3 Tips Menghilangkan Komedo Secara Efektif

cara alami hilangkan Komedo
Salah satu masalah yang seringkali dialami oleh para remaja adalah munculnya komedo. Komedo merupakan jenis jerawat yang muncul karena produksi minyak berlebihan, penumpukan sel-sel kulit mati, kotoran, dan bakteri di dalam pori-pori kulit. Komedo dapat muncul dimana saja, namun lebih sering terlihat di wajah bagian hidung dan dagu.

Pada umumnya, komedo berbentuk benjolan putih atau hitam di permukaan kulit. Terdapat beberapa faktor yang memicu munculnya komedo, yaitu perubahan hormonal,  pengonsumsian obat-obatan tertentu (seperti pil KB), keturunan, peningkatan produksi hormon androgen, efek penggunaan make up, dan jarang membersihkan kulit wajah.

Komedo dapat diatasi secara efektif dengan dengan pengobatan rumah, yaitu memanfaatkan bahan-bahan alami. Selain itu, juga dikombinasikan dengan penerapan gaya hidup yang sehat.

Seperti yang dilansir dalam Thefitindian.com, berikut 3 tips menghilangkan komedo secara alami:


1. Jus lemon

Lemon adalah salah satu bahan kecantikan yang cukup populer dan sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kulit kusam dan menghilangkan komedo.
Lemon mengandung asam sitrat yang berperan ampuh dalam menghilangkan komedo dari akarnya dengan cara memperbesar pori-pori dan mengontrol produksi minyak berlebihan.

Cara pemakaiannya, potong lemon menjadi dua bagian. Kemudian ekstrak lemon dengan cara diremas hingga diperoleh sarinya. Tambahkan sedikit air pada sari lemon. Selanjutnya, oleskan sari lemon pada kulit yang berkomedo dengan menggunakan bola kapas. Terapkan perawatan ini 1 kali dalam sehari. Jangan dilakukan secara berlebihan, karena kandungan asam dalam lemon dapat mengiritasi kulit.

2. Scrubbing dengan beras

Scrubbing adalah solusi utama untuk mengangkat sel-sel kulit mati, dan salah satu pengobatan yang efektif untuk mengatasi komedo pada wajah. Proses scrubbing dapat membantu membuka pori-pori kulit yang tersumbat, menghilangkan kotoran, dan sel-sel mati. Salah satu bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk scrubbing adalah beras. Beras berperan sebagai eksfoliant alami yang dapat mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan komedo.

Cara penggunaannya, pertama anda harus menyiapkan tepung beras. Jika anda tidak mempunyai tepung beras, maka bisa membuatnya sendiri. Caranya:
Ambil segenggam beras dan rendam dalam air bersih
Diamkan selama 1 jam hingga beras melunak
Setelah itu, buang airnya dan haluskan beras dengan diulek
Anda dapat menjemur beras yang sudah halus hingga kering dan menjadi tepung
Alternatif lain, anda dapat langsung menggunakannya tanpa dijemur

Setelah tepung beras tersedia, selanjutnya campurkan 1 sdt madu dengan 1 sdt tepung beras. Aduk hingga menjadi pasta. Oleskan campuran pada daerah kulit yang berkomedo. Tempelkan tisu pada hidung yang berkomedo. Diamkan selama 30 menit. Selanjutnya, tarik tissue dari hidung. Lalu bilas wajah dengan air. Anda bida melakukan perawatan ini 3 kali dalam seminggu.

3. Scrubbing gula dengan minyak zaitun

Gula merupakan salah satu eksfoliant alami yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Sedangkan minyak zaitun dikenal sebagai pelembab alami yang mencegah kulit menjadi kering. Perpaduan antara gula dengan minyak zaitun sangat efektif dalam membuka pori-pori yang tersumbat dan menghilangkan komedo dari permukaan kulit. Perawatan scrub ini aman digunakan oleh anak-anak ataupun orang dewasa yang mempunyai kulit sensitif.

Cara penggunaannya, campurkan 1 sdt gula dengan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam mangkuk. Aduk hingga rata. Terapkan pada daerah yang berkomedo dengan menggunakan sikat gigi. Gosokkan secara lembut selama 5-10 menit. Bilas dengan air dingin hingga bersih. Anda dapat mengaplikasikan perawatan ini 1 kali dalam seminggu dan lihatlah hasil yang nyata.

Demikianlah tips untuk menghilangkan komedo secara alami. Semoga bermanfaat.

tips sehat anak bayi dan balita