Awas, bagi anda yang kebiasaan duduk menyilangkan kaki

Berbahayakah duduk sambil menyilangkan kaki?
Apakah anda salah satunya orang yang punya kebiasaan duduk bersilang? Yup, duduk bersilang kerapkali menjadi kebiasaan sebagian besar orang, terutama kaum wanita. Banyak orang lebih suka duduk bersilang dengan alasan untuk kenyamanan.

Namun tahukah anda, ternyata kebiasaan duduk bersilang ini tidak baik untuk kesehatan. Menurut beberapa penelitian, duduk menyilangkan kaki akan memberikan tekanan pada satu titik yang memicu gangguan saraf. Tapi, benarkah pertanyaan tersebut? Nah, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Berikut beberapa bahaya duduk menyilangkan kaki:


1.  Gangguan pada saraf kaki

Terlalu lama duduk dengan posisi menyilangkan kaki dapat menyebabkan penekanan saraf pereneal, yaitu saraf utama yang ada di kaki.  Seorang pakar penyakit kaki, Richard Gaves menjelaskan bahwa gangguan saraf ini dapat menjalar ke daerah bawah lutut hingga menyebar ke luar kaki. Apabila keadaan ini terus-menerus berlangsung, maka bisa mengakibatkan mati rasa dan kelumpuhan sementara pada otot-otot di paha dan kaki.

Sedangkan penelitian di Korea Selatan mengungkapkan bahwa risiko terjadinya gangguan saraf akibat duduk menyilangkan kaki cukup kecil. Namun apabila seseorang duduk menyilangkan kaki selama berjam-jam di lantai, kemungkinan gangguan saraf tersebut dapat muncul.

2.  Sakit leher dan punggung

Seorang ahli ortopedi, Vivian Eisenstadt mengungkapkan bahwa kebiasaan duduk menyilangkan kaki dapat memicu sakit leher dan punggung. Ketika seseorang duduk menyilangkan kaki terlalu lama, maka tekanan pada tulang belakang akan semakin besar. Selain itu, kondisi ini juga mengakibatkan terjadinya rotasi tulang panggul.

3.  Memicu kenaikan tekanan darah

Pada saat seseorang duduk menyilangkan kaki terlalu lama, maka peredaran darah dari kaki ke jantung akan mengalami sedikit hambatan. Sehingga memicu kenaikan tekanan darah. Pernyataan ini telah dibuktikan dengan 7 penelitian yang dilakukan pada tahun 2010, dimana hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa duduk menyilangkan kaki menghasilkan pengukuran yang lebih tinggi untuk tekanan darahnya.

Salah satu penelitian yang dilakukan di Istambul juga menemukan bahwa tekanan darah akan naik pada saat orang duduk dengan kaki disilangkan. Namun kenaikan tekanan darah ini tidak berlangsung lama, melainkan hanya sekitar  3 menit. Hingga saat ini, tidak ada konsekuensi jangka panjang yang berhasil dibuktikan.

Namun, risiko ini akan semakin besar pada orang-orang yang mengidap hipertensi dan seseorang yang rentan mengalami penggumpalan darah. Mereka tidak disarankan untuk duduk menyilangkan kaki karena bisa menyebabkan hambatan aliran darah, atau yang biasa disebut deep vein thrombosis.

4.  Memicu terjadinya Varises

Varises merupakan keadaan dimana darah yang seharusnya mengalir ke jantung, malah kembali vena. Hal ini terjadi akibat katup vena melemah atau rusak dan dinding vena menjadi renggang. Biasanya varises ditandai dengan terjadinya pembengkakan pada pemuluh vena. Terdapat beberapa faktor yang dianggap sebagai pemicu varises, seperti kehamilan, keturunan, paparan sinar matahari, dan kebiasaan duduk yang terlalu lama.

Memang, hingga saat ini belum diketahui secara pasti efek duduk menyilangkan kaki terhadap terjadinya varises. Namun seorang kardiologis dari Cedars Sinai Medical Center, Hooman Madyoon mengungkapkan bahwa posisi duduk menyilangkan kaki dapat menyebabkan varises.

Dari penjelasan diatas, kini kita mengetahui bahwa duduk menyilangkan kaki dapat memicu beberapa gangguan kesehatan. Walaupun efeknya tidak terlalu signifikan, namun alangkah baiknya jika menghindari kebiasaan duduk menyilang terlalu lama.

Yang jelas, bagaimanapun posisinya, sebaiknya jangan duduk terlalu lama. Selingi dengan berjalan beberapa sesaat. Karena duduk terlalu lama dapat menjadi awal dari munculnya berbagai penyakit degeneratif.

tips sehat anak bayi dan balita