7 Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil di Usia Muda

nutrisi yang baik untuk ibu hamil muda
Kehamilan adalah hal yang sangat didambakan dan paling ditunggu-tunggu oleh para wanita setelah menikah. Pasalnya, kehidupan keluarga tidak akan lengkap tanpa hadirnya seorang buah hati.

Sayangnya, menjaga kehamilan bukanlah hal yang mudah. Beberapa orang dengan fisik yang lemah cenderung rentan mengalami keguguran. Selain itu, perubahan hormonal yang dialami ibu hamil pada tiga kehamilan juga mempengaruhi stamina ibu dan kesehatan janin.

Nah, untuk mencegah terjadinya hal-hal negatif pada janin, maka dibutuhkan nutrisi yang cukup bagi ibu hamil. Pemberian nutrisi ini bertujuan untuk membantu pertumbuhan dan pembentukan janin.

Berikut beberapa sumber nutrisi yang diperlukan ibu hamil di usia muda :


Pisang

Buah pisang memiliki berbagai kandungan nutrisi, mulai dari serat, asam folat, potasium, vitamin B6, dan vitamin C. Ibu hamil disarankan mengonsumsi pisang untuk mengurangi rasa mual. Selain itu, kandungan asam folat dalam pisang juga membantu perkembangan sel otak bayi.

Sayuran hijau

Sayuran memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Sayurang berwarna hijau, seperti bayam dapat mengurangi rasa mual. Selain itu, kandungan zat besi di dalam sayuran juga membantu produksi hemoglobin di dalam tubuh.  Sedangkan kandungan mineral dan vitamin memenuhi asupan nutrisi bagi ibu dan janin.

Susu untuk ibu hamil

Salah satu asupan nutrisi  disarankan kepada ibu hamil adalah susu. Kandungan mineral dan protein di dalam susu membantu perkembangan dan pertumbuhan janin, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, transportasi oksigen ke janin, dan pembentukan otot.

Ibu hamil dapat mengonsumsi susu kedelai untuk meningkatkan asupan vitamin D bagi tubuh. Di samping itu, juga banyak jenis susu lainnya yang dikhususkan untuk ibu hamil.

Alpukat

Selain rasanya enak, buah alpukat juga mengandung tinggi nutrisi sehingga baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Alpulkat memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Di samping itu, buah alpukat juga mengandung asam folat, serat, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin K. Kandungan nutrisi ini membantu menjaga kesehatan kehamilan dan janin.

Kacang-kacangan

Salah satu gangguan yang sering dialami ibu hamil adalah masalah pencernaan, seperti sembelit atau susah buang air besar. Hal ini disebabkan rahim yang semakin tertekan oleh kehamilan yang semakin besar. Kacang-kacangan dapat membantu mengatasi sembelit Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung asam folat dan zat besi yang menunjang perkembangan janin.

Telur

Telur adalah sumber protein yang tinggi dan sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Di dalam kuning telur terkandung zat kolin yang sangat penting dalam membantu perkembangan otak janin. Kandungan zat kolin ini juga terdapat di beberapa sumber makanan lainnya, seperti kacang kedelai, susu, dan daging sapi.

Nasi merah

Ibu hamil muda juga disarankan untuk mengonsumsi nasi merah. Di dalam nasi merah terkandung zat besi, vitamin B, dan kaya akan serat. Kandungan zat besi dibutuhkan untuk menunjang perkembangan janin, sedangkan vitamin B untuk meningkatkan produksi sel darah merah dan kesehatan sistem syaraf. Selain itu, nasi merah juga memiliki indeks glikemik yang rendah (kadar gula lebih rendah dibandingkan nasi putih), sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Itulah 7 sumber nutrisi yang dibutuhkan bagi ibu hamil. Selain meningkatkan asupan nutrisi, menjaga kesehatan psikis atau mental ibu hamil juga penting. Apabila kondisi ibu hamil terlalu stres, maka risiko terjadinya cacat janin juga semakin besar. Oleh karena itu, pada masa kehamilan cobalah menjaga kesehatan fisik maupun mental.

tips sehat anak bayi dan balita