5 Tips Memutihkan Wajah Secara Efektif dan Aman

Tips Memutihkan Wajah Secara Efektif dan Aman
Dewasa ini, tren kulit putih banyak digandrungi oleh kalangan remaja dan wanita dewasa. Pasalnya, kecantikan seringkali dikaitkan dengan kulit yang putih dan bersih. Sehingga tidak jarang para wanita berlomba-lomba memutihkan kulit dengan berbagai cara, seperti menggunakan krim pemutih, chemical peeling, facial, serta suntik vitamin C.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa produk-produk kecantikan tersebut mengandung bahan kimia sintesis. Sehingga dalam pemakaian jangka panjang, memungkinkan adanya efek samping dan memicu ketergantungan. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita mencoba solusi yang lebih aman untuk memutihkan kulit. Caranya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Pemakaian bahan alami untuk memutihkan kulit ini terbukti efektif, walaupun membutuhkan waktu untuk prosesnya.  Selain itu juga tidak menimbulkan efek samping.

Berikut 5 tips memutihkan kulit wajah secara efektif dan aman:

1.        Kulit jeruk dan yoghurt

Kulit jeruk dan yoghurt adalah perpaduan efektif untuk membantu memutihkan kulit. Yoghurt mengandung asam laktat yang membantu memutihkan kulit. Jenis yogurt yang disarankan untuk perawatan kulit adalah yogurt tanpa rasa.

Caranya, keringkan kulit jeruk di bawah terik matahari sampai menjadi kering. Selanjutnya, haluskan kulit jeruk hingga menjadi bubuk. Campurkan 1 sdm bubuk kulit jeruk dengan  1 sdm yogurt. Aduk hingga menyerupai pasta. Oleskan campuran ini pada kulit wajah hingga merata. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Untuk hasil yang optimal, gunakan perawatan ini sebanyak tiga kali dalam seminggu.

2.       Yoghurt, tomat dan oatmeal

Tomat adalah buah yang mengandung tinggi aktioksidan dan berguna menangkal radikal bebas serta membantu mencerahkan kulit. Perpaduan ketiga bahan ini adalah pengobatan untuk kulit kusam yang menakjubkan.

Caranya, campurkan 1 sdm oatmeal, 1 sdm jus tomat, dan 1 sdm yogurt. Aduk merata hingga membentuk pasta kental. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air hingga bersih. Gunakan perawatan ini 1 kali dalam seminggu.

3.       Susu, jus lemon, dan madu

Susu adalah salah satu bahan alami yang dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan sejak zaman mesir kuno. Lemon kaya akan vitamin C yang meningkatkan produksi kolagen dan mencerahkan kulit. Sedangkan madu bertindak sebagai agen pelembab alami.

Caranya, campurkan 1 sdm susu, 1 sdm jus lemon, dan 1 sdt madu. Aduk hingga merata, lalu terapkan pada kulit wajah secara menyeluruh. Diamkan selama 30 menit. Terakhir bilas dengan air hingga bersih. Anda dapat menggunakan perawatan ini 1 kali dalam seminggu.

4.      Beras dan air mawar

Beras mengandung vitamin B yang berperan dalam memutihkan kulit. Perpaduan antara beras dengan air mawar adalah solusi efektif untuk mencerahkan kulit.

Caranya, siapkan segenggam beras, cuci, lalu rendam dalam air. Diamkan selama 1 jam hingga beras melunak. Kemudian buang airnya dan haluskan beras sampai menjadi pasta. Campurkan  2 sdm beras halus dengan 1 sdt air mawar. Aduk hingga merata. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Terakhir, bilas dengan air hingga bersih. Anda dapat menggunakan perawatan ini 3 kali dalam seminggu.

5.       Pepaya

Pepaya tidak hanya enak untuk dikonsumsi, tetapi juga dapat memutihkan kulit secara efektif. Kandungan vitamin C di dalam Pepaya berperan membantu mengatasi kulit kusam. Sehingga warna kulit tampak lebih putih dan bersinar.

Caranya, siapkan beberapa potong pepaya. Kemudian haluskan dengan blender. Anda juga dapat menambahkan sedikit jus lemon. Selanjutnya, oleskan pada wajah secara menyeluruh. Dimakan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Anda dapat melakukan perawatan ini 1 kali dalam seminggu.

Demikianlah tips memutihkan wajah secara efektif dan aman. Semoga dapat bermanfaat.

tips sehat anak bayi dan balita