Berhati-Hatilah, Ternyata Tidur Dengan Lampu Menyala Berbahaya!

Ternyata Tidur Dengan Lampu Menyala Berbahaya!
Tidur adalah salah satu aktivitas alamiah yang pasti dibutuhkan setiap manusia. Dengan tidur, maka tubuh dan pikiran dapat beristirahat sejenak dari penat dan rasa lelah. Sehingga nantinya tubuh menjadi fresh kembali.

Tidur yang baik adalah tidur yang berkualitas. Ada banyak hal yang mempengaruhi kualitas tidur seseorang, mulai dari lamanya waktu tidur, kondisi ruangan, tempat tidur, dan faktor pencahayaan.


Beberapa orang terbiasa tidur dengan lampu menyala. Biasanya mereka merasa nyaman dengan kondisi lampu yang terang. Namun nyatanya, tidur dengan lampu menyala dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh, lho!

Tidur Dengan Lampu Menyala sangat Berbahaya!

Nah, berikut beberapa dampak negatif apabila kita tidur dengan lampu menyala:


Menghambat produksi hormon melatonin

Melatonin merupakan hormon tidur yang membantu tubuh untuk beristirahat dengan nyenyak. Produksi hormon melatonin ini dapat berlangsung optimal apabila lampu padam. Apabila anda tidur dalam kondisi lampu menyala, maka produksi hormon melatonin juga terhambat. Akibatnya kualitas tidur pun menurun.

Di samping itu, hormon melatonin juga  membantu tubuh dalam mencegah penyakit tumor dan kanker. Meskipun demikian, bukan berarti saat kita tidur dengan lampu menyala, maka kita terserag tumor atau kanker. Masih banyak faktor lainnya yang memicu penyakit kanker, seperti makanan cepat saji, merokok, dan alkohol.

Memicu gangguan tidur, seperti terbangun di tengah malam

Selain menghambat produksi hormon melatonin, lampu yang menyala juga memicu gangguan tidur, seperti terbangun di malam hari. Apabila hal ini terjadi secara terus-menerus, maka tidak menutup kemungkinan anda akan terserang insomnia atau susah tidur di malam hari.

Mudah ngantuk dan tubuh menjadi lemas

Seperti yang telah dijelaskan diatas, pengunaan lampu yang menyala saat tidur akan mempengaruhi kualitas tidur. Seseorang akan sering terbangun di malam hari hingga memicu terjadinya insomnia. Tentu saja hal ini menyebabkan kita mudah mengantuk dan tubuh menjadi lemas saat di pagi hari. Akibatnya, produktifitas dalam bekerja akan menurun.

Lampu dengan radiasi buruk dapat menyebabkan gangguan mata

Tidur dengan lampu menyala juga memberikan dampak buruk terhadap mata. Cahaya lampu yang silau dapat menyebabkan kelopak mata menjadi tegang, serta memicu gangguan mata lainnya seperti mata merah.

Selain itu, kualitas lampu yang digunakan pada kamar juga mempengaruhi kesehatan mata. Lampu dengan tingkat radiasi tinggi akan berdampak buruk pada mata. Oleh karena itu, sebaiknya berhati-hatilah dalam memilih cahaya penerangan. Gunakan lampu dengan tingkat radiasi rendah, sehingga aman untuk mata.

Meningkatkan peluang terjadinya despresi

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa tidur dengan lampu menyala dapat memicu terjadinya despresi. Ketika lampu menyala, pikiran cenderung tidak dapat beristirahat total. Akibatnya, tidurmu tidak akan nyenyak karena memikirkan banyak hal.

Memicu gangguan metabolisme tubuh

Dampak negatif lainnya dari tidur dengan lampu menyala adalah gangguan metabolisme. Apabila metabolisme terganggu, maka asupan nutrisi tubuh juga tidak optimal. Efeknya, kekebalan tubuh menjadi menurun, tubuh cenderung lemas, mudah lelah, dan konsentrasi menurun.

**
Itulah beberapa dampak negatif apabila tidur dengan lampu menyala. Meskipun berbahaya, namun tidak semua orang mengalami dampak negatif ini. Ada beberapa orang yang malah nyaman dan dapat tidur nyenyak dengan kondisi lampu menyala.

Yang terpenting jangan gunakan lampu yang terlalu terang. Ada baiknya jika anda memilih lampu dengan cahaya redup atau remang-remang. Sehingga produksi melatonin juga tetap optimal.
tips sehat anak bayi dan balita