Perut Buncit Bikin Gak Pede? Atasi Dengan 7 Cara Efektif Ini

cara efektif mengecilkan perut buncit
Perut buncit kerapkali menjadi masalah yang sering dialami sebagian besar masyarakat. Kondisi perut yang buncit tentu tidak hanya merusak penampilan, tetapi juga menjadi tanda adanya gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung.

Gaya hidup yang tidak sehat, terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak tinggi, dan gangguan pencernaan adalah faktor yang memicu perut menjadi buncit. Daam dunia medis, perut buncit digolongkan sebagai masalah obesitas (kegemukan).

Lalu bagaimana bila perut sudah terlanjur buncit? Apakah tidak bisa dikecilkan kembali? Tenang saja, ada banyak cara yang dapat kalian lakukan untuk mengecilkan perut buncit, mulai dari olaharaga, diet, dan mengonsumsi makanan tertentu.

cara efektif mengecilkan perut buncit


 Nah, berikut 7 cara efektif mengecilkan perut buncit:


1.    Diet sehat

Sebagian besar orang memilih cara diet untuk mengecilkan perut. Memang diet adalah cara yang cukup efektif untuk menurunkan berat badan sekaligus mengecilkan perut. Kendati demikian, jangan melakukan diet terlalu ketat.

Lakukan pola diet sehat dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran. Selain itu selingi juga dengan makanan berprotein, seperti ikan, kacang-kacangan, telur, serta daging tanpa lemak.

2.   Olahraga

Salah satu cara yang paling ampuh mengecilkan perut buncit melalui latihan kardio, seperti berenang, jalan kaki, jogging, atau bersepeda. Selain itu, agar hasil yang diperoleh lebih optimal, anda dapat melakukan beberapa olahraga tambahan, misalnya ball crunch, sit up, dan bycicle exercise. Latihan-latihan ini terbukti ampuh untuk membakar lemak di perut, sehingga perut kembali kecil.

3.   Batasi konsumsi makanan cepat saji

Kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji adalah pemicu perut buncit. Hal ini dikarenakan sebagian besar makanan cepat saji mengandung lemak jenuh yang dapat menumpuk di dalam perut. Oleh karena itu, sebaiknya batasi konsumsi makanan cepat saji, seperti pizza, burger, steak, soda, makanan kaleng, dan sebagainya.

4.   Batasi konsumsi makanan berlemak

Makanan tinggi lemak, seperti kulit daging ayam, susu tinggi lemak, jeroan, dan makanan berminyak atau bersantan juga bisa memicu perut buncit. Memang tubuh kita membutuhkan lemak, tetapi mengonsumsi lemak secara berlebihan menyebabkan dampak negatif, seperti obesitas dan perut buncit.

5.   Konsumsi air putih 7-8 gelas perhari

Air putih memang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita, salah satunya melancarkan pencernaan. Apabila pencernaan anda lancar, maka sisa metabolisme mudah dikeluarkan dari tubuh. Dengan demikian, risiko lemak menumpuk dan perut buncit juga berkurang.
Disamping itu, air putih juga membantu proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh, menjaga elastisitas serta keremajaan kulit.

6.   Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran

Selain air putih, buah-buahan dan sayuran juga bisa mengatasi perut buncit. Buah-buahan dan sayuran mengandung serat yang dapat melancarkan proses pencernaan. Dengan demikian, timbunan lemak di tubuh dapat dikeluarkan.

7.    Hindari ngemil di malam hari

Anda mungkin sudah tidak asing mendengar alasan ini. Yuph, ngemil di malam hari adalah salah satu penyebab perut buncit. Makanan yang dikonsumsi diatas jam 10 malam, cenderung ditimbun dalam bentuk lemak di dalam tubuh. Oleh karena itu, coba kendalikan keinginan anda untuk mengemil di malam hari, dan sebaiknya ganti dengan mengonsumsi air putih.

Itulah 7 cara untuk mengecilkan perut buncit. Mulai sekarang, apabila kamu anda atau keluargamu menderita perut buncit, jangan menganggap kondisi tersebut sebagai tanda kemakmuran. Sebab, perut buncit adalah awal dari munculnya penyakit berbahaya. Segera lakukan tindakan pencegahan dan pengobatan dengan menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat.

tips sehat anak bayi dan balita