4 Bahan Alami Untuk Menyamarkan Stretch Mark

atasi Stretch Mark dengan bahan alami
Setiap orang pasti ingin mempertahankan kulit yang halus dan bercahaya meski usia bertambah. Sayangnya, faktor usia dan lingkungan seringkali membuat kulit mengalami penurunan kesehatan dan muncul gangguan, seperti stretch mark.

Secara dermatologis dijelaskan bahwa stretch mark merupakan  guratan kulit yang berpola garis-garis memanjang. Biasanya stretch mark muncul di bagian kulit yang mengandung cukup banyak lemak, seperti perut, payudara, ketika, lengan atas, pinggul, bokong, paha, dan punggung. Penyebabnya dapat bervariasi, umumnya disebabkan oleh efek kehamilan. Selain itu, stretch mark juga dikarenakan kenaikan berat badan, efek masa pubertas, faktor genetik, dan kondisi medis (seperti sindrom Marfan).

Beberapa dokter mengatakan jika stretch mark tidak dapat dihilangkan, tetapi dapat disamarkan. Berikut beberapa bahan alami untuk menyamarkan stretch mark:


1. Jus kentang

Kentang adalah salah satu bahan alami yang dapat menyamarkan stretch mark. Kentang mengandung pati yang berperan dalam menenangkan kulit. Selain itu, kandungan antioksidan di dalam kentang juga mencegah dan mengatasi kerusakan sel-sel kulit. Di dalam kentang terkandung berbagai jenis nutrisi yang baik untuk kulit, seperti vitamin C, kalium, tiamin, riboflavin, folat, magnesium, fosfor, zat besi dan seng.

Untuk mengatasi stretch mark, anda dapat menyiapkan satu buah kentang. Iris kentang dengan ukuran tebal. Kemudian, gosokkan secara lembut pada kulit yang mengalami stretch mark. Diamkan selama 10 menit. Setelah itu, cuci dengan air hangat.

2. Gel lidah buaya 

Lidah buaya adalah salah satu solusi yang paling terkenal untuk mengatasi stretch mark. Gel atau lendir pada lidah buaya dipercaya padat menyembuhkan luka, serta mengandung kolagen yang membantu memperbaiki kerusakan kulit. Kolagen adalah salah satu protein yang berperan untuk menjaga elastisitas kulit, mengurangi keriput, garis-garis halus, dan mencegah penuaan kulit dini.
Untuk mengatasi stretch mark, anda dapat mengoleksan gel lidah buaya pada kulit. Diamkan selama 2-3 jam. Kemudian cuci kulit dengan air hingga bersih.

3. Jus lemon 

Jus lemon adalah bahan alami yang kaya manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk stretch mark. Di dalam jus lemon terkandung senyawa alpha hydroxy acids (AHA) dan asam askorbat (vitamin C).

Kandungan vitamin C di dalam lemon berperan dalam membantu produksi kolagen. Dimana kolagen ini berguna untuk menjaga kekencangan dan kesehatan kulit. Lemon juga merupakan obat alami yang mengatasi warna kulit gelap akibat terbakar sinar matahari.
Untuk mengatasi stretch mark, siapkan satu buah lemon. Kemudian, potong lemon menjadi dua bagian. Gunakan salah satu potongan lemon untuk digosokkan pada bagian stretch mark. Diamkan selama 10 menit, lalu cuci kulit dengan air hangat hingga bersih.

4. Putih telur

Anda mungkin sudah sering mendengar pengobatan alami untuk kulit dengan putih telur. Yup, memang benar, putih telur kaya akan protein, vitamin A, dan kolagen yang dapat mengatasi menjaga kesehatan kulit. Putih telur berperan menyamarkan stretch mark dan meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, putih telur juga dapat mencerahkan dan mengatasi komedo pada wajah.

Untuk mengatasi stretch mark, siapkan satu buah telur. Pecahkan, lalu pisahkan bagian kuning dan putih telurnya. Masukkan putih telur ke dalam mangkuk dan aduk. Selanjutnya, oleskan putih telur pada bagian stretch mark. Diamkan kira-kira 15 menit. Setelah itu, cuci kulit dengan air hingga bersih.
Demikianlah 4 bahan alami untuk menyamarkan stretch mark. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

tips sehat anak bayi dan balita