Girls, Inilah 6 Hal Penting yang Kamu Siapkan Sebelum Menikah

apa yang harus dipersiapkan sebelum menikah
Setiap wanita pasti memimpikan pernikahan dalam di hidupnya. Tentunya, kita berharap pernikahan itu cukup sekali dalam hidup dan dapat bertahan hingga masa tua. Sayangnya, banyak sekali terjadi kasus cerai dan nikah lagi di masyarakat. Mengapa demikian? Karena menjalani pernikahan memang tak semudah yang dibayangkan.

Ada berbagai faktor yang mempengaruhi keutuhan rumah tangga, salah satunya kesiapan wanita menjadi seorang istri. Tidak cukup hanya bermodalkan cinta, wanita juga harus memiliki kemampuan lainnya, seperti memasak dan mengurus suami.

Nah, saat ini kamu termasuk orang yang sedang mempersiapkan pernikahan, maka sebaiknya pelajari hal-hal yang perlu disiapkan untuk menjadi seorang istri.

Berikut 6 hal penting yang harus disiapkan sebelum menikah:

1.    Kasih sayang tetap menjadi modal utama untuk menjadi seorang istri

Bagaimanapun juga, kasih sayang dan cinta tetap menempati posisi utama sebagai modal untuk menjadi istri. Membangun rumah tangga tanpa didasari rasa cinta akan terasa hambar. Akibatnya, tanggung jawab sebagai seorang istri pun juga cenderung dilakukan tanpa keikhlasan. Tidak ada kehangatan, tidak ada kesenangan, hanya sebatas melakukan kewajiban masing-masing.

2.   Kejujuran dan sikap saling mempercayai itu perlu!

Kejujuran adalah pondasi dalam membangun rumah tangga. Segala sesuatu yang diawali dengan kebohongan pasti tidak akan berakhir baik. Suatu kebohongan kecil akan berkembang kebohongan besar. Begitu seterusnya, hingga kepercayaan diantara kalian pun perlahan memudar. Lalu untuk apa menikah tanpa didasari rasa saling percaya?

Jika kelak kamu menjadi seorang istri, belajarlah untuk selalu berkata jujur dan lebih terbuka. Selain itu, cobalah berikan kepercayaan kepada suamimu dan jangan bersikap posesif secara berlebihan. Begitupun dengan suami, sayangilah istrimu apa adanya.

3.   Jangan egois! Belajarlah untuk berkompromi

Setiap manusia pasti memiliki perbedaan. Menikah adalah salah satu cara untuk menerima perbedaan tersebut dan berusaha saling melengkapi. Oleh karena itu, hindarilah sifat egois di dalam rumah tangga.

Berusahalah untuk memahami karakter pasanganmu. Apabila terjadi suatu konflik diantara kalian, cobalah untuk berkompromi. Jangan mempertahankan ego masing-masing. Ingat, setiap rumah tangga pasti dirudung konflik. Dan salah satu cara untuk mengatasi hal itu adalah dengan belajar berkompromi.

4.   Belajar mengatur finansial

Tugas seorang istri nggak cuma bersolek di depan cermin dan memasak, tetapi istri juga harus pandai mengatur finansial. Saat ini, kita hidup di zaman yang serba mahal. Oleh karena itu, seorang istri yang berkewajiban mengurus segala keperluan rumah tangga harus pandai mengatur uang.

Jika kamu memiliki waktu luang, cobalah untuk membuka usaha kecil-kecilan untuk membantu keuangan rumah tangga. Usaha ini kelak dapat menjadi investasi kalian di masa depan. Selain itu, cobalah mengurangi membeli barang yang tidak perlu. Akan lebih baik jika kamu menabung kelebihan uang yang ada.

5.   Kamu nggak harus jadi pembantu, namun kamu tetap harus belajar mengurus rumah

Sebagian besar wanita modern saat ini cenderung menyewa pembantu untuk membersihkan dan mengurus rumah mereka. Mengapa demikian? Bisa saja karena dia sibuk berkarir di luar rumah atau mungkin tidak ingin dianggap sebagai pembantu.

Sebenarnya tidak masalah jika kamu menyewa pembantu, asalkan keuangan kalian mencukupi. Tetapi jika tidak, cobalah belajar mengurus rumah sendiri.
Apabila rumah bersih, rapi, dan nyaman, maka suami pun juga akan betah di rumah.

6.   Meski terdengar klasik, nyatanya setiap isri harus bisa memasak

Nggak bisa masak? Belajar pelan-pelan dong!
Percayalah, masakan istri adalah salah satu kunci untuk membahagiakan suami dan membuatnya semakin mecintaimu. Nggak perlu masakan yang rumit, kamu bisa memulai dengan masakan yang gampang dulu, seperti nasi goreng atau sup. Seiring berjalannnya waktu, cobalah perlahan-lahan mempraktekkan menu baru.

Itulah 6 hal penting yang harus disiapkan sebelum menikah. Jadi, apakah kamu sudah memiliki ke-6 hal tersebut? Jika iya, selamat! Berarti kamu sudah siap menuju gerbang pernikahan. Namun jika tidak, kamu bisa belajar secara perlahan.

 **
tips sehat anak bayi dan balita