Keluarkan Racun Dari Dalam Tubuh Dengan 9 Makanan Ini

detoks tubuh dengan 9 makanan ini
Detoksifikasi adalah proses pengeluaran racun atau toksik dari dalam tubuh melalui ginjal, hati, sistem pencernaan, dan kulit. Biasanya racun-racun ini dikeluarkan dalam beberapa bentuk, yaitu feses, keringat, pernafasan, dan urin.

 Ada beberapa faktor yang memicu penumpukan racun di dalam tubuh, seperti mengonsumsi makanan yang mengandung zat-zat sintesis, makanan berkolesterol tinggi, atau akibat gangguan metabolisme . Apabila racun dari makanan ini menumpuk di dalam tubuh, maka lama-kelamaan dapat memicu gangguan kesehatan.

Salah satu cara untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh adalah melalui sistem detoksifikasi. Sebenarnya, organ-organ tubuh manusia (seperti ginjal, hati, usus, paru-paru, dan kulit) sudah memiliki sistem detoksifikasi alami. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, maka kinerja organ-organ internal dalam menyaring racun dari dalam darah menjadi lebih optimal.

Berikut 9 makanan yang dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh:


1.    Apel

Apel adalah buah favorit sebagian besar orang. Selain rasanya manis dan segar, apel juga berpotensi mengeluarkan racun dari dalam darah. Kandungan pektin di dalam apel berguna untuk mengikat logam berat serta kolesterol jahat, lalu mengeluarkannya dari dalam tubuh. Mengonsumsi buah apel secara rutin membantu menjaga darah tetap bersih.

2.   Seledri

Sayuran yang sering dijadikan bahan campuran sup ini ternyata memiliki kemampuan menyaring racun dari dalam darah. Seledri berperan sebagai pembersih dan penetralisir darah. Selain itu, seledri juga mengandung senyawa anti kanker yang berguna sebagai deoksifikasi sel-sel kanker.

3.   Alpukat

Siapa bilang alpukat dapat menggemukkan badan? Jika anda berpikiran demikian, maka dugaan anda tidak sepenuhnya benar.
Alpukat kaya akan kandungan asam lemak tak jenuh yangg dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di darah dan melebarkan pembuluuh darah. Di samping itu, alpukat juga mengandung glutathione yang dapat mengeluarkan zat-zat karsinogenik (zat pemicu kanker) dari dalam tubuh.

4.   Kubis

Kandungan alami di dalam kubis berguna untuk membersihkan darah dari racun (seperti racun dari rokok), membersihkan saluran pencernaan, anti kanker, dan anti oksidan yang melindungi tubuh dari efek radikal bebas.

5.   Bawang putih

Bawang putih adalah rempah-rempah yang dikenal dengan segudang manfaatnya. Di dalam bawang putih terkandung tinggi antioksidan yang dapat mencegah kanker, membersihkan penyumbatan plak pada pembuluh arteri, serta membersihkan darah dari zat-zat beracun. Selain itu, bawang putih juga berguna untuk mengeluarkan virus, bakteri dan parasit berbahaya lainnya dari dalam darah dan usus. Anda dapat mengonsumsi bawang putih dengan diolah atau mencampurkannya dengan bahan makanan lainnya.

6.   Air putih

Salah satu cara detoksifikasi paling mudah adalah dengan rutin mengonsumsi air putih. Dengan mengonsumsi air putih, maka racun akan dikeluarkan dalam bentuk urin atau keringat. Pengonsumsian air putih yang disarankan adalah 7-8 gelas perhari.

7.    Pepaya

Pepaya juga merupakan salah satu buah yang berperan efektif mengeluarkan racun dari dalam darah. Kandungan di dalam pepaya juga membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas, seperti polusi udara.

8.   Lemon

Buah berasa asam ini memiliki kandungan vitamin C yang dapat membentuk zat glutathione, yaitu zat yang berperan sebagai pembersih darah dari racun. Oleh karena itu, tidak ada salahnya sesekali mengonsumsi lemon untuk detoksifikasi darah secara alami.

9.   Buah Bit

Bit adalah salah satu buah yang telah dikenal dengan segudag manfaatnya untuk kesehatan. Buah berwarna merah ini memiliki kandungan pectin dan betaine yang berperan dalam melindungi sistem pencernaan dan organ hati. Di samping itu, bit juga dapat membantu pengeluaran racun yang mengendap di dalam darah.


Demikianlah 9 makanan yang berperan sebagai detoksifikasi alami. Ingat, biasakanlah hidup sehat sejak dini agar kelak anda tak menyesal di hari tua.

**
tips sehat anak bayi dan balita