Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan Rambut

Khasiat Bawang Merah bagi Kesehatan Rambut
Bawang merah adalah salah satu rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bahan penyedap masakan. Di samping sebagai bahan masakan, bawang merah juga diklaim sebagai obat tradisional yang efektif mengatasi kerontokan, ketombe, dan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Hal ini dikarenakan adanya kandungan sulfur di dalam bawang merah.

Sulfur adalah nutrisi yang berperan besar dalam merangsang pertumbuhan rambut dan memperkuat helai rambut. Apabila penggunaan bawang merah dikombinasikan dengan nutrisi rambut lainnya, maka akan merangsang produksi kolagen untuk meningkatkan kesehatan rambut. Metode ini juga akan memelihara folikel rambut, merangsang sirkulasi darah, mencegah infeksi, dan sebagai anti bakteri dan anti jamur,

Penggunaan bawang merah sebagai perawatan rambut ini tidak menimbulkan efek samping. Anda dapat memperoleh rambut panjang dengan cepat tanpa mengeluarkan banyak biaya. Biasanya perawatan dengan bawang merah akan terlihat hasilnya sekitar 3 minggu hingga satu bulan. Anda hanya memerlukan sedikit kesabaran.

Dilansir dari Healthbodytips, berikut beberapa macam masker bawang merah untuk merangsang pertumbuhan rambut:


1. Jus bawang merah dan madu

Madu adalah bahan alami yang membantu mengatasi rambut kering. Perpaduan antara madu dengan bawang merah sangat efektif untuk merangsang pertumbuhan rambut dan memperbaiki kerusakan rambut.

Pertama, anda harus menghaluskan beberapa siung bawang merah dengan blender. Kemudian campurkan 4 sdm jus bawang merah dengan 1 sdm madu. Oleskan merata pada rambut dan tutup rambut dengan handuk selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga rambut bersih.  Masker ini akan menimbulkan bau yang menyegat. Oleh karena itu, setelah pemakaian masker ini, sebaiknya bilas rambut dengan sampo untuk menghilangkan baunya.
Selain dioleskan pada rambut, anda juga dapat menggunakan campuran ini untuk dikonsumsi secara oral.

2. Jus bawang merah dan minyak kelapa

Minyak kelapa adalah obat alami yang berkhasiat menjaga kesehatan rambut dan membuat rambut lebih berkilau. Apabila minyak kelapa dikombinasikan dengan jus bawang merah, maka dapat mengurangi risiko kerontokan rambut dan meningkatkan kekuatan rambut.

Anda cukup mencampurkan 4 sdm jus bawang dengan beberapa tetes minyak kelapa, lalu oleskan pada rambut. Pijat rambut dengan lembut sehingga pori-pori kulit kepala terbuka. Kemudian tutup rambut dengan handuk selama 20 menit. Kemudian bilas dengan sampo hingga bersih.

3. Jus bawang merah dan ramuan rum

Perpaduan antara rum dengan bawang merah bertujuan untuk mengurangi bau menyengat dari bawang merah. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah cincang bawang merah hingga halus. Kemudian tambahkan ½ cangkir rum ke dalam mangkuk yang berisi bawang merah. Diamkan campuran tersebut semalaman. Pada keesokan paginya, saring campuran hingga diperoleh sarinya. Terapkan sari campuran bawang merah dan rum pada  rambut. Pijat kulit kepala dengan lembut, lalu bilas rambut dengan sampo hingga bersih.

Metode di atas cukup efektif untuk merangsang pertumbuhan rambut. Anda dapat menggunakannya 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Biasanya efek dari pemakaian masker bawang merah akan terlihat setelah satu bulan pemakaian.

Anda juga dapat menggunakan bawang merah pada masakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Tapi metode ini akan bekerja lebih lama dan dibutuhkan kesabaran.
Demikian ulasan mengenai khasiat masker bawang merah untuk pertumbuhan rambut. Semoga bermanfaat.

tips sehat anak bayi dan balita