Pandangan Kabur? Cobalah 8 Makanan Ini Untuk Meningkatkan Kesehatan Matamu

8 Makanan Ini dapat Meningkatkan Kesehatan Mata
Mata adalah jendela hati. Dengannya, kita dapat melihat keindahan alam dan beragam makhluk hidup di dalamnya. Oleh karena itu, kesehatan mata adalah hal yang tak ternilai harganya. Bayangkan saja, apa jadinya jika penglihatan kita terganggu? Pasti sangat tersiksa, bukan? Segala aktivitas sehari-hari juga menjadi terhambat.

Ada beragam faktor yang memicu gangguan kesehatan mata, seperti terlalu sering menatap layar laptop, membaca buku sambil tidur, menonton televisi di ruangan yang kurang pencahayaan, dan sebagainya. Kebiasaan-kebiasaan tersebut tak hanya menyebabkan penglihatan menjadi kabur, tetapi lama-kelamaan dapat memicu beragam gangguan mata, seperti mata minus, katarak, dan glaukoma.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu. Beberapa jenis makanan dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi yang di butuhkan oleh mata. Selain itu, makanan-makanan ini juga mencegah terjadinya gangguan mata, seperti rabun, katarak, dan penglihatan mengabur.

Berikut beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kesehatan mata:


1. Wortel

Sudah pasti wortel menjadi salah satu sumber nutrisi untuk mata. Warna orange pada wortel karena adanya kandungan beta karoten yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, wortel juga mengandung tinggi vitamin A yang berguna melindungi retina dan bagian  mata lainnya.

2. Tomat

Rasanya tidak lengkap jika tidak memasukkan tomat dalam daftar makanan yang menyehatkan mata. Yup, tomat kaya akan kandungan likopen serta vitamin C. Kedua kandungan tersebut merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata.

3. Sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, dan kale

Beberapa sayuran hijau, khususnya bayam dan brokoli sangat berperan dalam meningkatkan kesehatan mata. Di dalam brokoli terkandung sejumlah nutrisi yang terdiri dari vitamin C, lutein, kalsium, sulforaphane, dan zeaxanthin.

Begitu pula dengan bayam dan kale yang merupakan sumber vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan beberapa nutrisi lainnya. Kandungan lutein dan zeaxanthin ini berperan aktif mencegah gangguan mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

4. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu rempah-rempah dengan sejuta manfaat. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam bawang putih dapat melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Selain itu, bawang putih juga mengandung quercetin, selenium, dan vitamin C. Kandungan-kandungan tersebut dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Namun yang perlu anda perhatikan, bawang putih dapat memberikan efek panas di dalam perut. Jadi, lebih baik anda mengonsumsinya setelah diolah atau dimasak.

5. Telur

Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang dapat meningkatkan stamina tubuh. Di dalam telur terkandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh mata, seperti vitamin A, vitamin B12, vitamin D, zink, lutein, cysteine, dan lecithin.

6. Ubi jalar

Selain wortel, sumber beta karoten juga terdapat pada ubi jalar. Kandungan ini berpotensi meningkatkan penglihatan mata. Di samping itu, ubi jalar juga mengandung vitamin C yang berguna menjaga kesehatan organ mata.

7. Biji bunga matahari

Cemilan yang satu ini mengandung vitamin E dan selenium yang mampu menjaga kesehatan mata dan mencegah katarak.

8. Alpukat

Alpukat adalah buah yang mengandung asam lemak tak jenuh. Kandungan ini membantu mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam darah dan menjaga kesehatan pembuluh darah. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin A, vitamin B6, vitain C, vitamin E, dan lutein. Kandungan tersebut berguna untuk menutrisi mata dan mencegah gangguan mata, seperti degenerasi makula dan katarak.

Demikianlah beberapa makanan yang berguna untuk kesehatan mata. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat.

tips sehat anak bayi dan balita