7 Kebiasaan yang Dianggap Menyehatkan, Tapi Sebenarnya Salah

mitos kesehatan yang salah kaprah
Di Indonesia ini, ada banyak sekali mitos-mitos seputar kesehatan yang beredar. Seperti kamu harus minum 8 gelas air putih sehari agar sehat atau tidur malam wajib 8 jam sehari. Faktanya, mitos-mitos tersebut belum terbukti kebenarannya. Kita hanya mendengar dari mulut ke mulut, kemudian meyakininya dan menjadikan teori tersebut sebagai pedoman untuk hidup sehat.

Nah, sebelum kalian semakin yakin dengan mitos-mitos kesehatan tersebut, ada baiknya kalian membaca ulasan di bawah ini.  Nyatanya, beberapa hal yang selama ini kamu anggap menyehatkan, ternyata tidak sepenuhnya benar.

Berikut 7 mitos kesehatan yang salah kaprah:


1.    Kamu harus minum air putih 8 gelas perhari

Air putih memang memiliki banyak manfaat, seperti membuat perut terasa kenyang, meningkatkan energi, dan mencegah pilek. Namun teori yang mengungkapkan bahwa seseorang harus minum 8 gelas air putih dalam sehari, tidaklah sepenuhnya benar.
Seorang ahli gizi di Los Angeles, Maggie Bulan RD menjelaskan bahwa cairan tidak harus didapatkan dari minum air putih, tetapi juga dari makanan dan minuman lain, seperti kopi, jus, salad dan buah-buahan.

2.   Rambut basah pada cuaca dingin bikin flu

Orang tua kalian mungkin sering mengingatkan untuk tidak keramas di cuaca dingin atau tidak boleh keluar di pagi hari dengan rambut basah. Katanya, rambut basah pada cuaca dingin bisa bikin flu dan masuk angin. Percayalah, rambut basah dengan flu sama sekali tidak ada keterkaitannya.
Orang lebih mudah terserang flu dan masuk angin pada cuaca dingin karena virus lebih mudah menyebar. Pada saat udara dingin, sistem kekebalan tubuh cenderung menurun sehingga virus lebih mudah menyerang tubuh.

3.   Kamu harus BAB sekali dalam sehari

Sebenarnya kebiasaan BAB (buang air besar) ini tergantung banyaknya makanan yang dikonsumsi, serat, dan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Menurut Kyle Staller, gastroenterologist dari RS Massachusetts di Amerika Serikat, normalnya orang buang air besar minimal 3 kali dalam seminggu.

4.   Kamu perlu tidur malam 8 jam sehari

Sebenarnya tidak ada anjuran spesifik untuk waktu tidur malam. Para ahli dari National Sleep Foundation merekomendasikan orang dewasa untuk tidur malam 7-9 jam guna meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Namun beberapa orang ada yang memiliki kebiasaan tidur malam 6-7 jam, dan hal itu tidak mempengaruhi kesehatan mereka. Yang terpenting, tidur malam tidak kurang dari 6 jam dan usahakan konsisten dengan jadwal tidurmu.

5.   Jika ingin diet, kamu harus menghindari karbohidrat

Banyak orang yang beranggapan bahwa karbohidrat dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Maggie Bulan R.D. menjelaskan bahwa manusia adalah omnivora yang membutuhkan lebih dari satu jenis makanan untuk melengkapi asupan nutrisi tubuh. Mengonsumsi karbohidrat tidak harus didapatkan dari nasi, kamu juga bisa memperolehnya dari kentang, roti, dan biji-bijian. Jangan lupa untuk mengimbangi pola diet dengan konsumsi buah dan sayuran.

6.   Kamu perlu sanitizer dan sabun antibakteri untuk membersihkan tangan

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang percaya bahwa mencuci tangan harus dengan sanitizer atau sabun antibakteri? Jika iya, maka ketahuilah bahwa anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Sebuah studi yang dipaparkan dalam Journal of Antimicrobaial Chemotheraphy pada tahun 2015, menunjukkan bahwa kemampuan sabun biasa dan sabun antibakteri dalam membersihkan tangan dari bakteri hampir sama dan tidak ada perbedaan yang signifikan.

7.   Tidak boleh makan coklat dan gorengan untuk mencegah jerawatan

Jerawat muncul akibat kelenjar minyak memproduksi sebum (minyak) terlalu banyak pada kulit. Sehingga pori-pori kulit pun tersumbat. Hal ini memicu terjadinya peradangan dan kemarahan pada kulit, yang disebut jerawat. Sedangkan mengonsumsi cokelat dan gorengan sama sekali tidak ada keterkaitannya dengan munculnya jerawat.

Yup, itulah 7 kebiasaan yang dianggap menyehatkan, namun ternyata tidak sepenuhnya benar. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat.
tips sehat anak bayi dan balita