6 Makanan Pencegah Penuaan Dini

6 Makanan Pencegah Penuaan Dini
Siapa sih yang tidak ingin mempunyai wajah awet muda dan kulit tetap bersinar? Tentu semua orang mengidamkan wajah yang awet muda, terutama para perempuan. Namun seiring berjalannya usia, tanda-tanda penuaan pasti akan muncul pada kulit, seperti kulit kendur, keriput, dan garis-garis halus.
Kita memang tidak bisa mencegah adanya tanda-tanda penuaan tersebut, tetapi kita dapat berupaya untuk menundanya agar tidak muncul di usia dini. Melakukan pencegahan penuaan dini tidak selalu bergantung pada penggunaan produk-produk kecantikan. Pola makan yang sehat juga menjadi faktor penting untuk mencegah penuaan dini.

Dikutip dari womenshealthmag.com, berikut 6 makanan pencegah penuaan dini:


1. Semangka

Buah-buahan yang berwarna orange kemerahan, seperti semangka dan tomat mengandung tinggi beta karoten dan likopen. Kandungan senyawa tersebut dapat meningkatkan perlindungan kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya. Semangka berperan sebagai antioksidan yang membantu memperbaiki sel-sel kulit rusak. Sebuah penelitian di Perancis mengungkapkan bahwa semangka dapat memberikan pertahanan kulit dari paparan sinar UV hingga 20%.
Selain rasanya manis dan segar, ternyata semangka juga dapat mencegah penuaan dini. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi buah berwarna merah ini, kan?

2. Kacang Almond

Almond adalah makanan yang mengandung tinggi vitamin E. Seseorang yang kekurangan vitamin E, maka tekstur dan kualitas kulitnya akan keriput dan mudah mengalami kerusakan akibat paparan sinar UV. Kandungan vitamin E berguna untuk melindungi kulit dari radikal bebas, mencerahkan kulit, dan mencegah penuaan dini.

3. Mentimun

Mentimun adalah salah satu jenis sayuran yang telah lama dikenal untuk menyegarkan kulit dan mengatasi lingkaran hitam di bawah mata. Mengonsumsi mentimun dapat mencegah timbulnya kerutan-kerutan kulit di usia dini.

4. Jeruk

Jeruk adalah buah yang banyak digemari oleh masyarakat. Selain rasanya yang segar dan manis, ternyata jeruk juga berkhasiat menjaga kesehatan kulit. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi jeruk dapat mengurangi risiko kanker kulit.  Hal ini dikarenakan jeruk mengandung senyawa d-limonen yang merupakan antioksidan kuat yang dapat melawan kanker kulit. Jeruk juga kaya akan vitamin C yang berperan meningkatkan produksi kolagen. Kolagen adalah protein pada lapisan kulit yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit. Dengan demikian, dapat dikatakan jeruk ini berpotensi menjaga kekencangan kulit dan mencegah kulit kendur.

5. Brokoli

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa brokoli adalah salah satu sayuran berwarna hijau yang berguna mencegah penuaan dini. Brokoli mengandung vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang penting dalam melawan berbagai penyakit pada kulit, seperti kanker. Kandungan senyawa di dalam brokoli juga berguna melindungi kulit dari peradangan dan kemerahan akibat paparan sinar matahari.

6. Buah-buahan berry

Buah-buahan jenis berry, seperti stroberi, blueberry, blackberry, ceri, anggur merah, dan sejenisnya merupakan buah yang efektif menjaga peremajaan kulit. Hal ini dikarenakan buah berry mengandung vitamin C, vitamin E,  dan tinggi antioksidan. Vitamin C berperan untuk membantu produksi kolagen pada kulit, sehingga elastisitas kulit akan terjaga dan tetap kencang. Sedangkan vitamin E bertugas melindungi kulit dari efek radikal bebas, seperti paparan sinar UV dan polusi udara serta melawan munculnya kerutan-kerutan pada kulit.
Demikianlah 6 makanan yang berperan dalam mencegah penuaan dini. Semoga dapat bermanfaat.
tips sehat anak bayi dan balita