Khasiat Tomat Untuk Perawatan kecantikan

Khasiat Tomat Untuk kecantikan
Siapa bilang kecantikan hanya dapat diperoleh dari pemakaian produk kosmetik? Jika anda berpikir demikian, maka pemikiran anda adalah kesalahan besar. Produk kosmetik dapat menimbulkan efek samping pada kulit serta menguras isi kantong. Oleh karena itu, anda dapat melakukan alternatif lain yang jauh lebih aman untuk merawat kecantikan kulit.

Salah satu cara aman untuk merawat kecantikan kulit adalah dengan memanfaatkan buah tomat. Khasiat buah tomat untuk kecantikan cukup lama dikenal. Buah tomat kaya akan vitamin (vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin K) dan tinggi likopen. Kandungan di dalam tomat ini tidak hanya membantu mencerahkan kulit, tetapi juga menjaga elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini.

Berikut beberapa khasiat tomat untuk perawatan kecantikan:


1. Mengecilkan pori-pori

Buah tomat dapat dimanfaatkan untuk mengecilkan pori-pori yang terbuka dan membesar pada kulit. Caranya, campurkan 2-4 tetes jus lemon dengan 1 sdm jus tomat. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Terakhir, basuh muka dengan air dingin hingga bersih.

2. Mengatasi jerawat 

Tomat juga dapat berperan mengatasi jerawat dengan mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Caranya, campurkan 1 sdm tomat dengan 1 sdm mentimun. Aduk hingga merata. Kemudian oleskan pada wajah secara menyeluruh. Diamkan selama 30 menit, kemudian basuh muka dengan air dingin hingga bersih.

3. Mengatasi kulit kering

Untuk mengatasi kulit kering, anda dapat menggunakan perpaduan madu, minyak zaitun, dan tomat. Minyak zaitun kaya kandungan vitamin E yang membantu mencerahkan dan melembabkan kulit. Sedangkan madu merupakan agen pelembab alami.
Caranya, campurkan 1 sdm madu, 1 sdt minyak zaitun, dan 1 sdm jus tomat. Aduk merata, lalu oleskan pada wajah hingga merata. Diamkan selama 30 menit. Kemudian basuh wajah dengan air dingin hingga bersih.

4. Mengatasi kulit terbakar karena sengatan matahari

Kandungan likopen yang sangat tinggi di dalam tomat dapat melindungi kulit dari efek sinar ultra violet yang berbahaya. Cara penggunaanya, campurkan  2 sdm jus tomat dengan 3 sdm susu. Oleskan pada wajah secara menyeluruh. Dimakan selama 30 menit, lalu basuh muka dengan air dingin. Perawatan ini dapat membantu mencerahkan dan menenangkan kulit.

5. Mengatasi kulit kusam

Tomat mengandung vitamin A dan vitamin C yang membantu mencerahkan kulit yang kusam. Anda dapat mencampurkan 1 sdm madu dengan 1 sdm jus tomat ke dalam mangkuk kecil. Kemudian aduk hingga merata dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 20 menit, lalu basuh muka dengan air dingin hingga bersih.

6. Membantu mengurangi berat badan

Tomat tidak hanya membantu merawat kulit, tetapi juga dapat mengurangi berat badan. Anda dapat mengonsumsi segelas jus tomat sebanyak 2 kali dalam sehari sebagai menu diet sehat. Usahakan untuk mengkonsumsi jus tomat 10 menit sebelum makan, tujuannya untuk menekan nafsu makan.

7. Perawatan rambut

Tomat juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan rambut anda. Tomat berperan sebagai kondisioner alami yang mengembalikan kilau rambut, meningkatkan pH alami rambut, mengatasi ketombe, dan menjaga warna rambut tetap hitam dan sehat.
Cara penggunaanya, oleskan jus tomat pada rambut yang basah. Pijat selama 30 menit, lalu bilas dengan sampo dan air.

Demikianlah khasiat buah tomat untuk perawatan kulit, rambut, dan tubuh. Penggunaan buah tomat untuk merawat kecantikan ini terbukti aman dan tidak menimbulkan efek samping. Selain itu, mengonsumsi tomat secara rutin juga dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus dan keriput. Jadi tunggu apa lagi? Budayakan hidup sehat dengan mengonsumsi buah tomat.

tips sehat anak bayi dan balita