Masker Putih Telur untuk Perawatan wajah

Masker Putih Telur untuk Perawatan wajah
Putih telur adalah makanan tinggi protein yang dikenal manfaatnya untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Pada umumnya, putih telur banyak digemari oleh pegiat fitness karena kandungan protein dan asam aminonya berperan dalam pembentukan otot. Di samping itu, putih telur juga bebas kolesterol dan lemak, sehingga aman dikonsumsi tanpa memicu obesitas.

Selain berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh, ternyata putih telur juga mempunyai banyak manfaat untuk perawatan kulit. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan protein dan berbagai jenis vitamin (vitamin A, vitamin B2, vitamin B5, vitamin B9, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K) di dalam putih telur.

Dewasa kini, banyak kalangan yang memanfaatkan putih telur sebagai masker wajah. Selain murah, masker putih telur juga cenderung aman dibandingkan penggunaan produk kecantikan. Nah, berikut 4 jenis masker putih telur untuk perawatan wajah:

1. Masker putih telur untuk perawatan wajah berjerawat

Terdapat dua macam resep masker putih telur untuk wajah berjerawat, yaitu:

· Masker 1
Campurkan 1 buah putih telur, ½ sdt madu, dan 1 sdt air perasan jeruk nipis ke dalam mangkuk. Tujuan penambahan jeruk nipis adalah untuk mengurangi bau amis dari putih telur. Selanjutnya, cuci wajah dengan air hangat sehingga pori-pori dapat terbuka.
Ambil bola kapas, celupkan pada campuran putih telur dan oleskan pada wajah secara menyeluruh. Hindari pemakaian pada area mata, karena kulit di sekitar mata sangat sensitif. Diamkan pemakaian masker selama 15 menit atau hingga masker mengering. Terakhir, bilas wajah dengan air hingga bersih.

· Masker  2
Campurkan satu buah putih telur, 1 sdt susu, dan 3 sdt madu ke dalam mangkuk. Aduk bahan hingga membentuk pasta. Cuci wajah dengan air hangat terlebih dahulu untuk membuka pori-pori kulit. Selajutnya, gunakan masker pada seluruh wajah dan leher, kecuali daerah di sekitar mata dan mulut. Diamkan hingga masker mengering, lalu cuci wajah dengan air hingga bersih.

2. Masker putih telur untuk memutihkan wajah

Campurkan 1 sdt air jeruk nipis, ½ sdt bubuk kunyit, dan 1 buah putih telur. Aduk semua bahan di dalam mangkuk. Sebelum menggunakan masker, cuci wajah dengan air hangat agar pori-pori terbuka. Lalu oleskan masker pada wajah dan leher. Hindari daerah mata dan mulut. Tunggu hingga merngering, kemudian cuci wajah dengan air hingga bersih.

3. Masker putih telur untuk perawatan wajah berminyak

Campurkan 2 sdm jus lemon dengan 1 buah putih telur. Aduk semua bahan di dalam mangkuk. Sebelum menggunakan masker, cuci wajah dengan air hangat agar pori-pori terbuka. Lalu oleskan masker pada wajah dan leher. Hindari daerah mata dan mulut. Tunggu hingga masker merngering, kemudian cuci wajah dengan air dingin hingga bersih.

4. Masker putih telur untuk menghilangkan komedo

Siapkan satu buah telur. Pecahkan, lalu pisahkan bagian kuning dengan putih telurnya. Selanjutnya, letakkan putih telur di dalam mangkuk. Aduk putih telur hingga berbusa.
Oleskan masker putih telur pada wajah secara merata, hindari daerah mata dan mulut. Kemudian tempelkan tisu pada wajah anda, dan pastikan menempel dengan baik, terutama di bagian hidung. Saat masker sudah mengering, lepaskan tisu dari wajah. Pada saat anda menarik tissue dari kulit, maka komedo akan ikut terlepas dan menempel di tissue.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat masker putih telur untuk perawatan wajah. Semoga dapat bermanfaat.
tips sehat anak bayi dan balita