Kulit Indah dengan Baking Soda

manfaat bakingsoda bagi kulit
Baking soda atau lebih dikenal dengan istilah soda kue merupakan bahan makanan yang digunakan dalam proses pembuatan kue. Tujuan penambahan baking soda agar kue dapat mengembang. Selain dimanfaatkan untuk membuat kue, baking soda juga kerap kali digunakan bahan alternatif untuk membersihkan kulit dan gigi. Kandungan di dalam baking soda dipercaya dapat memutihkan dan mencerahkan kulit.

Namun benarkah demikian? Dan apakah pemakaian baking soda untuk perawatan kulit ini cukup aman? Nah, sebelum anda memutuskan untuk menggunakan baking soda untuk perawatan kulit, sebaiknya simak dulu ulasan berikut ini:

Manfaat baking soda untuk perawatan kulit

Baking soda memang telah lama dikenal dan diketahui dapat mencerahkan dan membersihkan kliit. Tak hanya itu, baking soda juga berkhasiat menghilangkan jerawat. Berikut beberapa khasiat baking soda untuk perawatan kulit:

1. Mencerahkan wajah

Baking soda dapat memutihkan wajah, bahkan dikatakan lebih aman dibandingkan produk-produk kecantikan.
· Ambil 1 sdm baking soda dan tambahkan pada 3 sdm air
· Campurkan kedua bahan hingga berbentuk pasta
· Oleskan campuran pada wajah
· Diamkan selama 15 menit hingga masker mengering
· Cuci wajah dengan air
· Keringkan wajah dengan handuk kecil
· Lakukan perawatan 1 kali dalam seminggu

2. Mengatasi jerawat

Baking soda merupakan alternative yang layak dicoba untuk mengatasi jerawat. Penggunaan baking soda ini dapat mengurangi debu dan kotoran yang menempel pada pori-pori wajah.
· Ambil 1 sdm baking soda dan tambahkan pada 3 sdm air
· Campurkan kedua bahan hingga berbentuk pasta
· Oleskan campuran pada bagian yang berjerawat
· Diamkan selama 15 menit hingga masker mengering
· Cuci wajah dengan air
· Keringkan wajah dengan handuk kecil
· Lakukan perawatan 1 kali dalam seminggu, hingga jerawat menghilang

3. Eksfoliasi alami

Baking soda juga berperan sebagai agen eksfoliant alami, yaitu pengelupasan kulit. Sehingga nantinya sel-sel kulit mati akan terkelupas dan membentuk lapisan kulit baru yang sehat.
· Campurkan 1 sdt baking soda dengan pembersih wajah anda
· Oleskan campuran pada wajah
· Diamkan selama 5 menit hingga masker mengering
· Cuci wajah dengan air
· Keringkan wajah dengan handuk
· Lakukan perawatan 1 kali dalam seminggu

Terdapat hal penting yang harus diperhatikan sebelum pemakaian baking soda untuk masker wajah, yaitu:


Setiap orang pasti mempunyai jenis kulit yang berbeda-beda, ada jenis kulit yang sensitif dan rentan mengalami kerusakan. Oleh karena itu, sebelum menggunakan baking soda pada wajah, sebaiknya anda mencobanya terlebih dahulu di tengkuk. Diamkan beberapa saat, apabila anda merasakan sensasi panas, berarti kulit anda tidak cocok dengan baking soda. Dan jika tidak ada keluhan, dimungkinkan kulit anda cocok dengan baking soda.

Efek samping Baking Soda

Di balik manfaatnya, ternyata baking soda juga memiliki efek samping bagi kulit. Baking soda mengandung senyawa alkaline. Kandungan ini dapat memicu kerusakan pada lapisan kulit terluar, di mana lapisan kulit terluar ini berguna untuk melindungi kita dari efek sinar UV.
Baking soda juga dapat mengurangi kelembaban kulit. Dalam pemakaian jangka panjang, kulit akan kehilangan nutrisi sehingga menjadi kering. Di samping itu, baking soda juga dapat memicu pembengkakan, iritasi, dan luka bakar pada kulit. Perhatikan saja, alumunium foil bisa rusak

Nah, gimana ladies? Sebaiknya pilihlah secara bijak untuk perawatan kulit. Jangan mudah tergiur oleh hal-hal yang instan untuk memutihkan kulit. Apalagi jika bahan tersebut memiliki efek samping yang dapat merusak kulit.

tips sehat anak bayi dan balita