidak mudah terserang penyakit di musim hujan.

Berikut tips agar tubuh tetap fit dan sehat di musim hujan:


1.    Gunakan pakaian yang hangat

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan di musim hujan adalah dengan menggunakan pakaian yang tebal dan hangat. Tujuannya agar tubuh tidak kedinginan, terlebih lagi saat beraktivitas di luar ruangan. Dengan pakaian yang tebal, maka kamu akan terjaga dari udara dingin di musim hujan.

2.   Biasakanlah cuci tangan sebelum makan

Pada saat musim hujan, kelembaban udara meningkat sehingga bakteri pun berkembang biak lebih cepat. Melakukan berbagai aktivitas, menyentuh bermacam-macam objek atau barang menyebabkan bakteri menempel di tangan kita. Apabila kita tidak mencuci tangan sebelum makan, maka bakteri di tangan akan berpindah ke dalam tubuh sehingga menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Oleh karena itu, biasakanlah mencuci tangan sebelum makan dan gunakanlah sabun agar lebih higenis dan bersih.

3.   Konsumsi vitamin

Asupan vitamin dibutuhkan untuk menjaga kestabilan sistem imun tubuh. Jenis vitamin yang dianjurkan untuk dikonsumsi pada masa hujan adalah vitamin C. Kandungan di dalam vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain dari suplemen, vitamin C juga dapat diperoleh dari buah-buhahan dan sayuran seperti stroberi, jeruk, dan sebagainya.

4.   Menjaga sirkulasi udara

Untuk mengurangi tingkat kelembaban di dalam rumah, buatlah sirkulasi udara agar udara segar dapat masuk. Apabila sirkulasi udara lancar, maka kita juga akan memperoleh asupan oksigen yang cukup. Sehingga tubuh pun menjadi lebih kuat melawan penyakit.

5.   Bersihkan lingkungan sekitar

Tempat yang kotor dan lembab menjadi sarang berkembangnya bakteri dan kuman. Untuk itu, jangan malas membersihkan lingkungan di sekitarmu. Misalnya, membuang sampah, memotong ranting pohon yang terlalu rindang,  memotong rumput-rumput liar, dan menutup lubang yang berpotensi menjadi genangan air hujan.

6.   Perbanyak konsumsi air

Pada saat musim hujan, rasa haus memang cenderung berkurang. Namun bukan berarti kebutuhan cairan untuk tubuh menurun juga. Tubuh tetap membutuhkan asupan cairan yang sama, baik di musim hujan atau kemarau. Mengonsumsi air putih juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi biasakanlah mengonsumsi air putih 8 gelas perhari.

7.   Olahraga secara rutin

Walaupun cuaca dingin, namun jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk malas-malasan dalam berolahraga. Kamu tidak perlu melakukan olahraga yang berat, setidaknya biasakan berlari, bersepeda, atau jalan kaki setiap pagi selama 30 menit.
Tubuh yang sering digerakkan akan lebih fit dan memiliki sistem imun lebih kuat dibandingkan orang yang menghabiskan waktunya dengan duduk seharian. Oleh karena itu, jangan abaikan anjuran olahraga ini jika kamu ingin sehat di musim hujan.

8.   Pola tidur yang teratur

Udara dingin di musim hujan seringkali membuat kita lebih mudah mengantuk. Namun jangan sampai rasa kantuk ini menganggu aktivitas sehari-hari. Usahakanlah untuk mengatur pola tidur dengan baik, seperti tidur malam 7-8 jam. Hindari melakukan aktivitas begadang jika tak terlalu penting, karena begadang dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

Demikianlah tips tips untuk menjaga tubuh tetap fit di musim hujan. Semoga bermanfaat.

tips sehat anak bayi dan balita