Sulit Buang Air Besar, atasi hanya dengan 10 cara ini!

mengatasi sembelit  atau susah BAB hanya dengan 10 cara ini
Sembelit atau konstipasi merupakan keadaan di mana seseorang mengalami susah buang air besar. Pada kondisi ini, gerakan usus menjadi lebih sulit karena tekstur tinja yang cenderung keras dan sulit. Meskipun telihat sepele, namun menderita sembelit membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Dan apabila sembelit tidak segera ditangani, maka bisa mempengaruhi sistem sistem pencernaan.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab sembelit, yaitu kurangnya konsumsi serat, efek obat-obatan, sering menahan BAB, dan kurang olahraga. Untuk mengatasi sembelit, anda tidak harus selalu mengonsumsi obat-obatan pencahar. Anda dapat mencoba cara-cara alami untuk mengatasi sembelit.

Nah, berikut 10 cara alami untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar:


1. Perbanyak konsumsi air

Dehidrasi merupakan penyebab paling umum dari sembelit. Pada saat tubuh mengalami dehidrasi, maka akan terjadi peningkatan penyerapan air di dalam usus besar. Hal ini menyebabkan tinja menjadi kering dan keras. Oleh karena itu, perbanyaklah konsumsi air putih, 8-10 gelas sehari.

2. Konsumsi Yogurt

Mengonsumsi yogur juga dapat membantu melancarkan pencernaan. Kandungan prebiotik di dalam yogurt dapat meningkatkan kesehatan usus, membantu penyerapan makanan, meningkatkan imunitas, dan mencegah terjadinya sembelit.

3. Jangan menahan BAB

Kebiasaan menahan BAB juga menjadi salah satu penyebab sembelit. Menahan buang air besar terlalu lama dapat menyebabkan menempelnya makanan yang tidak tercerna pada lapisan usus, sehingga memicu sembelit.

4. Perbanyak konsumsi makanan berserat

Makanan berserat menjadi solusi utama untuk mengatasi sembelit. Makanan berserat seperti, biji-bijian, buah, dan sayuran dapat mempermudah gerakan usus halus dan melancarkan pencernaan. Anda juga bisa menyertakan sereal, roti, dan gandum di dalam menu makan harian anda.

5. Perbanyak bergerak

Duduk diam setelah makan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan makanan di dalam usus tidak dapat tercerna dengan baik. Oleh karena itu, usahakan untuk berjalan sebentar, setidaknya satu putaran setelah makan. Anda juga bisa melakukan olahraga, seperti berenang sebanyak 3 kali dalam seminggu agar tubuh menjadi fit.

6. Hindari konsumsi makanan cepat saji (fast food)

Kentang goreng, keripik, burger, donat, kue-kue, makanan gorengan, dan roti putih merupakan jenis makanan yang susah dicerna oleh usus. Oleh karena itu, sebaiknya batasi mengonsumsi makanan cepat saji, dan perbanyak konsumsi makanan yang lebih ringan dicerna usus.

7. Terapi dengan ekstra kunyit segar

Kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang berkhasiat dalam mengatasi sembelit. Kandungan senyawa kurkumin di dalam kunyit dapat melindungi dinding usus dan merangsang pengeluaran kotoran dari usus. Meminum ekstra kunyit segar juga melindungi tubuh dari efek radikal bebas.

8. Makan secara teratur

Makan tidak teratur dapat mengganggu gerakan usus dan memicu terjadinya sembelit. Sangat dianjurkan untuk makan secara teratur untuk menjaga agar perut tetap aktif sepanjang hari. Konsumsilah makanan dalam kadar seimbang, jangan berlebihan atau terlalu sedikit. Dan usahakan agar jadwal makan teratur.

9. Atur jadwal BAB

Pada umumnya, tiap orang mempunyai jadwal BAB khusus setiap harinya. Misalnya, ada yang setiap pagi, siang, atau malam sebelum tidur. Usahakan untuk konsisten dan jangan menunda-nunda jika anda memang ingin buang air besar.

10. Konsumsi jus lemon

Buah berasa asam ini berguna sebagai stimulan yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Mengonsumsi buah lemon membantu mengeluarkan sisa makanan di usus besar serta racun-racun dari dalam tubuh. Anda dapat meminumnya dengan cara mencampurkan perasan lemon dalam secangkir air hangat. Jus lemon dipercaya dapat mengatasi masalah sembelit.

Cara-cara pengobatan sembelit di atas mungkin akan memberikan efek yang berbeda-beda untuk setiap orang. Beberapa orang akan merasakan khasiatnya dengan cepat, namun mungkin saja ada yang lebih lama Apabila cara-cara di atas belum dapat menyembuhkan sembelit yang anda derita, maka segeralah berkonsultasi ke dokter.

tips sehat anak bayi dan balita