7 Perawatan Alami Untuk Kulit Berminyak

Perawatan Kulit Berminyak
Kulit berminyak adalah salah satu dilema yang paling umum dihadapi oleh sebagian besar orang, terutama para remaja. Kulit berminyak merupakan kondisi di mana kulit memproduksi minyak secara berlebihan untuk mencegah kekeringan. Biasanya bagian kulit yang rentan berminyak adalah hidung, dahi, dan dagu. 

Beberapa penyebab kulit berminyak adalah perubahan hormon saat menstruasi, kehamilan, menopause, dan pil KB. Saat produksi minyak berlebihan, maka kulit lebih cenderung berjerawat. 
Nah, perlu kalian ketahui bahwa kulit berminyak membutuhkan perawatan khusus yang berbeda dari perawatan pada umumnya. Namun anda tidak perlu khawatir, karena perawatan untuk kulit berminyak cukup mudah dan tidak perlu merogoh kocek dalam. Anda cukup melakukannya di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. 

Dikutip dari healthodytips, berikut 7  perawatan alami untuk kulit berminyak: 



1. Cuci wajah 2 kali sehari 

Perawatan yang penting untuk mengatasi kulit berminyak adalah rutin mencuci wajah, yaitu 2 kali dalam sehari. Cobalah untuk mencuci wajah dengan air agak hangat untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit 


2. Pilih pelembab yang tepat 

Hindari menggunakan pelembab sembarangan tanpa memperhatikan kandungannya. Apabila anda memiliki jenis kulit yang berminyak, maka gunakanlah jenis pelembab yang diformulasikan secara khusus. Biasanya pelembab yang mengandung detergen cenderung tidak cocok dengan kulit sensitif. 


3. Lidah buaya 

Lidah buaya adalah salah satu pengobatan efektif untuk mengatasi kulit berminyak. Anda cukup menerapkan gel lidah buaya pada wajah setiap hari. Gunakan selama 15 menit dan diamkan hingga kering, lalu cuci wajah dengan air. Lidah buaya dapat membersihkan kotoran pada pori-pori dan menyerap minyak berlebihan. 


4. Oatmeal 

Oatmeal adalah bahan alami yang bermanfaat menjaga kesehatan kulit tubuh dan wajah. Anda cukup mencampurkan 1 sdt madu dengan 1 sdt oatmeal. Lalu oleskan pada wajah dan diamkan sekitar 20 menit. Selanjutnya, cuci wajah dengan air. Oatmeal dapat mengurangi produksi minyak pada kulit. Anda bisa melakukan perawatan ini 2 hari sekali. 


5. Lemon 

Lemon mengandung vitamin C yang dapat mencegah dan mengatasi bakteri penyebab jerawat. Kandungan di dalam lemon juga berguna untuk mengurangi produksi minyak berlebih. Anda cukup menerapkan campuran jus lemon dengan madu pada wajah. Biarkan masker mengering lalu bilas dengan air. Anda dapat melakukan perawatan ini 3 kali dalam seminggu. 


6. Apel 

Apel merupakan buah dengan berbagai khasiat, baik untuk kesehatan tubuh serta mengatasi minyak berlebih pada kulit. Untuk melakukan perawatan dengan apel, anda dapat mencampurkan 1 sdm jus lemon, ½ cangkir jus apel, dan 1 buah putih telur. Aduk hingga menjadi pasta kental. Lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Terakhir, cuci wajah dengan air. 


7. Putih telur 

Putih telur adalah bahan alami yang berperan mengatasi kulit berminyak secara menakjubkan. Putih telur dapat menyerap minyak berlebihan dan menjadi pelembab alami bagi kulit. Anda cukup menerapkan putih telur pada wajah dan biarkan hingga mengering. Selanjutnya, bilas wajah dengan air hingga bersih. Anda juga bisa menggunakan pembersih wajah ringan setelah pemakaian masker putih telur. 

Demikianlah beberapa perawatan alami untuk kulit berminyak. Selain menerapkan perawatan di atas, anda juga harus memperbanyak konsumsi air putih, buah-buahan,  sayuran, dan makanan tinggi antioksidan (wortel, blueberry, dan bayam). Dan jangan lupa membatasi konsumsi makanan tinggi lemak dan yodium. 

tips sehat anak bayi dan balita